Posisi di search engine sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah website. Ketika website berada di posisi yang tinggi pada search engine, maka akan lebih berpeluang untuk mendapatkan banyak traffic. Selanjutnya, keuntungan pun akan didapatkan baik dari iklan, konversi, penjualan produk, dan sebagainya. Akan tetapi, menaikkan posisi website ketika persaingannya tinggi memang membutuhkan strategi tersendiri. 

 

Tips Ampuh Mendapatkan Posisi di Search Engine

SEO atau Search engine optimization merupakan salah satu cara mendapatkan posisi di search engine. Untuk melihat hasilnya, Anda harus lebih bersabar karena butuh waktu yang tidak sebentar. Prosesnya juga lebih rumit dibandingkan menggunakan metode iklan untuk mendapatkan posisi terbaik di halaman pencari. Akan tetapi jauh lebih hemat karena tidak membutuhkan biaya terus menerus.

 

Beberapa referensi bacaan terkait iklan yang biasa dijalankan untuk meningkatkan kinerja website, mendapatkan page rank Google, atau meningkatkan konversi dan penjualan, antara lain:

 

 

Masih banyak lagi referensi artikel yang tersedia di RedComm Knowledge terkait strategi melakukan iklan agar traffic stabil menuju ke website bisnis, termasuk mengenai analysis data, data driven marketing, strategi email marketing, dan sebagainya. 

 

Nah, pada artikel kali ini, Anda bisa membaca mengenai mengenai tips untuk mendapatkan posisi di search engine, kemudian dapat mencoba mengaplikasikannya pada website yang dikelola.

 

 

  1. Tingkatkan Kecepatan Website

Banyak website yang hanya fokus terhadap tampilan saja tanpa memperhatikan kecepatan loading-nya. Padahal, search engine seperti Google lebih menyukai website - website yang bisa diakses dengan cepat. 

 

Oleh karena itu, pastikan durasi loading website Anda tidak lebih dari 3 detik. Ini sudah menjadi patokan yang paling umum agar pengunjung tidak meninggalkan website Anda. Untuk meminimalkan durasi loading, Anda bisa menggunakan hosting yang memiliki respons cepat. Cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan posisi di search engine.

 

  1. Riset Keyword

Dalam melakukan riset keyword, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan. Mulai dari volume pencarian, saran kata kunci, tingkat kesulitan, SERP, dan search intent. Anda harus memperhatikan indikator tersebut agar mendapatkan keyword yang sesuai dengan website Anda.

 

Di tahap awal, Anda bisa menargetkan keyword dengan persaingan rendah, meskipun volume pencariannya tidak banyak. Hal ini sangat realistis karena website baru cenderung lebih sulit untuk bersaing dengan kompetitor. Anda bisa melakukan riset keyword dengan bantuan tools khusus yang tersedia di internet.

 

Artikel terkait mengenai keyword research yang sudah tersedia di RedComm Knowledge, antara lain:

 

 

 

  1. Buat Konten Rutin

Agar posisi di search engine bagus, website harus menyediakan konten-konten yang berkualitas. Setiap pengunjung pastinya ingin mendapatkan informasi yang lengkap agar masalah mereka segera teratasi. Tak heran jika konten-konten yang memberikan informasi lengkap, mudah untuk menempati posisi teratas di hasil pencarian.

 

Tahap ini dilakukan setelah Anda melakukan riset keyword menggunakan tools khusus. Pastikan konten yang Anda buat mampu menjawab pertanyaan dari pengunjung. Kepuasan dari mereka akan menjadikan website Anda lebih terkenal, dan pastinya traffic akan meningkat. Dalam pembuatan konten, Anda bisa menggunakan formula AIDA, konten dengan prinsip 3E, perbanyak konten evergreen, menerapkan storytelling dan copywriting juga bagus.

 

  1. Optimasi Gambar

Gambar memiliki peran penting untuk membantu pengunjung memahami konten Anda. Anda harus menambahkan gambar-gambar yang relevan dengan konten yang dibuat. Khususnya untuk konten-konten panduan. Dengan adanya gambar maka pengunjung akan lebih mudah dalam mempraktekan. Gambar juga akan membuat pengunjung tidak bosan ketika harus membaca banyak teks.

 

Optimasi dilakukan dengan menerapkan format ukuran gambar kurang dari 100kb agar jadi lebih kecil. Ini dilakukan agar nantinya beban website tidak terlalu berat saat memuat gambar tersebut. Kemudian Anda bisa mengubah judul gambar menggunakan keyword sesuai konten yang dibuat. Ini berkaitan erat dengan SEO yang akan mempengaruhi posisi website.

 

 

  1. Pasang Backlink

Memasang backlink, terutama backlink dofollow, menjadi salah satu tips ampuh page 1 Google. Cara ini masih banyak diaplikasikan sampai saat ini, karena memang sangat efektif. Dengan adanya backlink menandakan website sudah mulai dikenal, sehingga Google pun menilai baik website tersebut. Anda bisa menggunakan jasa SEO profesional agar prosesnya lebih cepat dan hasilnya maksimal.

 

Aplikasikan beberapa cara untuk meningkatkan posisi di search engine tersebut. Hasilnya mungkin tidak akan dirasakan dalam waktu dekat, namun keuntungannya akan dirasakan lebih lama.