Sebagai pemilik website, Anda pasti menyadari bahwa website Anda memang butuh tautan masuk ke halaman web dengan kualitas tinggi. Backlink dengan kualitas premium tersebut mampu memberikan pengaruh yang besar dalam strategi SEO yang sedang Anda lakukan, sekaligus membantu meningkatkan SERP dengan lebih cepat lagi.

 

Sama halnya dengan backlink berkualitas baik, ada pula backlink dengan kualitas buruk yang mungkin saja tertanam di web Anda. Bila itu terjadi, Anda membutuhkan disavow links tool untuk membantu meningkatkan manfaat disavow links tanpa ribet. 

 

Kenapa Anda Perlu Google Disavow Links Tool?

Website membutuhkan backlink. Ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Ada banyak manfaat backlink untuk website bisnis online. Maka, penting bagi Anda untuk mencari backlink dofollow berkualitas. Di saat yang sama, Anda perlu menghindari backlink berkualitas buruk.

 

Backlink dengan kualitas rendah biasanya didapatkan dari website yang kualitas kontennya juga rendah, bersifat spamming, otoritas domain lemah, dan sebagainya. Anda bisa mempelajari dulu jenis link yang perlu di-disavow

 

 

Karena disavow links sangat penting, Google disavow hadir untuk membantu Anda menghapus tautan balik yang bisa mengacaukan reputasi web Anda. Alat untuk menolak tautan masuk milik Google ini diluncurkan pada tahun 2012 silam. Anda bisa meminta pada Google untuk mengabaikan backlink yang telah Anda pilih. Adapun tujuan dari adanya alat ini untuk menolak dan membersihkan profil backlink Anda.

 

Namun, satu hal yang perlu Anda pahami, disavow links merupakan upaya terakhir dan tidak disarankan digunakan dalam kondisi normal atau tidak sedang dalam keadaan darurat. Akan selalu ada risiko untuk web Anda jika secara tidak sengaja menggunakan Google disavow links tool untuk menolak backlink yang bagus dan tidak menyebabkan masalah apa pun.

 

Kapan waktu yang tepat menggunakan Google disavow links tool? Anda dapat melakukannya ketika mendapat pesan tindakan manual pada Google search console yang isinya menyarankan melakukan disavow links.

 

Saat Anda mendapatkan peringatan dari Google, bisa jadi di dalam website Anda terdapat backlink yang kualitasnya buruk, spam link yang banyak, atau sekadar tautan yang tidak wajar.

 

 

Semua itu dapat dikaitkan dengan skema tautan, yaitu taktik manipulasi yang memang dirancang khusus untuk membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi lagi dalam mesin pencarian.

 

Melakukan Pemeriksaan Rutin di Google Search Console

Peringatan dari Google biasanya muncul ketika Anda melakukan aktivitas jual beli link, melakukan perdagangan tautan dengan volume tinggi, dan memakai fitur otomatis yang mengarahkan tautan secara langsung ke website yang Anda kelola. 

 

Untuk menghindari pesan ini masuk ke Google search console, Anda perlu melakukan pemeriksaan backlink secara rutin. Anda juga harus memperhatikan satu persatu link yang mencurigakan dan berpotensi menyebabkan masalah SEO yang serius sehingga membuat algoritma Google menurunkan page rank web yang Anda miliki. 

 

Agar mendapatkan manfaat disavow dan gambaran yang jauh lebih baik tentang apa yang Google harapkan dalam suatu website, sebaiknya Anda membaca detail pedoman kualitas web yang telah dibagikan untuk diterapkan pada website Anda.

 

 

Lalu, saat Anda mendapatkan saran dari Google, segera lakukan disavow links agar terhindar dari hukuman yang diberikan Google. Caranya sangat mudah:

 

  • Akses alat penolakan tautan yang ada di Google Search Console.
  • Pilih website Anda.
  • Masukkan file dengan banyak link yang akan Anda disavow.

 

Setelah selesai melakukan langkah di atas, Google akan melakukan peninjauan tautan, dan merayapi lagi URL yang Anda ajukan. Membutuhkan waktu sampai beberapa minggu. Jadi, ada baiknya Anda bersabar, ya!

 

 

Website bisnis memang butuh penanganan khusus dan maintenance rutin. Hal ini karena website bisnis membutuhkan peningkatan traffic website dari waktu ke waktu untuk memperluas jangkauan audiens dan target pasar. Selain itu, agar seluruh konten di situs Anda bisa mendapatkan posisi terbaik di Google dan punya traffic yang stabil, tentu kualitas konten juga harus dipastikan bagus. Anda juga perlu melakukan optimasi SEO, menerapkan copywriting, dan sebagainya.