MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Manfaat Backlink untuk Website Bisnis Online

27 Jun  · 
3 min read
 · 
eye 9.551  
Website & Mobile Apps

redcomm

Punya tidaknya website bagi pemilik bisnis menjadi penentu operasional bisnis. Website tak hanya representasi online, tetapi juga alat vital dalam penerapan strategi pemasaran digital. 

Nah, untuk meningkatkan kinerja situs web bisnis online, dan menjadi elemen penting dalam penerapan Search Engine Optimization (SEO), Anda membutuhkan backlink.

Apa itu backlink? Apa manfaat backlink bagi kesuksesan website bisnis online? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel Redcomm knowledge kali ini.

Apa yang Dimaksud dengan Backlink?

Menurut Wikipedia, backlink adalah tautan yang mereferensikan website Anda dari situs lain maupun sebaliknya. 

Backlink menjadi salah satu faktor yang menentukan proses evaluasi algoritma Google mengenai seberapa penting halaman website berada di halaman pertama mesin pencarian. 

Artinya, ada tidaknya backlink menjadi salah satu kunci yang mempengaruhi mudah tidaknya website ditemukan di halaman hasil pencarian atau SERP, bisa diindeks tidak, meningkatkan jumlah kunjungan, hingga untuk menghindari website tidak bisa ditemukan di Google.

7 Manfaat Backlink yang Wajib Pemilik Website Tahu

Penerapan backlink dalam halaman web bisnis online juga sangat sederhana dan mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan tautan atau link situs Anda, kemudian menempatkan link tersebut di website lain.

Dalam hal optimasi SEO, membangun backlink memberi manfaat untuk menentukan baik atau tidaknya website Anda tampil di halaman pencarian Google. Selain itu, manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan strategi link building, antara lain:

1. Meningkatkan Peringkat di SERP

Algoritma Google akan mempertimbangkan backlink sebagai salah satu faktor penting dalam menentukan peringkat website di mesin pencari seperti Google. 

Apalagi backlink yang Anda bangun berasal dari situs web yang memiliki otoritas tinggi.  Semakin banyak backlink berkualitas yang Anda miliki, semakin tinggi peluang website Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian.

2. Meningkatkan Otoritas Domain (Domain Authority)

Otoritas domain adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa baik suatu website tampil di halaman hasil pencarian atau SERP. Maka mau tidak mau Anda perlu membangun backlink dengan mendapatkannya dari berbagai situs populer yang banyak diakses audiens. 

Nantinya pada saat bot Google melakukan crawling dan menemukan adanya backlink, ini menjadi indikator yang memberi signal kepada Google bahwa situs web bisnis Anda memiliki informasi yang bermanfaat bagi audiens, sekaligus bagi Google.

Pastinya audiens akan senang mengunjungi website yang bisa memberikan informasi bermanfaat, terutama yang bisa memberi solusi atas permasalahan yang sedang mereka hadapi. 

Jika akhirnya terjadi konversi berupa peningkatan brand awareness maupun transaksi pembelian, berarti promosi digital marketing yang Anda lakukan dengan memanfaatkan website boleh dikatakan berhasil. 

Oh ya, selain lebih mudah mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari, otoritas domain yang tinggi juga menjadi indikator kepercayaan dan kredibilitas website lho.

3. Meningkatkan Traffic & Referral

Ketika website lain memberi tautan atau backlink ke konten di website Anda, pengunjung dari website tersebut dapat mengklik tautan dan akhirnya mengunjungi website Anda. 

Ini terutama berlaku jika backlink berasal dari situs web yang relevan dengan niche atau industri yang kurang lebih sama.

Traffic referral yang berasal dari backlink seperti ini biasanya lebih berkualitas, karena audiens umumnya memang tertarik dengan topik yang dibahas. 

Ingat, tidak semua lalu lintas refferal datang dari Google, Yahoo, Bing, atau mesin pencarian lainnya. Traffic terarah dengan tautan dari situs lain juga memberikan persentase kunjungan yang lumayan besar.

4. Sumber Daya dan Directory Link Bersifat Jangka Panjang

Seperti yang diketahui, internet merupakan salah satu sumber data terbesar yang diprediksi akan terus tumbuh dan akan selalu diakses sebagai pusat informasi. 

Apabila nanti Anda mendapatkan link berkualitas tinggi, hal ini akan membantu membentuk direktori terkemuka dan situs sumber daya lain. 

Otomatis akan membantu mengarahkan lalu lintas menuju website bisnis online selama bertahun-tahun kemudian.

5. Mendapatkan Pengakuan Sebagai Merek Tepercaya

Penggunaan backlink dengan tepat membantu bisnis mendapatkan pengakuan sebagai merek tepercaya. Sederhananya begini, ketika pengunjung membuka konten web, mereka dengan mudah akan mengidentifikasi link dalam konten. 

Lalu saat calon konsumen melihat nama brand Anda terhubung di seluruh konten-konten berkualitas bagus, mereka dengan sendirinya akan mengasosiasikan situs Anda sebagai brand tepercaya, punya otoritas yang bagus pada topik tertentu, dan bisa menjadi sumber informasi dan solusi.

Cara ini memungkinkan nama brand Anda bisa mereka ingat dengan baik, termasuk produk, jasa, maupun layanan bisnis yang Anda tawarkan. 

Kalau sudah begini, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari kemungkinan brand Anda semakin dikenal masyarakat luas hingga mendapatkan banyak keuntungan dari penjualan.

6. Mempercepat Indeksasi oleh Mesin Pencari

Mesin pencari seperti Google menggunakan bot untuk mengindeks konten baru di internet. Ketika halaman web lain memberi tautan atau backlink ke halaman baru di situs Anda, bot mesin pencari akan mengikuti tautan tersebut dan mengindeks halaman baru Anda lebih cepat. 

Ini sangat bermanfaat bagi website yang sering memperbarui konten atau menambahkan halaman baru secara teratur.

7. Meningkatkan Visibilitas, Kepercayaan, dan Kredibilitas Brand

Backlink juga dapat membantu meningkatkan visibilitas dan eksposur brand di dunia online. Ketika konten Anda mendapatkan banyak tautan dari website lain, audiens dari website tersebut akan melihat brand Anda. 

Ini dapat membantu dalam membangun kesadaran merek dan memperluas jangkauan audiens. Dengan semakin banyaknya website yang menautkan ke konten Anda, brand Anda akan semakin dikenal di kalangan audiens yang lebih luas.

Di saat yang sama, jika situs web yang memberi backlink memiliki reputasi yang baik, maka secara otomatis reputasi web bisnis Anda juga baik. Bahkan akan membuat audiens melihat situs Anda sebagai situs web yang bisa dipercaya, otoritatif, dan memiliki kredibilitas yang baik. 

Lalu ketika kepercayaan audiens meningkat, mereka cenderung lebih percaya pada konten dan informasi yang Anda bagikan. Selain itu juga berpotensi meningkatkan konversi atau penjualan di website bisnis online.

Kesimpulan

Backlink adalah salah satu komponen penting dalam strategi SEO yang efektif dan isa meningkatkan peringkat situs di halaman hasil pencarian, meningkatkan traffic, otoritas domain, visibilitas brand, kredibilitas, dan kepercayaan pengunjung. 

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari backlink, Anda perlu berfokus pada upaya membangun dan Mendapatkan Backlink Dofollow Berkualitas. Jika membutuhkan saran dan informasi lebih lanjut, Redcomm siap membantu. Yuk, klik Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER