Untuk mendapatkan keyword atau kata kunci yang tepat, Anda memerlukan yang namanya SEO tools. SEO tools adalah alat atau piranti yang digunakan untuk mendapatkan keyword yang bagus agar artikel yang dibuat memiliki power untuk memenangkan persaingan di search engine atau mesin pencari.

 

Ada banyak macam SEO tools untuk riset keyword, baik gratis maupun yang berbayar. Redcomm Knowledge kali ini akan berbagi beberapa tools SEO gratis terbaik yang bisa memaksimalkan riset keyword!

 

7 SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword

  1. Google Keyword Planner

SEO tools yang pertama direkomendasikan untuk jadi pilihan Anda adalah Google keyword planner. Google keyword planner adalah bagian dari platform iklan yang dimiliki Google dan merupakan layanan untuk mencari serta melakukan analisis terhadap kata kunci yang akan dibidik.

 

Sampai saat ini, tools Google keyword planner menjadi favorit banyak orang untuk mencari kata kunci yang tepat karena database keyword yang selalu update, disertai dengan angka persaingan di mesin pencari. Karena database keyword yang lengkap inilah maka akan dapat memudahkan Anda dalam menentukan sebaik apa kualitas keyword yang akan Anda gunakan. 

 

 

  1. Ubersuggest

Tools selanjutnya adalah Ubersuggest, salah satu dari 7 SEO tools terbaik dan gratis yang tak boleh Anda lewatkan. Untuk ukuran SEO tools gratis, Ubersuggest hadir sebagai tools yang menawarkan fitur lengkap, mulai dari adanya overview performa domain, mendapatkan informasi rekomendasi keyword, laporan efektivitas SEO di masing – masing halaman, data backlink, bahkan ide konten.

 

Di samping semua fitur yang ditawarkan tersebut, Ubersuggest menjadi tools yang memiliki user interface yang sangat ramah dan intuitif. Tentu tak butuh waktu lama untuk memahami cara kerja platform ini, bahkan bagi Anda yang baru pertama kali menggunakannya. 

 

  1. Keywordtool.io

Jika Anda mencari tools yang dapat memberikan informasi tentang long tail keyword untuk penerapan teknik SEO, Anda bisa menggunakan Keywordtool.io. Platform ini dapat memberi rekomendasi long tail keyword terbaik yang bisa Anda bidik. Menggunakan tools ini, Anda bisa mencari keyword tidak hanya untuk mesin pencari Google, namun juga keyword untuk YouTube, Bing, eBay, Play Store, Instagram, dan Twitter.

 

  1. KWFinder

KWFinder adalah tool yang memiliki display halaman lebih luwes dan banyak memberikan informasi yang akan memudahkan pengguna dalam memanfaatkan platform tersebut. Untuk berbagai informasi ini bisa Anda dapatkan pada bagian KWFinder guide, keyword research guide, learn SEO, dan SEOPedia.

 

Cara kerja KWFinder mirip dengan tools keyword SEO lainnya, namun pada bagian Mangools di platform ini Anda juga bisa menemukan backlink analysis, rank tracking, SERP analysis, bahkan SEO metric & insight

 

 

  1. WordStream

Tools bernama WordStream merupakan keyword tools yang membantu marketer di seluruh dunia untuk menjalankan online marketing. WordStream menyediakan berbagai macam software khusus untuk marketer di berbagai media. Didalamnya juga terdapat software untuk bisnis skala kecil dan menengah.

 

Fitur pada Wordstream dibagi dalam 2 kategori, yaitu fitur untuk advertisers dan fitur untuk marketing agencies. Masing-masing kategori fitur juga dilengkapi dengan tools pendukung yang akan membantu kinerja Anda. Untuk advertiser tersedia tools mulai dari time saving alerts and workflow tools, cross platform reporting dashboard, easy to use solution for ad creative.

 

Sementara untuk marketing agencies juga ada piranti yang memudahkan kerja saat melakukan digital marketing strategy, seperti integrated tools for driving new business, AI-driven reporting across multiple client, dan simple tools untuk membuat iklan kreatif yang memudahkan. 

 

  1. Wordtracker

SEO tools bernama Wordtracker merupakan SEO tools yang juga merangkap sebagai market research tool. Pada satu halaman yang sama, Anda bisa menemukan keyword umum sekaligus kata kunci iklan berbasis Pay Per Click (PPC).

 

Wordtracker tidak hanya hadir dengan desain tampilan dan user interface yang mudah dipahami, melainkan Anda juga akan menemukan opsi tampilan data yang beragam.

 

 

  1. LSI Keywords

LSI keywords adalah platform yang memperbolehkan Anda mencari kata kunci utama dan topik yang ada kaitannya dengan konten yang akan Anda buat. Untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci yang akurat, Anda bisa memasukkan sampai dengan 10 kata kunci sekaligus.

 

Itulah 7 SEO tools gratis terbaik yang bisa Anda gunakan untuk riset keyword. Cobalah satu-satu dan pilih beberapa sekaligus untuk Anda gunakan dalam memudahkan pencarian kata kunci yang sesuai dengan konten Anda. Search volume yang tinggi dengan tingkat persaingan yang rendah memberikan peluang lebih besar kalau Anda membidik keyword ini. Semoga artikel SEO tools gratis terbaik untuk riset keyword ini bisa membantu Anda memenangkan persaingan di search engine.