Landing page merupakan halaman pada website yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk, jasa, maupun brand, dengan mencantumkan informasi yang detail hingga penawaran menarik. Cara ini dianggap efektif untuk diterapkan oleh para pelaku bisnis dalam menjangkau konsumen. Lantas, bagaimana mengoptimalkannya?

 

Beberapa Tools Penting untuk Mengoptimalkan Landing Page

Anda membutuhkan beberapa tools penting untuk mengoptimalkan sebuah landing page. Tentu bukan hal yang mudah dalam mengoperasikannya terlebih bagi pemula. Untuk itu, Anda bisa saja menghubungi website marketing company untuk membantu Anda. Atau kalau Anda tetap ingin mencoba melakukannya sendiri terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan beberapa tools berikut. 

 

 

  1. Divi Theme

Divi Theme merupakan tema Wordpress yang diproduksi oleh Elegant Theme. Beberapa menu di dalamnya memungkinkan setiap pengguna dapat merancang landing page dengan mudah menggunakan drag and drop interface. Terdapat setidaknya 46 pre built modul yang disediakan dan bisa Anda coba.

 

Pre built modul sendiri bisa digunakan untuk merancang berbagai landing page dalam waktu yang singkat. Anda hanya perlu mengkombinasikan tema ini menggunakan tools lain, seperti OptinMonster, sehingga memiliki kemungkinan maksimal dalam memperoleh lebih banyak leads.

 

  1. Google Analytics

Tools ini dipercaya paling ampuh dan efektif jika dibandingkan dengan aplikasi analisis lain dalam mengoptimalkan landing page. Google Analytics mampu menyajikan berbagai data yang Anda butuhkan mengenai landing page atau website terkait. Dengan data-data yang Anda dapatkan dari hasil analisis menggunakan tools ini, Anda bisa menerapkan strategi digital marketing yang tepat dalam mengembangkan bisnis.

 

Menggunakan Google Analytics, Anda tidak hanya bisa melacak informasi demografis mengenai pengunjung landing page saja, melainkan dapat menetapkan tujuan konversi untuk melacak leads. Tools ini tentunya sangat berguna dalam mengoptimalkan sebuah website agar menjadi lebih efektif sebab mengetahui respons pelanggan

 

 

  1. Crazy Egg

CrazyEgg bisa dibilang merupakan tools yang unik, sebab mampu memudahkan setiap penggunanya untuk memvisualisasikan seluruh tindakan pengunjung dari landing page. Jika menggunakan tools ini, Anda jadi bisa mengetahui penyebab pengunjung meninggalkan website Anda tanpa melakukan konversi.

 

Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan tools ini dengan Google Analytics sehingga lebih optimal untuk mengetahui respons pengunjung saat melihat landing page atau saat berselancar di dalam website Anda. Tujuannya, semua data yang Anda dapatkan bisa menjadi bahan evaluasi untuk melakukan perbaikan sehingga bisa meningkatkan kinerja setiap fitur sesuai dengan keinginan pelanggan.

 

  1. Infusionsoft

Salah satu alasan banyak orang menggunakan tools infusionsoft adalah karena perangkat ini mampu mengirimkan email strategis berdasarkan kebutuhan dan keinginan dari setiap pelanggan. Infusionsoft bisa digunakan untuk membuat segmentasi lebih kompleks dengan urutan responder.

 

Penggunaannya juga bisa Anda kombinasikan dengan OptinMonster sehingga mampu memicu target audiens menjadi tertarik berlama-lama berada di landing page dan website Anda. 

 

  1. Smart Bribe

Pernahkah Anda akan berpikir untuk mencantumkan ucapan terima kasih di akhir halaman landing page? Penggunaannya pun harus dipikir secara kreatif agar tidak mengganggu ketertarikan para pengunjung. Hal ini bisa dicapai secara efektif kalau Anda menggunakan Smart Bribe.

 

Smart Bribe akan membantu Anda membuat halaman terima kasih yang berbeda dengan cara konvensional sehingga tampilan tampak lebih kreatif dan interaktif. Tools ini juga memungkinkan pengguna menghasilkan opt in dalam jumlah banyak, serta membuat landing page semakin populer melalui pemberian insentif.

 

 

  1. Optimal Workshop

Optimal Workshop ini terdiri dari empat menu terpisah yang memungkinkan penggunanya mengoptimalkan sebuah landing page dengan cara yang lebih mudah. Bahkan, Optimal Workshop juga mampu memberikan wawasan kepada Anda mengenai bagaimana respons pengunjung.

 

Empat menu tersebut adalah Freejack, Question, Chalk Mark, dan Optimal Sort. Khusus untuk Freejack, menu ini mampu mengidentifikasi alasan mengapa pengunjung bisa meninggalkan landing page.

 

Itulah tadi 6 tools yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan Landing page. Anda bisa menggunakannya lebih dari satu sekaligus sehingga fungsinya akan jauh lebih optimal, misalnya yaitu penggunaan Google Analytics dan Optimal Workshop.