MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Sumber Traffic Bagi Website Toko Online

29 Feb  · 
4 min read
 · 
eye 8.977  
Website & Mobile Apps

redcomm

Saat memiliki website marketing company atau website toko online, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya terkait traffic

Apa yang dimaksud dengan traffic? Lalu lintas atau traffic adalah jumlah kunjungan yang menuju ke website toko online, forum, portal berita, dan lainnya.

Traffic yang tinggi dan tertarget akan membuat website bisnis memiliki nilai lebih. Dengan kata lain, kesempatan untuk mendapatkan konversi dalam bentuk transaksi juga jadi terbuka lebar.

Lalu, dari mana saja sumber traffic bagi website toko online berasal? Sebelum mengetahui sumbernya, mari kenali terlebih dulu jenis-jenis traffic website berikut!

Jenis-Jenis Traffic Website

Sebagai pemilik situs web, terutama yang berhubungan dengan bisnis, Anda wajib paham mengenai jenis traffic. Berikut ada 6 jenis traffic website, yaitu:

1. Organic Traffic

Organic traffic adalah kunjungan audiens secara alami yang berasal dari hasil pencarian di search engine menggunakan kata kunci yang relevan.

Jadi, audiens akan mengetikkan kueri atau kata kunci tertentu pada kolom pencarian di search engine seperti Google. 

Kemudian pada halaman hasil pencarian ada situs web Anda, lalu audiens masuk dari sini,  maka inilah yang akan menciptakan traffic organik.

2. Direct Traffic

Direct traffic, yaitu lalu lintas yang berasal dari pengunjung yang mengetikkan alamat website pada browser tanpa melalui pencarian di kolom pencarian terlebih dulu. 

Artinya, audiens sudah mengenal dan hafal URL situs web Anda. Jadi, mereka langsung mengetikkan URL tersebut.

3. Referral Traffic

Referral traffic, artinya audiens berkunjung ke situs web bisnis melalui tautan eksternal yang mereka temukan pada website lain yang bekerja sama, blog, hingga media sosial.

4. Social Media Traffic

Kalau melihat data traffic website di Google Analytics, Anda akan melihat ada sumber traffic bernama Social Media. Nah, apa sih jenis traffic yang satu ini?

Social media traffic adalah pengunjung yang melakukan klik pada tautan yang Anda sebarkan melalui berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter atau X, Instagram, LinkedIn, Pinterest, dan lainnya.

5. Paid Traffic

Paid traffic, yaitu kunjungan yang berasal dari pemasangan iklan berbayar, seperti Google ads, iklan media sosial, atau affiliate.

6. Email Traffic

Email traffic artinya audiens mengunjungi website bisnis karena menemukannya dalam pesan email marketing atau newsletter yang mereka terima. Traffic ini hanya akan tercipta kalau Anda rutin dan konsisten menjalankan strategi email marketing.

Ini 7 Sumber Traffic Website & Toko Online

Setelah mengetahui jenis traffic website, kini saatnya mengetahui sumber traffic dan cara mendapatkannya di bawah ini!

1. Content Marketing

Apakah situs toko online Anda hanya berisi katalog produk dan keranjang belanja saja? Jika iya, inilah saatnya untuk memberikan sentuhan baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. 

Caranya, Anda bisa menerapkan konten marketing berbentuk artikel maupun video. Adanya konten yang relevan, informatif, dan menarik, lengkap dengan penggunaan keyword atau kata kunci yang tepat, memudahkan calon pelanggan menemukan situs bisnis Anda.

Selain itu, penggunaan content marketing memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan visibilitas situs web dan mendatangkan traffic
  • Membantu membangun interaksi bisnis dengan pengunjung. 
  • Memperkuat dan Meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek.

 2. Search Engine

Tentu saja ada banyak mesin pencari yang bisa Anda gunakan dalam proses digital marketing strategist

Namun, jangan melupakan fakta bahwa Google adalah search engine yang paling banyak penggunanya di dunia, terutama pengguna internet di Indonesia.

Pada mesin pencari inilah, Anda bisa menemukan calon pelanggan potensial dan mendatangkan banyak traffic ke situs web. Dengan catatan, Anda sudah menerapkan konten dan teknik SEO secara tepat dan benar.

Selanjutnya untuk memaksimalkan traffic dari mesin pencari, coba gunakan juga iklan berbayar, seperti Google ads yang merupakan platform iklan berbayar dari Google. 

3. Facebook Group 

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan media sosial Facebook, bukan? Facebook adalah platform yang menyediakan berbagai fitur sehingga pengguna internet dapat bertemu, berkumpul, berkomunikasi, dan bersosialisasi.

