Dalam dunia digital marketing, SEO (Search Engine Optimization) adalah kunci utama meningkatkan visibilitas website bisnis di mesin pencari.
Dalam dunia digital marketing, SEO (Search Engine Optimization) adalah kunci utama meningkatkan visibilitas website bisnis di mesin pencari.
Website yang dioptimasi dengan baik dapat menarik lebih banyak traffic organik, meningkatkan kredibilitas bisnis, serta mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan.
Sayangnya, setelah melakukan optimasi SEO, hasilnya tak sesuai harapan. Jangankan mendapatkan page rank di mesin pencari, website Anda malah kehilangan traffic. Apa yang salah?
Yuk, kita bahas bersama di artikel Redcomm Knowledge ini tentang kesalahan fatal yang dapat merusak hasil optimasi SEO dan menyebabkan website kehilangan pengunjung.
Situs web terbaik dengan traffic tinggi dan memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari biasanya berfokus pada pengoptimalan mesin pencarian itu sendiri.
Tujuan melakukan optimasi SEO adalah untuk membawa calon konsumen mengunjungi website Anda dan meyakinkan mereka agar menjadi pelanggan yang melakukan transaksi pembelian produk.
Sebaliknya, website yang tidak melakukan optimasi SEO, biasanya membuat website sulit ditemukan di mesin pencari, mengingat jutaan konten dan artikel memenuhi mesin pencari setiap harinya.
Akibat berikutnya, calon pelanggan mengalami kesulitan untuk menemukan situs bisnis Anda karena situs tidak muncul di halaman pertama hasil penelusuran Google.
Padahal bisa jadi bisnis Anda memiliki produk atau layanan terbaik di dunia. Namun kalau tidak ada satu pun konsumen yang tahu, ya jelas tidak akan ada transaksi penjualan, kan?
Oleh karena itu, pahami segera kesalahan yang bisa merusak hasil optimasi dan berusahalah untuk menghindarinya.
Baik saat Anda sedang menargetkan peningkatan hasil penjualan atau traffic pengunjung website yang tinggi, penting banget lho memastikan Anda tidak melakukan beberapa kesalahan berikut ini:
Kesalahan yang banyak terjadi dan dapat memperburuk kualitas website bisnis di mesin pencari, membuat situs web kehilangan traffic, hingga menurunkan peringkat, adalah duplikat konten.
Suatu konten dikatakan termasuk duplikasi jika isinya lebih dari 50 persen sama persis, baik dengan konten dari website lain maupun dari dalam website Anda sendiri.
Jika ada banyak konten duplikat, mesin pencari akan kesulitan menentukan halaman mana yang harus diutamakan.
Inilah yang kemudian, sesuai dengan laporan dari SEMrush, yang akan membuat peringkat website bisnis Anda anjlok dan kehilangan traffic.
Nah, untuk menghindari kesalahan ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
Kata kunci adalah “pondasi” dalam penerapan strategi SEO. Pemilihan kata kunci yang tidak tepat bisa menyebabkan website Anda kesulitan mendapatkan traffic pencarian yang positif.
Memang persaingan kata kunci favorit cukup tinggi. Namun, alih-alih Anda menggunakan kata kunci yang buruk, lebih baik Anda cari tahu dulu kesalahan dalam menentukan kata kunci yang perlu dihindari apa saja, kemudian coba hindari atau buatkan strategi yang lebih efektif.
Beberapa kesalahan strategi penentuan keyword yang perlu Anda hindari, di antaranya:
Supaya tidak terus menerus mengulangi kesalahan yang sama dalam implementasi keyword research, coba ikuti tips berikut:
Berdasarkan pengalaman tim digital marketing agency Indonesia seperti Redcomm, artikel yang mengandung long tail keywords memiliki kemungkinan 3-5 kali lebih besar untuk mendapatkan ranking di SERP lebih tinggi.
Faktor penting berikutnya yang mempengaruhi SEO adalah kecepatan loading website. Tak ada satupun audiens yang mau menunggu lama situs terbuka sempurna hanya untuk mendapatkan informasi yang sedang dicarinya.
Biasanya, alih-alih menunggu situs web terbuka, audiens akan lebih memilih mencari website lain yang proses loading webnya lebih cepat.
Akibat terlalu sering ditinggalkan audiens, website yang loading-nya lambat begini akan menyebabkan bounce rate jadi tinggi, dan akhirnya mendapatkan penilaian buruk dari Google sehingga kehilangan traffic dan posisi di SERP.
Solusi agar kesalahan ini tidak Anda lakukan, antara lain:
Semoga setelah Anda memperbaiki masalah terkait kecepatan loading website, kinerja website bisnis Anda menjadi lebih baik ya.
Jika membutuhkan bantuan atau mau berkonsultasi terlebih dahulu terkait optimasi website bisnis, Anda bisa menghubungi tim ahli dari digital marketing agency Jakarta di Kontak Redcomm.
Anda pasti sudah tahu kan kalau Google terus melakukan update algoritmanya secara berkala?
Nah, kalau strategi SEO yang Anda terapkan tidak diperbarui sesuai perkembangan terbaru, website Anda bisa kehilangan traffic.
Beberapa update algoritma utama yang berpengaruh besar dalam beberapa tahun terakhir, antara lain:
Apa yang harus dilakukan agar selalu bisa mengikuti tren algoritma terbaru dan bisa tetap up to date? Berikut beberapa di antaranya:
Jangan biarkan diri Anda terbiasa membuat halaman situs web atau posting konten blog hanya sekadar mengejar jumlah konten, sementara konten tersebut tidak dibutuhkan target market.
Lebih berbahaya lagi kalau Anda membuat konten secara asal-asalan hingga menghasilkan konten yang sama sekali tidak berkualitas.
Karena faktanya, traffic dan posisi website meningkatkan di hasil pencarian Google itu bukan karena banyaknya artikel yang diposting, melainkan seberapa banyak konten Anda berkualitas.
Untuk mengetahui konten mana saja yang tak mendapatkan traffic, Anda bisa melakukan analisis seperti halnya Anda melakukan riset tren.
Bagaimana cara memastikan kualitas konten yang baik?
URL yang panjang, tidak relevan, atau tidak mengandung kata kunci dapat mempersulit mesin pencari dalam memahami konten halaman serta membuat pengguna kesulitan dalam membaca dan mengingatnya.
Beberapa struktur URL yang perlu Anda hindari, antara lain:
Sebaliknya, kalau Anda memastikan struktur URL di website bisnis milik Anda baik dan sesuai kaidah SEO, maka berguna untuk:
Sudah banyak bukti hasil penelitian yang menunjukkan kalau URL yang pendek, relevan, dan mengandung kata kunci lebih berpotensi memiliki peringkat yang lebih tinggi di Google dibandingkan dengan URL panjang.
Google telah menerapkan mobile first indexing, yang berarti mesin pencari akan memprioritaskan versi mobile dari sebuah website dalam menentukan peringkatnya.
Jika website Anda tidak responsif atau tidak dioptimalkan untuk perangkat mobile, besar kemungkinan akan kehilangan peringkat di hasil pencarian.
Untuk memastikan website Anda mobile friendly, lakukan beberapa langkah berikut:
Berdasarkan hasil riset dari Google yang dimuat di situs Think with Google, lebih dari 60% pencarian dilakukan melalui perangkat mobile, dan website yang tidak mobile friendly memiliki bounce rate hingga 123% lebih tinggi dibandingkan website yang dioptimalkan untuk mobile.
Oleh karena itu, pastikan website Anda siap menghadapi tren ini agar tidak kehilangan traffic potensial.
Google menggunakan internal link untuk memahami struktur website dan menentukan halaman mana yang paling penting.
Jika internal link tidak dikelola dengan baik, beberapa halaman bisa menjadi 'terisolasi' dan sulit diindeks oleh mesin pencari.
Internal linking yang optimal harus memiliki beberapa karakteristik berikut:
Dengan strategi internal linking yang tepat, website Anda bisa mendapatkan manfaat lebih besar dari sisi navigasi pengguna, waktu kunjungan yang lebih lama, dan peringkat SEO yang lebih baik.
Backlink masih menjadi salah satu faktor dalam ranking SEO. Namun, banyak bisnis melakukan kesalahan dengan membeli backlink berkualitas rendah yang berasal dari situs spam atau jaringan PBN (Private Blog Network).
Google dapat mendeteksi pola backlink tidak alami dan memberikan penalti, yang justru bisa menurunkan peringkat website Anda.
Untuk membangun backlink yang berkualitas, fokuslah pada strategi berikut:
Prinsipnya, membangun backlink dari sumber terpercaya akan membantu website tak hanya mendapatkan peringkat lebih baik di SERP, tetapi juga meningkatkan reputasi dan kepercayaan di mata pengguna dan mesin pencari.
Semoga optimasi SEO dapat berhasil setelah Anda menghindari kesalahan yang bisa merusak hasil optimasi SEO di atas ya.
Jika ingin mendapatkan lebih banyak exposure yang bisa meningkatkan visibilitas bisnis secara online, Anda bisa bekerja sama dengan blogger, termasuk mendapatkan backlink dofollow berkualitas. Kontak Redcomm untuk informasi lebih lanjut.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC