MENU
SEARCH KNOWLEDGE

9 Tools Penting untuk Mengoptimalkan Landing Page

11 Oct  · 
2 min read
 · 
eye 4.357  
Website & Mobile Apps

redcomm

Landing page adalah halaman pada website yang dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk, jasa, layanan bisnis, maupun membangun brand awareness. Pada halaman ini, Anda bisa mencantumkan informasi yang detail hingga penawaran menarik. 

Namun tugas Anda sebagai pemilik website belum selesai. Anda harus mengoptimalkan kinerja landing page agar bisa mendapatkan lebih banyak lead dan menciptakan konversi. Untuk itu, Anda butuh alat atau tools. Nah, cek di artikel ini berbagai tools mengoptimalkan landing page.

9 Tools untuk Mengoptimalkan Landing Page

Cara mudah mengoptimalkan kinerja landing page untuk menciptakan lebih banyak konversi bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Jakarta terpercaya. Mereka punya tim profesional yang akan membantu Anda.

Tetapi jika ingin mencoba melakukannya sendiri terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan beberapa tools landing page berikut. 

1. Divi Theme

Divi Theme adalah tema Wordpress yang diproduksi oleh Elegant Theme. Beberapa menu di dalamnya memungkinkan pengguna merancang landing page dengan mudah menggunakan drag and drop interface

Terdapat setidaknya 46 pre built modul yang disediakan dan bisa Anda coba. Pre built modul bisa Anda gunakan untuk merancang berbagai landing page dalam waktu yang singkat. 

Anda hanya perlu mengkombinasikan tema ini menggunakan tools lain, seperti OptinMonster, sehingga memiliki kemungkinan maksimal dalam memperoleh lebih banyak leads.

2. OptinMonster

OptinMonster adalah tools yang dapat membantu pemilik situs web dan pemasar meningkatkan konversi dan mengumpulkan pelanggan potensial (leads). Beberapa fitur utama OptinMonster, antara lain:

  • Membuat formulir, baik yang berbentuk formulir pop-up, formulir slide-in, dan jenis formulir lainnya. 
  • Fitur untuk menargetkan formulir pada audiens yang paling potensial berdasarkan data perilaku pelanggan yang sudah Anda miliki.
  • A/B testing tools untuk menguji tata letak, jenis, dan teks atau gambar pada formulir demi memperbesar peluang terciptanya konversi.
  • Mudah terintegrasi dengan tools lain, seperti CRM, email marketing, Shopify, dan sebagainya.

3. Google Analytics

Google Analytics adalah tools yang sudah terbukti ampuh dan efektif untuk membantu pemilik website mengoptimalkan performa landing page. Google Analytics mampu menyajikan berbagai data yang Anda butuhkan mengenai traffic, click, interaksi audiens dengan landing page, bahkan jumlah konversi.

Dengan data-data yang Anda dapatkan dari hasil analisis menggunakan tools ini, Anda bisa menerapkan strategi digital marketing yang tepat dalam mengembangkan bisnis. 

Bahkan menggunakan Google Analytics, Anda tidak hanya bisa melacak informasi demografis mengenai pengunjung landing page saja, melainkan dapat menetapkan tujuan konversi untuk melacak leads

Tools ini tentunya sangat berguna dalam mengoptimalkan website secara keseluruhan agar menjadi lebih efektif sebab mengetahui respons pelanggan

4. Crazy Egg

CrazyEgg bisa dibilang merupakan tools yang unik, sebab mampu memudahkan setiap penggunanya untuk memvisualisasikan seluruh tindakan pengunjung yang terjadi di landing page

Jika menggunakan tools ini, Anda jadi bisa mengetahui penyebab pengunjung meninggalkan website tanpa melakukan konversi. Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan tools ini dengan Google Analytics sehingga lebih optimal untuk mengetahui respons pengunjung saat melihat landing page atau saat berselancar di dalam website

Tujuannya, semua data yang Anda dapatkan bisa jadi bahan evaluasi untuk melakukan perbaikan sekaligus bisa meningkatkan kinerja setiap fitur sesuai dengan keinginan pelanggan.

5. Infusionsoft

Salah satu alasan banyak orang menggunakan tools infusionsoft karena perangkat ini mampu mengirimkan email strategis berdasarkan kebutuhan dan keinginan dari setiap pelanggan.

Anda bahkan dapat menggunakan Infusionsoft untuk membuat segmentasi target market yang lebih kompleks dengan urutan responder.

Ingin menggunakannya berbarengan dengan OptinMonster juga bisa lho, dan ini memudahkan Anda mendorong target audiens untuk berlama-lama menelusuri landing page hingga halaman lain di dalam situs.

6. Smart Bribe

Pernahkah Anda berpikir untuk mencantumkan ucapan terima kasih di akhir halaman landing page? Tips mencantumkan ucapan terima kasih ini membuat pengunjung merasa dihargai dan mendorong mereka untuk kembali mengunjungi landing page Anda.

Namun pastikan pembuatan halaman terima kasih harus kreatif, unik, interaktif, dan berbeda dari website lain. Tools ini juga memungkinkan pengguna menghasilkan opt in dalam jumlah banyak, serta membuat landing page semakin populer melalui pemberian insentif. 

7. Optimal Workshop

Optimal Workshop terdiri dari empat menu terpisah yang memungkinkan Anda mengoptimalkan landing page dengan cara yang lebih mudah. Bahkan, Optimal Workshop juga mampu memberikan wawasan kepada Anda mengenai bagaimana respons pengunjung.

Empat menu di dalam Optimal Workshop, yaitu Freejack, Question, Chalk Mark, dan Optimal Sort. Khusus untuk Freejack, menu ini mampu mengidentifikasi alasan mengapa pengunjung meninggalkan landing page.

8. Leadpages

Leadpages adalah alat yang memungkinkan Anda membuat landing page dengan mudah bahkan dengan potensi konversi yang tinggi. Itulah sebabnya, tools yang satu ini dikenal juga sebagai landing page builder terbaik. 

Menggunakan Leadpages, Anda dapat memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pengunjung situs web, bahkan dapat mengubah klik menjadi konversi. Oh ya, untuk bisa menggunakan alat ini, Anda perlu membayar biaya berlangganan ya, mulai dari $49 hingga $99.

9. Menggunakan ChatGPT

Teknologi Artificial Intelligence (AI) maju pesat dan salah satunya adalah ChatGPT. Anda bisa lho menggunakan ChatGPT untuk memaksimalkan kinerja landing page website bisnis.

Caranya, Anda bisa mengajak AI tersebut berdiskusi mengenai kebutuhan landing page yang Anda inginkan, kemudian mintalah AI membuatkan copywriting, meta description, bahkan hingga coding untuk tampilannya.


Demikian 9 tools untuk mengoptimalkan landing page yang bisa Anda coba. Jika membutuhkan konsultasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim digital agency Jakarta seperti Redcomm yang siap membantu Anda memiliki landing page bernilai konversi tinggi. Yuk, langsung hubungi Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER