Berkecimpung dalam dunia bisnis, tentu anda sudah akrab dengan yang namanya marketing atau promosi. Keberadaan promosi akan memaksimalkan bisnis yang Anda kelola, meningkatkan kesadaran akan merek dan berpengaruh dalam menciptakan penjualan. Pada artikel kali ini, RedComm akan merekomendasikan 10 media promosi online yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis.

 

10 Media Promosi Online untuk Kebutuhan Bisnis

Promosi adalah kegiatan atau upaya yang dilakukan untuk memberi informasi terkait produk, layanan, maupun jasa dari bisnis yang dikelola dengan tujuan untuk menarik perhatian target konsumen supaya tertarik melakukan pembelian.

 

Di era digital seperti sekarang, di mana aktivitas manusia lebih banyak dilakukan secara online, maka menggunakan berbagai media promosi online akan dapat membantu Anda melakukan promosi. Berikut daftar 10 media promosi online atau platform pemasaran online untuk memaksimalkan perkembangan bisnis Anda.

 

 

  1. Facebook

Platform Facebook dapat Anda jadikan media promosi yang cukup efektif dan berdampak pada bisnis, mengingat banyak pengguna media sosial yang masih pemula pasti akan memulai pengalaman mereka dengan berselancar di Facebook.

 

Alasan pemasaran di Facebook masih efektif, karena tersedia fitur Facebook group dan Facebook fanpage, yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun komunitas, menggali consumer insights, memajang foto produk di Facebook untuk melakukan promosi dan penjualan, bahkan bisa memanfaatkan Facebook ads untuk jangkauan pemasaran yang lebih luas

 

Referensi artikel yang juga bisa Anda baca terkait melakukan promosi di Facebook, antara lain:

 

 

  1. Iklan berbayar (PPC)

Iklan berbayar atau Pay per click (PPC) merupakan salah satu media pengiklan yang memanfaatkan penggunaan kata kunci. Anda perlu melakukan riset kata kunci yang tepat dan relevan dengan produk atau jasa bisnis Anda. Kemudian menggunakan kata kunci sesuai, sehingga nantinya bisa menempati peringkat terbaik di mesin pencari Google. Untuk dapat menemukan kata kunci yang tepat, Anda bisa menggunakan tools gratis untuk riset keyword di search engine.

 

 

  1. Website

Website merupakan alamat bisnis online yang menyajikan berbagai informasi detail mengenai produk, layanan, maupun jasa bisnis Anda. Untuk meningkatkan konversi penjualan, lakukan optimasi mesin pencari menggunakan teknik SEO dan juga SEM. Keduanya akan membuat iklan Anda berada di posisi terbaik di mesin pencarian. Dengan demikian, iklan akan lebih mudah menjangkau calon pelanggan. 

 

RedComm sebagai penyedia layanan dan jasa digital marketing agency di Indonesia, dengan perusahaan berlokasi di Jakarta, juga sudah menyediakan beberapa artikel lain yang bisa membantu Anda mengoptimalkan penggunaan website untuk melakukan promosi:

 

 

  1. Forum Online

Ada banyak forum online yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi media pemasaran online bagi bisnis Anda. Salah satu contohnya forum seperti Kaskus. Kaskus memang banyak dikenal sebagai platform berbagi informasi untuk segala topik.

 

Namun selain itu, Kaskus juga menghadirkan layanan Forum Jual Beli yang memungkinkan pebisnis lebih mudah melakukan promosi. Tak heran, kalau Kaskus juga dikenal sebagai marketplace yang memungkinkan siapa saja melakukan promosi di sana.

 

 

  1. YouTube 

Sebagai platform hiburan yang populer dan memiliki banyak pengguna, YouTube juga bisa Anda jadikan media promosi online. Pemasaran bisa dilakukan dengan posting konten video dengan kata kunci bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut mengenai cara melakukan promosi bisnis di YouTube pada artikel berikut ini:

 

 

Ulasan pada artikel ini baru 5 dari 10 media promosi online yang akan RedComm Knowledge tayangkan. Bagi Anda yang masih baru memulai bisnis dan baru pertama kali menerapkan pemasaran di media sosial, Anda bisa mempelajarinya satu persatu secara bertahap terlebih dahulu. 

 

Namun jika dalam prosesnya Anda membutuhkan bantuan dan teman diskusi untuk membangun bisnis dan melakukan promosi secara lebih terarah, jangan segan untuk langsung menghubungi Tim RedComm dengan klik link Kontak RedComm.

 

RedComm Indonesia adalah digital agency marketing terbaik Jakarta yang selama 3 tahun berturut-turut, sejak 2018 hingga 2020, berhasil meraih penghargaan Gold untuk kategori Indonesia Digital Agency Of The Year 2020, serta penghargaan Silver sebagai Independent Agency of the Year

 

Kedua penghargaan tersebut diumumkan oleh CampaignAsia, dalam ajang tahunan internasional bergengsi bagi pelaku industri periklanan serta media dan komunikasi yang sudah diselenggarakan sejak 1990 untuk kawasan APAC, EMEA dan UK. Juri dalam ajang ini pun tidak main-main karena terdiri dari para praktisi senior di industri marketing, periklanan dan media di Asia Pacific, dan penilaian para juri ditabulasi oleh PwC Singapura.