knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Jenis Optimasi SE...

Jenis Optimasi SEO untuk Meningkatkan Performa Situs Web Bisnis

21 Apr  · 
3 min read
 · 
eye 9.194  
SEO

Optimasi Seo

Setiap pemilik website, apalagi website-nya untuk menjalankan bisnis, sudah tentu menginginkan traffic yang banyak dan peningkatan konversi. Nah, untuk bisa mencapai semua itu, situs web bisnis Anda harus memiliki performa yang bagus. Yuk, pelajari cara meningkatkan performa situs web bisnis dengan optimasi SEO di artikel Redcomm Knowledge kali ini.

Pengertian Optimasi SEO

Search Engine Optimization atau optimasi SEO adalah serangkaian tindakan yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs di hasil pencarian mesin pencari, seperti Google.

Tujuan membuat situs web memiliki visibilitas tinggi dalam hasil pencarian organik di SERP adalah untuk meningkatkan kunjungan atau traffic berkualitas ke website bisnis, mendatangkan lebih banyak leads, dan memperbesar peluang terjadinya konversi.

Ada cukup banyak jenis optimasi SEO yang bisa Anda lakukan, mulai dari SEO On-Page, SEO Off-Page, Technical SEO, optimasi SEO toko aplikasi, dan SEO YouTube. Lanjutkan membaca untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya.

5 Jenis Optimasi SEO untuk Traffic Web Lebih Tinggi

1. SEO On-Page

SEO On-Page adalah serangkaian strategi dan tindakan optimasi yang Anda lakukan di dalam situs web. Strateginya meliputi:

  • Riset kata kunci yang relevan dan menempatkan kata kunci tersebut pada semua elemen penting di setiap halaman situs web. Misalnya di judul artikel, di URL, menyebar keyword secara merata, dan sebagainya.
  • Menggunakan struktur dan headings dengan benar, mulai dari H1, H2, H3, dst, sesuai hirarki, sehingga konten memiliki struktur yang jelas.
  • Pastikan hanya memproduksi, membuat, dan menayangkan konten SEO berkualitas tinggi, bermanfaat bagi pembaca, dan menggunakan variasi kata kunci yang relevan.
  • Strategi SEO On-Page juga meliputi mengoptimasi URL yang ringkas dan SEO friendly, menyertakan meta description dan meta judul. Lalu, menambahkan tautan internal maupun eksternal pada anchor text yang relevan.
  • Gambar atau foto yang di-publish di website atau media sosial juga perlu dioptimasi. Caranya, Anda perlu membuat penamaan file gambar yang sesuai dengan kata kunci, memberi deskripsi yang jelas, dan menambahkan ALT image. Selain itu, pastikan ukuran file tidak terlalu besar agar tak mempengaruhi kecepatan loading halaman.

Poin-poin di atas hanyalah sebagian kecil dari aktivitas SEO On-Page yang perlu Anda lakukan. Karena selanjutnya, Anda juga perlu menerapkan SEO Off-page, dan hal-hal teknis lainnya.

2. SEO Off-Page

Bagian pertama dan yang bisa dibilang paling penting dari optimasi SEO Off-Page adalah link building. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan hal ini. 

Untuk itu, Anda perlu berkolaborasi atau bekerja sama dengan praktisi SEO maupun digital marketing agency yang paham SEO, baik yang ada di Jakarta maupun yang ada di Indonesia. 

Anda juga bisa langsung bekerja sama dengan digital agency Jakarta seperti Redcomm Indonesia, misalnya. Konsultasikan kalau Anda ingin membangun online presence yang lebih kuat dengan klik: Kontak Redcomm.

Jadi, apa itu SEO Off-Page? SEO Off-Page adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan di luar website untuk meningkatkan otoritas, reputasi, dan visibilitas situs web di mesin pencari. 

Fokus utama SEO Off-Page adalah membangun tautan (backlink) dan social signal agar kehadiran situs di platform lain menjadi semakin kuat. 

