Bisnis UMKM dan UKM sedang berkembang pesat di Indonesia dan membuka peluang bagi siapa saja yang ingin memiliki dan membangun bisnis sendiri. Maka pemanfaatan media promosi online terbaik untuk meningkatkan konversi, penjualan, dan pengembangan bisnis, bisa menjadi solusi yang bagus untuk bisnis Anda.

 

Perkembangan Bisnis UMKM dan UKM di Indonesia

Dukungan pemerintah melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) seharusnya menjadi kesempatan bagi pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah UMKM dan UKM untuk segera go digital dan memanfaatkan media promosi online untuk mengembangkan bisnis. 

 

Apalagi dari data Kementerian Koperasi dan UKM mencatat penjualan di e-commerce mengalami kenaikan hingga 3,1 juta transaksi per hari. Hal ini seharusnya menjadi pendorong bagi pemilik usaha untuk segera bergegas melakukan pembenahan dalam melakukan pemasaran, dari yang sebelumnya melakukan pemasaran secara konvensional, sekarang beralih ke pemasaran secara digital dengan memanfaatkan teknologi. 

 

5 dari 10 Media Promosi Online Terbaik Part 2

Pada artikel sebelumnya, yang berjudul sama, yaitu 10 media promosi online terbaik untuk meningkatkan konversi - part 1, telah dibahas 5 media promosi online yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran dan meningkatkan konversi penjualan. 

 

Maka pada artikel kali ini, Anda akan bisa menyimak 5 media pemasaran online berikutnya yang bisa membantu Anda meningkatkan penjualan, konversi, memperkuat brand identity, juga memperluas jangkauan brand awareness.

 

 

  1. Twitter

Untuk media promosi produk, Anda juga dapat memanfaatkan layanan platform Twitter. Cara untuk memaksimalkan konversi, yakni dengan menambah followers, membuat konten dalam bentuk tweet, thread, atau bekerja sama dengan selebtweet, influencer, atau blogger. Pastikan juga Anda menentukan waktu yang tepat untuk posting tweet.

 

Cara melakukan promosi online dan menyelenggarakan social media campaign di Twitter, Anda bisa menyimak beberapa referensi berikut:

 

 

  1. Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak penggunanya, dan masuk dalam media promosi yang banyak digemari pebisnis dan brand untuk pelaksanaan social media campaign di Instagram. Cara promosi lewat Instagram, yakni dengan memanfaatkan fitur hashtag Instagram untuk setiap postingan konten bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat akun khusus bisnis, Instagram ads, serta lebih interaktif dengan calon konsumen. 

 

Tips promosi di Instagram yang bisa Anda coba, antara lain:

 

 

 

  1. MarketPlace

Situs marketplace saat ini juga banyak dipilih sebagai media promosi bisnis online. Contohnya seperti platform Tokopedia, Shopee, Blibli, serta berbagai media lain. Kehadiran marketplace sangat membantu pebisnis mempunyai halaman toko, aktivitas promosi, hingga proses penjualan produk.

 

  1. Email Marketing 

Meski terkesan kuno, namun email marketing masih menjadi media promosi yang digunakan hingga sekarang. Di dunia marketing, media ini punya kekuatan yang begitu besar. Mulai dari kegiatan promosi online, mengirim detail informasi produk, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, hingga penawaran bisnis.

 

Beberapa panduan dan referensi strategi email marketing yang layak dipilih dan dicoba untuk mengembangkan bisnis:

 

 

 

  1. WhatsApp

WhatsApp menjadi media pemasaran online yang dikenal paling murah dan gampang digunakan untuk kemajuan bisnis. Promosi di WhatsApp bisa dilakukan dengan chat personal kontak di ponsel atau menggunakan fitur WA Story / status. Anda pun bisa share foto produk, video, hingga link bisnis untuk memaksimalkan promosi via WhatsApp. 

 

Dengan selesainya artikel ini maka RedComm Indonesia sebagai digital marketing agency terbaik telah melengkapi daftar 10 media promosi online terbaik untuk meningkatkan konversi. Apakah hanya 10 media online ini saja? Tentu tidak. Masih banyak strategi digital marketing dengan berbagai media dan platform yang bisa digunakan untuk melakukan promosi. 

 

Kalau Anda masih penasaran media apa saja yang bisa menjadi media promosi online untuk bisnis Anda, alangkah baiknya Anda langsung klik di bagian kontak RedComm untuk berdiskusi lebih lanjut. Sebagai digital agency Indonesia yang selama 3 tahun meraih penghargaan Gold untuk kategori Indonesia Digital Agency Of The Year 2020. RedComm memiliki banyak layanan dan jasa digital marketing agency yang siapa tahu cocok untuk bisnis Anda, dan bisa membuat bisnis Anda berkembang menjadi lebih baik.