Tujuan Menentukan Keyword bagi Website Bisnis
Keyword atau kata kunci adalah kata-kata yang banyak digunakan pengguna internet ketika melakukan pencarian di mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya.
Contohnya, saat wajah berjerawat, lalu Anda hendak membeli produk perawatan wajah yang bisa mengatasi jerawat.
Kemungkinan besar, Anda akan melakukan pencarian terlebih dahulu dengan menggunakan kata kunci tertentu, misalnya: obat anti jerawat, perawatan wajah berjerawat, skincare penghilang jerawat, dan sebagainya.
Contoh lain, misalnya Anda pergi berlibur ke Lombok. Saat berada di sana, Anda ingin tahu tempat wisata apa saja yang terkenal di Lombok.
Anda pun melakukan pencarian di internet dengan menggunakan kata kunci, seperti tempat wisata hits Lombok, wisata pantai di Lombok, tempat wisata baru di Lombok, dan sebagainya.
Keyword atau kata kunci yang diketikkan oleh para pengguna internet kemudian akan direkam oleh search engine. Untuk kemudian berlanjut ke proses mengumpulkan informasi, menghitung jumlah pencarian, dan sebagainya.
Setelah proses crawling selesai, semua informasi akan dianalisis, bahkan menjadi faktor penentuan ranking di mesin pencari.
Lalu sebagai pemilik website, tugas Anda adalah mempelajari kata kunci yang sudah tersedia di mesin pencari, melakukan pencarian keyword potensial dan relevan dengan isi situs Anda, dan terakhir menggunakan kata kunci tersebut secara tepat.
Kenapa perlu melakukan riset keyword? Tujuan dari riset keyword adalah mencari tahu sebanyak mungkin, tema atau topik bahasan apa yang sering dicari atau diketikkan pengguna internet di mesin pencari.
Setiap kata kunci yang ditemukan, kemudian harus dianalisis lagi untuk mencari tahu kesesuaiannya dengan website bisnis Anda.
Semakin potensial keyword atau kata kunci yang Anda gunakan, maka semakin banyak visitor yang berkemungkinan datang ke website. Bahkan bisa pula mendatangkan calon konsumen yang ingin tahu produk, jasa, layanan, maupun bisnis yang Anda tawarkan.
Di saat yang sama, Anda juga bisa tahu keyword apa saja yang digunakan oleh kompetitor untuk mendapatkan pelanggan.
Dalam proses pencarian keyword atau kata kunci potensial, Anda perlu mengidentifikasi kata kunci dengan volume tinggi dan skor SD (difficulty) rendah yang saat ini tidak berada di posisi nomor satu. Nah, kata kunci itulah yang seharusnya Anda optimasi lagi. Agar lebih tepat sasaran, coba pelajari Cara Riset Keyword yang Benar agar Dapat Memenangkan Hasil Pencarian.