Nah, beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan berkaitan dengan SEO Off-Page, antara lain: 

  • Link building, yaitu membangun tautan berkualitas dari situs web eksternal yang terpercaya menuju ke halaman-halaman di situs web bisnis milik Anda. Link building juga termasuk membuat internal link ya.
  • Social signal adalah menciptakan signal positif dari media sosial untuk mempromosikan konten dan membuat audiens lebih terlibat dengan setiap konten yang Anda bagikan di media sosial.
  • Anda juga perlu melakukan pemasaran konten, yaitu kegiatan membuat dan membagikan konten berkualitas. Bentuk kontennya bisa berupa artikel, infografis, video, dll, untuk menarik perhatian, dan membuat audiens berkunjung ke situs web maupun ke halaman produk.
  • Daftarkan situs web Anda ke layanan bookmark sosial untuk meningkatkan visibilitas. Kemudian, ajak sebanyak mungkin audiens untuk menyimpan dan berbagi konten situs melalui platform bookmark sosial tersebut.

Cara lain untuk menerapkan SEO Off-Page, dapatkan ulasan positif dan rating di platform Google My Business, guest posting, bergabung dengan direktori bisnis, berkolaborasi dengan brand yang relevan, dan masih banyak lagi. 

3. SEO Teknis

Pemahaman mengenai SEO teknis sebenarnya berhubungan dengan kualitas website Anda sendiri. 

Artinya, jika website berkualitas bagus, maka mesin pencari dapat memberikan referensi ke situs dengan desain yang responsif untuk semua perangkat yang digunakan oleh pengunjung situs. 

Optimasi dan penerapan SEO teknis bisa dengan cara:

  • Mengoptimalkan gambar.
  • Penggunaan SSL/TLS yang menghasilkan halaman dengan https. 
  • Penyimpanan informasi cache untuk mempercepat waktu pemuatan.
  • Memastikan kode pemrograman situs pada setiap halaman sudah optimal, seperti menggunakan schema markup. Skema markup dapat memberitahu mesin pencari melakukan perayapan di semua halaman yang ada di dalam website

Jangan lupa, mengunggah peta situs terperinci dan beberapa faktor teknis lainnya dapat membantu SEO situs web secara signifikan. 

Dampaknya, pengunjung website akan semakin dimudahkan dalam proses pencarian konten tertentu yang mereka butuhkan.

4. Optimasi SEO Toko Aplikasi

Pengoptimalan toko aplikasi sangat mirip dengan SEO On-Page, meskipun tidak selalu jelas faktor mana yang digunakan dalam algoritma pencarian mobile store

Anda bisa mulai dengan membuat judul dan ikon aplikasi yang semenarik mungkin, lalu tambahkan deskripsi yang jelas dan lengkap mengenai aplikasi situs Anda. 

Alangkah lebih baik kalau Anda menyertakan kata kunci yang sering digunakan pengunjung website dalam proses pencarian yang mereka lakukan. 

5. SEO YouTube

YouTube SEO adalah jenis pengoptimalan khusus pada video yang Anda unggah di platform YouTube. 

Cara ini dapat mendatangkan lebih banyak pengunjung untuk masuk ke halaman video, baik di platform utama maupun video yang Anda sematkan di website

Bahkan konten artikel yang berbentuk tulisan juga dapat Anda optimalkan dengan memanfaatkan layanan YouTube. Alasannya, karena YouTue sudah menjadi salah satu mesin pencari paling populer di dunia.

Bisa dikatakan, mengoptimalkan channel YouTube, sama seperti saat Anda melakukan optimalisasi pada situs web. Jadi saat Anda membidik kata kunci tertentu, pikirkan pula kalau kata kunci itu cukup powerful sebagai kata kunci video. 

Tujuannya tentu saja agar konten Anda lebih mudah ditemukan. Untuk diketahui, mesin pencari Google menempatkan konten gambar dan video di bagian atas halaman pencarian.

Kesimpulan

Teknik apapun yang Anda gunakan untuk memaksimalkan strategi optimasi SEO, tujuannya tentu saja untuk meningkatkan traffic website. Maka ada baiknya, Anda pelajari juga artikel tentang Rahasia Meningkatkan Traffic Website, kemudian lengkapi pengetahuan Anda dengan Faktor Penting dalam SEO.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER