Bagi Anda yang senang menulis di blog atau mempunyai website pribadi. Mungkin Anda sudah tak asing dengan istilah backlink dofollow. Namun faktanya, banyak yang bingung dan kurang paham mengenai istilah yang satu ini. 

 

Backlink adalah sebuah tautan atau link, yang berasal dari suatu situs. Lalu, diarahkan ke alamat website maupun salah satu halaman situs yang Anda miliki. Tak hanya itu, backlink juga dikenal dengan sebutan incoming links, dan inbound links.

 

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mendapatkan backlink dofollow berkualitas?

 

Cara Memasang Backlink

Dalam praktik secara umum, Anda menjadi pihak yang memberikan backlink untuk situs lain. Caranya, dengan memasang tautan ke situs tertentu dari situs Anda. Hal ini karena, ada banyak manfaat backlink yang bisa Anda dapatkan, terutama kalau status backlink-nya dofollow. Itu sebabnya, selain jadi pemberi backlink, website Anda juga perlu jadi penerima backlink dari situs lain.

 

Proses yang dilakukan dalam upaya mendapatkan backlink, disebut sebagai link building dalam teknik SEO. Proses memperoleh tautan URL ini tentu tak bisa dikatakan sesederhana kelihatannya. Jadi, tak heran ketika banyak yang mencari jalan pintas dengan membeli backlink.

 

Hal ini memang bisa dilakukan, tetapi backlink yang didapatkan pun belum tentu berkualitas. Apalagi jika niche situs yang memberikan tautan balik tersebut tidak sama dengan niche situs Anda. Bahkan mungkin saja, website tersebut memiliki kredibilitas buruk di mata mesin pencari, yang mana hal ini bisa turut membuat situs Anda menjadi buruk di search engine.

 

 

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Walaupun cukup sulit dan memerlukan proses panjang untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas tinggi, Anda tak perlu khawatir. Sebab, selalu ada cara untuk memperolehnya dengan benar. Seperti berikut ini!

 

  1. Guest Post

Apakah Anda pernah mendengar tentang guest post atau penulis tamu? Ya, guest post atau penulis tamu adalah pembuatan konten gratis di suatu situs atau blog milik orang lain, di mana imbalannya adalah diberikan link yang mengarah ke situs Anda. Ada pun link ini bisa diletakkan di bagian biodata penulis, atau bisa juga berbentuk kutipan informasi yang ada dalam artikel (anchor text). 

 

Guest post termasuk cara menanam backlink yang sangat digemari. Alasannya, cara ini bisa menguntungkan kedua belah pihak, baik itu untuk Anda sebagai penulis, maupun untuk pemilik blog, di mana artikel Anda akan ditayangkan.

 

  1. Membuat Konten dengan Kualitas Terbaik

Supaya bisa mendapatkan backlink dengan kualitas tinggi, Anda pun harus membuat konten yang sama berkualitasnya. Jadi, konten tersebut dapat membantu branding brand Anda secara menyeluruh di mata masyarakat, terutama warganet. 

 

Namun jika sebaliknya, saat halaman situs Anda kualitasnya rendah, apalagi tidak ada informasi yang berharga di sana, tentu bisa menimbulkan penilaian negatif, dan audiens enggan berkunjung kembali.

 

  1. Membuat Konten yang Jelas Menghasilkan Backlink

Tidak hanya sekadar teks artikel saja. Ternyata, ada beberapa jenis format konten yang kinerjanya jauh lebih bagus dalam mendapatkan backlink. Misalnya saja infografik, video, kuis, dan konten yang berisi tips atau tutorial. Nah, buatlah artikel dengan format tersebut, supaya nantinya ada situs lain yang membuat tautan ke artikel Anda.

 

Pada umumnya, konten berupa artikel panduan atau tutorial memiliki jumlah kata yang banyak dan juga komprehensif. Kinerja konten seperti ini jauh lebih bagus dibandingkan artikel pendek. Konten panduan lengkap akan dimanfaatkan sebagai artikel sumber atau referensi oleh situs lain, ketika mereka menulis topik yang serupa dengan Anda.

 

Agar artikel Anda lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang membutuhkan referensi tersebut, terapkan riset keyword yang tepat sasaran, dan gunakan pula long tail keyword.

 

 

  1. Buatlah Skyscraper Content

Setelah menemukan konten yang bagus di blog atau situs Anda, maka poleslah supaya lebih bagus lagi. Misalnya, dengan memperbaharui isi artikelnya, disesuaikan dengan perubahan yang terkini. Kemudian, tambahkan bagian yang masih kurang dan lainnya. 

 

Dengan begini, besar kemungkinan artikel Anda akan muncul di page one. Dan akhirnya, banyak orang yang membaca serta menjadikannya referensi, sehingga dengan senang hati mereka memberi backlink.

 

  1. Membuat Tools yang Gratis

Ingin backlink dofollow gratis yang lebih jitu? Cobalah membuat tools gratis yang banyak digunakan. Misalnya, template blog atau situs, template email marketing, kalkulator, informasi Covid-19, dan berbagai tools sederhana lainnya. 

 

Sebelum menyediakan tools gratis ini, Anda harus terlebih dulu melakukan semacam riset. Gunanya, untuk mengetahui tools apa yang paling banyak digunakan dan bisa membantu Anda mendapatkan backlink dofollow berkualitas. Hingga kemudian bisa Anda adaptasi di situs digital marketing websites Anda.

 

  1. Menggunakan Metode Broken Link Building

Cobalah menjangkau situs dengan outbound link yang rusak, lalu sarankan supaya mereka memperbaharui link tersebut ke salah satu halaman di situs Anda, yang berhubungan dengan artikel orang tersebut.

 

  1. Pakai Strategi Branded dan Teknik Branded

Ketika Anda menerapkan teknik SEO dalam mendapatkan backlink dofollow berkualitas, maka coba mencontoh Brian Dean yang berasal dari backlinko. Ia membuat strategi dengan nama moving man method. Strategi membangun link yang berasal dari sumber yang telah out of date.  

 

Strategi yang kemudian diingat dan membuat orang lain memberikan backlink pada konten Brian tersebut. Anda bisa menirunya bersama dengan tim digital marketing agency Jakarta melalui pembuatan tips dan trik khusus. Tentunya, disertai keunikan yang membuat pengunjung langsung teringat kepada Anda. Cara ini ampuh dan bisa membuat mereka tak segan memberikan backlink pada konten atau artikel milik Anda saat mereka membahas hal yang sama.

 

 

  1. Mengubah Brand Mentions menjadi Backlink Berkualitas

Ketika netizen menyebut brand Anda dalam konten mereka, tapi tanpa tautan link, maka itu dinamakan unlinked brand mention. Nah, hal tersebut bisa menjadi peluang untuk mendapatkan backlink berkualitas. 

 

Bagaimana caranya? Cobalah mengirim email sebagai tanda terima kasih karena sudah menyebutkan brand Anda. Kemudian, berikan saran supaya menambahkan link menuju situs Anda.

 

Itulah beberapa cara mendapatkan backlink dofollow berkualitas untuk website yang bisa Anda coba. Apabila Anda membutuhkan tim digital marketing agency Jakarta maupun digital marketing agency Indonesia dalam membangun backlink dofollow, cobalah untuk menghubungi tim Redcomm.