MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Mengapa SEO Penting bagi Usaha Kecil dan Bagaimana Meningkatkannya

 · 
2 min read
 · 
eye 701  
SEO & SEM

redcomm

Kehadiran yang kuat di web akan membimbing perusahaan ke pelanggan baru dan keuntungan yang lebih besar. Optimisasi mesin pencari (SEO) membantu meningkatkan lalu lintas situs web dengan memperbaiki peringkat mesin pencari. 

Lebih dari 50% usaha kecil tidak memiliki strategi SEO, dan 22% tidak memiliki rencana untuk menerapkannya pada tahun mendatang. Mengingat bahwa SEO dapat membantu usaha membangun otoritas dalam industri dan meningkatkan brand awareness.

Selain itu, ini adalah cara yang baik untuk mempromosikan bisnis secara organik secara gratis. Organisasi dari segala ukuran dapat mendapatkan manfaat dari SEO, baik itu toko online maupun bisnis fisik.

Manfaat SEO bagi usaha kecil

Seperti yang disebutkan, praktik SEO yang baik untuk usaha kecil sangat penting. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa:

Biaya efektif: Dibandingkan dengan iklan berbayar, SEO adalah strategi yang efektif biaya bagi usaha kecil. Anda dapat memilih untuk berinvestasi dalam perangkat lunak berbayar untuk membantu mengukur hasil, tetapi manfaatnya akan jauh lebih besar daripada biayanya.

Meningkatkan pengalaman pengguna: Dengan fokus pada SEO, Anda akan meningkatkan pengalaman pengguna bagi pengunjung situs web Anda. Ini akan meningkatkan keterlibatan dan kemungkinan menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi.

Hasil jangka panjang: SEO adalah strategi jangka panjang yang akan terus memberikan manfaat bagi bisnis selama bertahun-tahun. Iklan berbayar akan berhenti menghasilkan lalu lintas begitu Anda berhenti membayarnya, tetapi SEO akan terus memberikan hasil seiring waktu.

Keunggulan kompetitif: Dengan berinvestasi dalam SEO, Anda akan mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan bisnis lain di industri yang sama. Misalnya, Anda menjalankan bisnis layanan yang targetnya pelanggan lokal. Fokus pada SEO berarti bisnis Anda akan muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian ketika pelanggan mencari bisnis lokal dalam kategori yang sama.

Tanpa strategi yang tepat, akan menjadi tidak mungkin memanfaatkan SEO. Berikut ini adalah empat strategi yang dapat digunakan oleh usaha kecil untuk menciptakan strategi SEO yang kuat.

1. Riset kata kunci

Algoritma Google selalu berubah, tetapi salah satu strategi SEO yang cukup konsisten selama bertahun-tahun adalah riset kata kunci. Saat melakukan riset kata kunci, cari kata dan frasa yang akan dicari oleh audiens target Anda di Google.

Ketika bisnis Anda mulai menduduki peringkat untuk kata kunci tersebut, Anda akan mulai mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs perusahaan. Ketika Anda baru memulai, ide bagusnya adalah mencari kata kunci dengan volume tinggi dan persaingan rendah.

Ini berarti banyak orang yang mencari kata kunci itu, tetapi masih cukup mudah untuk mendapatkan peringkat tinggi. Cara termudah untuk menemukan informasi ini adalah dengan menggunakan perencana kata kunci

2. Optimalkan situs web Anda

Setelah mengetahui kata kunci, Anda akan menempatkannya secara strategis di seluruh situs web. Misalnya, Anda dapat menggunakan kata kunci tertentu dalam tag alt gambar, judul pos, dan deskripsi halaman.

Anda juga perlu mempertimbangkan seberapa baik situs web berfungsi secara keseluruhan. Misalnya, kecepatan halaman Anda adalah faktor peringkat yang signifikan karena situs web yang memuat dengan cepat meningkatkan pengalaman pengguna.

Karena sebagian besar orang menggunakan ponsel untuk mengakses internet, Anda juga perlu memastikan situs web Anda dioptimalkan untuk seluler. Jika tidak, kemungkinan Anda akan memiliki tingkat pentalan yang tinggi karena situs web tidak akan diformat dengan benar pada perangkat seluler.

3. Dapatkan backlink dari situs web berotoritas tinggi

Google memberikan lebih banyak bobot pada sumber yang kredibel, jadi strategi SEO lainnya adalah mendapatkan backlink dari situs berotoritas tinggi. Salah satu cara untuk mendapatkan backlink adalah dengan menjadi sumber ahli bagi jurnalis dan blogger.

Jika Anda bergabung dengan situs gratis bernama Help a Reporter Out (HARO), Anda akan melihat permintaan dari jurnalis yang mencari sumber untuk digunakan dalam artikel yang mereka tulis. Anda dapat memantau permintaan ini setiap hari dan mengirimkan usulan ketika Anda memiliki sesuatu yang berharga untuk ditambahkan.

Jika melakukannya dengan konsisten, Anda akan mulai menerima backlink dan membangun otoritas domain Anda seiring waktu.

4. Teratur membuat konten baru

Menciptakan konten baru secara konsisten adalah cara lain untuk meningkatkan peringkat SEO karena Google memberikan penghargaan kepada situs yang membuat konten berkualitas tinggi. Namun, Anda perlu menerbitkan konten baru secara teratur, bukan sekali-sekali saja.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuat kalender konten dan jadwal publikasi. Buatlah 12-15 posting blog potensial yang dapat Anda tulis, dan tentukan seberapa sering Anda realistis untuk menulis artikel baru. Anda juga dapat mulai memasukkan kata kunci yang relevan ke dalam posting blog Anda.

Jika Anda bertanya-tanya apakah SEO penting bagi usaha kecil, jawabannya adalah ya. Sebagai pemilik usaha kecil, SEO dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas online Anda, membangun kredibilitas, dan menarik audiens yang tepat ke situs web Anda.

Ini adalah solusi pemasaran yang efektif biaya dan memberikan hasil jangka panjang. Anda tidak akan melihat hasil secara instan, tetapi dengan waktu dan usaha, Anda akan terus meningkatkan peringkat Google Anda.


Penggunaan kata kunci SEO yang tepat akan meningkatkan efektifitas pemasaran. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui 7 SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER