2. SEO Off-Page
Bagian pertama dan yang bisa dibilang paling penting dari optimasi SEO Off-Page adalah link building. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan hal ini.
Untuk itu, Anda perlu berkolaborasi atau bekerja sama dengan praktisi SEO maupun digital marketing agency yang paham SEO, baik yang ada di Jakarta maupun yang ada di Indonesia.
Anda juga bisa langsung bekerja sama dengan digital agency Jakarta seperti Redcomm Indonesia, misalnya. Konsultasikan kalau Anda ingin membangun online presence yang lebih kuat dengan klik: Kontak Redcomm.
Jadi, apa itu SEO Off-Page? SEO Off-Page adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan di luar website untuk meningkatkan otoritas, reputasi, dan visibilitas situs web di mesin pencari.
Fokus utama SEO Off-Page adalah membangun tautan (backlink) dan social signal agar kehadiran situs di platform lain menjadi semakin kuat.
Nah, beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan berkaitan dengan SEO Off-Page, antara lain:
- Link building, yaitu membangun tautan berkualitas dari situs web eksternal yang terpercaya menuju ke halaman-halaman di situs web bisnis milik Anda. Link building juga termasuk membuat internal link ya.
- Social signal adalah menciptakan signal positif dari media sosial untuk mempromosikan konten dan membuat audiens lebih terlibat dengan setiap konten yang Anda bagikan di media sosial.
- Anda juga perlu melakukan pemasaran konten, yaitu kegiatan membuat dan membagikan konten berkualitas. Bentuk kontennya bisa berupa artikel, infografis, video, dll, untuk menarik perhatian, dan membuat audiens berkunjung ke situs web maupun ke halaman produk.
- Daftarkan situs web Anda ke layanan bookmark sosial untuk meningkatkan visibilitas. Kemudian, ajak sebanyak mungkin audiens untuk menyimpan dan berbagi konten situs melalui platform bookmark sosial tersebut.
Cara lain untuk menerapkan SEO Off-Page, dapatkan ulasan positif dan rating di platform Google My Business, guest posting, bergabung dengan direktori bisnis, berkolaborasi dengan brand yang relevan, dan masih banyak lagi.
3. SEO Teknis
Pemahaman mengenai SEO teknis sebenarnya berhubungan dengan kualitas website Anda sendiri.
Artinya, jika website berkualitas bagus, maka mesin pencari dapat memberikan referensi ke situs dengan desain yang responsif untuk semua perangkat yang digunakan oleh pengunjung situs.
Optimasi dan penerapan SEO teknis bisa dengan cara:
- Mengoptimalkan gambar.
- Penggunaan SSL/TLS yang menghasilkan halaman dengan https.
- Penyimpanan informasi cache untuk mempercepat waktu pemuatan.
- Memastikan kode pemrograman situs pada setiap halaman sudah optimal, seperti menggunakan schema markup. Skema markup dapat memberitahu mesin pencari melakukan perayapan di semua halaman yang ada di dalam website.
Jangan lupa, mengunggah peta situs terperinci dan beberapa faktor teknis lainnya dapat membantu SEO situs web secara signifikan.
Dampaknya, pengunjung website akan semakin dimudahkan dalam proses pencarian konten tertentu yang mereka butuhkan.