Di saat yang sama, Facebook juga menyediakan fitur Facebook group untuk mengumpulkan orang-orang yang memiliki minat sama akan sesuatu. Melalui fitur inilah, Anda bisa menjadikannya sebagai sumber traffic alternatif untuk toko online atau website bisnis.

Misalnya, website Anda menjual aneka gadget. Maka, Anda bisa mencari dan bergabung dengan grup yang sesuai dengan niche tersebut. 

Setelah berada dalam grup yang relevan dengan produk, mulailah membagikan URL situs bisnis. Namun, pastikan Anda menggunakan bahasa yang sopan dan mematuhi peraturan grup ketika berpromosi.

4. Online Activation

Online activation adalah salah satu strategi digital marketing campaign yang bisa Anda coba untuk mendatangkan lebih banyak kunjungan ke website bisnis. 

Strategi ini bertujuan untuk mendorong audiens untuk berinteraksi atau memiliki keterlibatan aktif berpartisipasi dalam event yang Anda selenggarakan.

Caranya bisa dengan mengadakan giveaway, endorsement, kuis interaktif, atau melakukan promo seperti buy one get one

Teknik ini tidak hanya bisa mendapatkan traffic bagi website toko online, namun dapat memperbanyak interaksi serta membangun engagement dengan calon konsumen yang nantinya bisa turut meningkatkan konversi.

Jika belum memiliki pengalaman dan pengetahuan untuk melakukan online activation, ada sih cara lain yang lebih efektif. Misalnya, bekerja sama saja dengan digital marketing agency Jakarta, atau digital agency lainnya di Indonesia. 

Atau langsung Kontak Redcomm Indonesia saja. Sebab, Redcomm memiliki service dan layanan Social Media Activation & Management

Layanan ini akan membantu Anda mencapai berbagai target, termasuk meningkatkan brand awareness. Mulai dari perencanaan, pembuatan, hingga pelacakan kinerja konten yang terukur.

5. Pinterest

Meski tidak terlalu populer di kalangan warganet, Pinterest menjadi salah satu media sosial yang unik dan sumber ide baru untuk berbagai strategi digital marketing.

Melalui Pinterest, semua konten unik dan bermanfaat akan Anda temukan dengan mudah. Anda juga bisa menjadikan Pinterest sebagai sumber traffic website bisnis. Berikut caranya:

  • Membuat akun bisnis di Pinterest
  • Melakukan pinning semua gambar yang ada di web toko online Anda.
  • Lanjutkan dengan membuat board sesuai keyword website, dan sematkan URL ke halaman web.
  • Mengikuti akun atau orang yang menjadi target market.
  • Bagikan pin tersebut ke lebih banyak orang.

6. Forum

Forum memang hampir sama seperti Facebook group, hanya berbeda platform saja. 

Apabila yang menjadi target market adalah kalangan generasi milenial dan setelahnya, Anda bisa menjadikan forum sebagai sumber traffic untuk toko online. Caranya mudah sekali, yaitu:

  • Bergabung atau membuat akun dan melakukan verifikasi akun supaya bisa menggunakan semua layanan di forum.
  • Pilih sub forum yang sesuai atau relevan dengan bisnis Anda.
  • Membuat post yang sumbernya dari website digital business milik Anda. Namun sebelumnya membaca aturan dalam forum dan menghindari tindakan yang menuju ke arah spamming.
  • Menjadi anggota aktif yang turut memberikan komentar dalam setiap post yang milik orang lain. Di komentar inilah, Anda bisa meninggalkan jejak berupa alamat situs web Anda.

7. Memanfaatkan Guest Post 

Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan ketika melakukan guest post atau menjadi penulis tamu. Salah satunya, memperbesar peluang supaya semakin banyak orang yang mengenali situs web.

Melalui guest post, Anda juga bisa saja mendapat uang untuk setiap tulisan yang tayang, atau malah berkesempatan menyisipkan backlink menuju ke website toko online Anda.

Tak perlu khawatir dalam mencari tempat untuk menjadi penulis tamu, sebab ada banyak media yang memberikan kesempatan untuk hal tersebut, seperti IDN Times, Mojok, dan lainnya. 

Itulah pengertian traffic website, jenis-jenis traffic website, dan 7 sumber traffic bagi website bisnis. Namun, jika tidak ingin bersusah payah melakukan langkah-langkah di atas, cobalah menggunakan jasa top digital agency seperti yang sudah disarankan di atas. Setelahnya, pelajari juga Behavior dan Customer Journey untuk Peningkatan Traffic Web.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER