MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Landing Page: Pengertian dan Tujuannya bagi Web Bisnis

19 Sep  · 
1 min read
 · 
eye 13.461  
Website & Mobile Apps

redcomm

Ketika masuk ke suatu website, Anda pasti bisa menemukan halaman yang mengajak Anda untuk melakukan suatu tindakan. 

Misalnya untuk mendaftar ke acara atau daftar keanggotaan, membeli produk, memasukkan email, dan sebagainya. 

Nah, halaman tersebut disebut dengan landing page. Cari tahu secara lengkap pengertian landing page dan tujuannya di artikel ini, yuk.

Pengertian Landing Page

Halaman landas atau landing page adalah halaman di dalam website yang dirancang untuk mengajak, membujuk, atau mendorong audiens untuk melakukan suatu tindakan tertentu.

Beberapa tindakan yang diharapkan tersebut, antara lain untuk mengumpulkan informasi kontak, mendaftarkan akun, RSVP ke suatu acara, melakukan pembelian dan sebagainya. 

Lalu, apa sih tujuan pemilik website membuat landing page? Lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

Tujuan Landing Page bagi Website Bisnis

1. Mengumpulkan Informasi Kontak

Salah satu tujuan utama landing page adalah untuk mengumpulkan informasi kontak pelanggan potensial.

Pengunjung biasanya diminta mengisi formulir dengan nama, alamat email, nomor telepon, atau informasi lainnya yang berguna bagi bisnis untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan mereka.

2. Sarana Mempromosikan Produk & Layanan

Anda sebagai pemilik website dapat membuat landing page dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau layanan secara khusus.

Di halaman ini, Anda masukkan saja berbagai produk dan layanan bisnis yang mau Anda promosikan lengkap dengan informasinya yang relevan. Misalnya spesifikasi dan keunggulan produk, manfaat, dan sebagainya.

Prinsipnya, semua informasi yang Anda cantumkan harus mampu menarik perhatian audiens dan mendorong mereka untuk mencari tahu lebih lanjut atau bahkan melakukan pembelian.

3. Mengarahkan Tindakan Spesifik

Tujuan adanya landing page dalam suatu website juga dapat berupa arahan atau anjuran agar audiens melakukan tindakan tertentu yang Anda inginkan.

Misalnya, untuk mengunduh e-book yang bisa jadi audiens butuhkan, dorongan untuk segera mendaftar webinar, atau untuk mencoba layanan yang sudah Anda sediakan secara khusus.

4. Dapat Meningkatkan Konversi dan Keuntungan Bisnis

Tujuan landing page berikutnya yang menguntungkan bagi pemilik bisnis adalah dapat meningkatkan peluang terjadinya konversi, baik berupa pemesanan produk atau langsung pembelian.

Tentukan saat ada banyak audiens melakukan klik dan akhirnya membeli produk yang Anda tawarkan, maka keuntungan bisnis Anda pun akan mengalami peningkatan.

5. Meningkatkan Brand Image dan Kepercayaan Pelanggan

Website bisnis dengan landing page yang bagus akan terlihat lebih profesional. Penyampaian informasi pun lebih jelas, spesifik, dan bisa menjangkau audiens target dengan lebih baik. Hal ini sudah tentu akan meningkatkan brand image.

Di saat yang sama, website bisnis yang memiliki tampilan profesional, informasi yang jelas, dan memiliki UI/UX yang bagus, bisa membuat pelanggan lebih percaya kalau bisnis Anda kredibel dan dikelola dengan baik.

6. Personalisasi Pesan dan Mengurangi Distorsi

Menggunakan landing page memungkinkan Anda mempersonalisasikan pesan maupun informasi hanya kepada target audiens yang lebih spesifik. Ini akan memudahkan calon pelanggan untuk terhubung dengan bisnis Anda.

Lalu ketika informasi hanya berfokus pada satu topik yang secara khusus memang Anda tujukan untuk menjangkau audiens tertentu, maka hal ini dapat mengurangi distorsi atau gangguan yang bisa mengalihkan perhatian audiens pada hal lain. 

7. Memudahkan Pengukuran Campaign

Ketika menyelenggarakan suatu campaign atau sedang menjalankan iklan berbayar, maka penggunaan landing page akan membantu memudahkan pelacakan jumlah pengunjung, jumlah klik, tingkat konversi, bahkan hingga mengukur Return of Investment (ROI).


Nah, Anda sudah tahu pengertian landing page dan tujuannya. Sekarang pertanyaannya, apakah landing page sama dengan homepage? Untuk menjawab pertanyaan ini, baca saja penjelasannya di Perbedaan Landing Page dan Homepage.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER