Media promosi adalah alat untuk mendukung kegiatan promosi dan pemasaran untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Memanfaatkan media promosi online yang tepat agar dalam prosesnya bisa meningkatkan konversi, penjualan, dan pengembangan bisnis.
Media promosi adalah alat untuk mendukung kegiatan promosi dan pemasaran untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Memanfaatkan media promosi online yang tepat agar dalam prosesnya bisa meningkatkan konversi, penjualan, dan pengembangan bisnis.
Dukungan pemerintah melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) seharusnya menjadi kesempatan bagi pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah UMKM dan UKM untuk segera go digital dan memanfaatkan media promosi online untuk mengembangkan bisnis.
Apalagi dari data Kementerian Koperasi dan UKM mencatat penjualan di e-commerce mengalami kenaikan hingga 3,1 juta transaksi per hari.
Hal ini seharusnya menjadi pendorong bagi pemilik usaha untuk segera bergegas melakukan pembenahan dalam melakukan pemasaran.
Dari yang sebelumnya melakukan pemasaran secara konvensional, sekarang beralih ke pemasaran secara digital dengan memanfaatkan teknologi.
Pada artikel sebelumnya, yang berjudul sama, yaitu 10 media promosi online terbaik untuk meningkatkan konversi - part 1, telah dibahas 5 media promosi online yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran dan meningkatkan konversi penjualan.
Maka pada artikel kali ini, Anda akan bisa menyimak 5 media pemasaran online berikutnya yang bisa membantu Anda meningkatkan penjualan, konversi, memperkuat brand identity, juga memperluas jangkauan brand awareness.
Untuk media promosi produk, Anda dapat memanfaatkan layanan platform Twitter. Caranya, perbanyak dulu konten yang bisa menambah jumlah followers, seperti membuat konten dalam bentuk tweet, thread, atau bekerja sama dengan selebtweet, influencer, atau blogger.
Berkolaborasi dengan para pegiat media sosial yang aktif di Twitter dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan mencapai audiens yang mungkin sulit dijangkau secara langsung.
Berikutnya, perhatikan juga waktu yang tepat untuk posting tweet karena berpengaruh pada tingkat interaksi dan konversi. Untuk mendapatkan datanya, Anda bisa menggunakan insight yang sudah disediakan Twitter.
Ingin tahu cara menyelenggarakan social media campaign di Twitter, Anda bisa membacanya pada beberapa artikel berikut:
Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak penggunanya, dan masuk dalam media promosi yang banyak digemari pebisnis dan brand untuk pelaksanaan social media campaign di Instagram.
Ada beberapa cara promosi di Instagram yang bisa Anda lakukan, seperti:
Situs marketplace saat ini juga banyak dipilih sebagai media promosi bisnis online. Contohnya seperti platform Tokopedia, Shopee, Blibli, serta berbagai media lain.
Dengan memanfaatkan marketplace, Anda dapat memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada, termasuk sistem pembayaran, logistik, dan dukungan pelanggan. Ini mengurangi beban operasional serta memperluas jangkauan pasar secara efisien.
Keuntungan marketplace sebagai media promosi online, antara lain:
Meski terkesan kuno, namun email marketing masih menjadi media promosi yang digunakan hingga sekarang. Apalagi hasilnya juga berdampak untuk menciptakan peluang terjadinya konversi.
Anda bisa melakukan berbagai kegiatan promosi, seperti mengirim detail informasi produk, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, mengirimkan ucapan selamat untuk momen tertentu, hingga penawaran bisnis.
Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan strategi email marketing. Mulai dari menyampaikan pesan dengan personal dan langsung kepada pelanggan, menyesuaikan konten email sesuai dengan preferensi dan perilaku pelanggan, dan masih banyak lagi.
Selain itu, email marketing juga memberikan fleksibilitas dalam menciptakan kampanye yang terukur dan dapat diukur, melalui pemantauan dan analisis kinerja email yang dikirim.
Kalau membutuhkan panduan dan referensi strategi email marketing, silakan baca beberapa artikel berikut yang sudah Tim Redcomm siapkan:
WhatsApp menjadi media pemasaran online yang dikenal paling murah dan gampang digunakan untuk kemajuan bisnis.
Promosi di WhatsApp bisa dilakukan dengan chat personal kontak di ponsel atau menggunakan fitur WA Story / status. Misalnya dengan share foto produk, video, hingga link bisnis untuk memaksimalkan promosi via WhatsApp.
Manfaatkan WhatsApp sebagai alat pemasaran, agar Anda dapat menciptakan kampanye yang lebih personal dan mendalam, membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, dan meningkatkan kesadaran merek.
Jangan lupa untuk mengelola penggunaan WhatsApp dengan etika, menghormati privasi pelanggan, dan memberikan nilai tambah melalui konten yang relevan.
Dengan selesainya artikel ini, maka RedComm Indonesia sebagai digital marketing agency terbaik telah melengkapi daftar 10 media promosi online terbaik untuk meningkatkan konversi.
Apakah hanya 10 media online ini saja? Tentu tidak. Masih banyak strategi digital marketing dengan berbagai media dan platform yang bisa digunakan untuk melakukan promosi.
Kalau Anda masih penasaran media apa saja yang bisa menjadi media promosi online untuk bisnis, alangkah baiknya langsung klik di bagian kontak RedComm untuk berdiskusi lebih lanjut.
Sebagai digital agency Indonesia yang selama 6 tahun meraih penghargaan sebagai Indonesia Digital Agency Of The Year 2023, RedComm memiliki banyak layanan dan jasa digital marketing agency yang siapa tahu cocok untuk bisnis Anda, dan bisa membuat bisnis Anda berkembang menjadi lebih baik.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC