Bagi Anda yang memiliki website, terutama website yang juga difungsikan sebagai toko online, keamanan dari situs web Anda adalah hal di urutan pertama yang harus diperhatikan. Ibarat sebuah bangunan, jaringan keamanan merupakan pondasi untuk menopang keberlangsungan hidup sebuah halaman web

 

Tingkatkan Keamanan Website

Perlu diketahui, sejak dulu hacker atau peretas mengincar berbagai website dengan sistem keamanan yang rendah. Tentu hal ini sangat berbahaya, apalagi jika dalam situs web tersebut tersimpan berbagai data penting dan sensitif. 

 

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki sistem keamanan yang mumpuni dalam menjalankan digital marketing websites bisnis. Berikut ini adalah 5 cara mudah dalam meningkatkan keamanan situs web yang Anda miliki.

 

 

  1. Install SSL 

Untuk melindungi website, yang pertama harus Anda lakukan adalah memasang Secure Sockets Layer (SSL). SSL merupakan sebuah protokol keamanan yang mampu membuat tautan berbentuk enkripsi antara server web. Keberadaan SSL penting sekali untuk sebuah situs web, apalagi website marketing company. Sebab, berbagai data pribadi, seperti data login, transaksi kartu kredit, dan lainnya, akan tersimpan dengan sangat baik. Ada tiga jenis SSL yang sering digunakan, yaitu domain validation SSL, organization validation SSL, dan extended validation SSL. 

 

Cara mudah untuk melihat sebuah website sudah memiliki sistem SSL atau belum, bisa dengan melihat alamat situs yang diakses apakah berawalan sudah HTTPS, dan bukan HTTP. Kemudian, di sebelah kiri alamat website, Anda bisa melihat ikon gembok warna hijau. Tak hanya itu, dalam tulisan HTTPS pada beberapa browser pun akan berwarna hijau. Sementara situs web yang belum terpasang SSL akan bertuliskan not secure atau tidak aman disertai simbol segitiga berisi tanda seru. 

 

  1. Selalu Update Web 

Cara kedua untuk meningkatkan keamanan website, Anda harus melakukan update secara berkala. Anda tentu sering melihat web sebuah perusahaan yang memuat profil, kelebihannya dibandingkan dengan kompetitor, dan fitur yang disediakan oleh mereka, namun dengan konten yang sudah lama tidak diperbarui atau sudah tidak relevan. Website ini memiliki keamanan yang rendah karena tidak dirawat dengan baik. 

 

Oleh sebab itu, sebaiknya perbaruilah halaman website yang Anda miliki secara rutin, sebab content management system (CMS) yang terpasang di situs web akan melakukan update sistem dalam kurun waktu tertentu. Jadi, jangan sampai terlewatkan supaya keamanan website Anda pun bisa terus meningkat kekuatannya dari waktu ke waktu.

 

 

  1. Gunakan Strong Password 

Untuk mengamankan digital marketing websites milik bisnis Anda, maka tidak cukup hanya menggunakan SSL dan rutin update konten saja. Anda juga harus memiliki password login yang kuat. Gunakanlah variasi huruf kapital dengan huruf kecil, kemudian disertai tanda baca dan juga angka. Ini adalah cara yang paling ampuh untuk mencegah password mudah ditebak oleh orang lain, utamanya oleh mereka yang memiliki niat tak baik. 

 

  1. Lakukan Backup Web Berkala

Tentu ada banyak sekali data dan informasi yang tersimpan dalam sebuah website, apalagi jika situs web tersebut dibuat untuk kepentingan bisnis. Itulah mengapa melakukan backup data secara berkala harus dibiasakan. 

 

Perlu Anda ingat, jangan dilakukan dalam server situs yang biasa Anda gunakan, sebab mudah juga untuk diretas. Lebih baik lakukan backup di tempat lain. Pilihlah salinan data secara manual, seperti menggunakan plugin UpdraftPlus jika Anda menggunakan Wordpress, sehingga tak terlacak dan juga lebih aman.

 

 

  1. Gunakan Jasa Hosting yang Terpercaya 

Jika 4 langkah sebelumnya masih membuat Anda khawatir tentang keamanan situs bisnis Anda. Maka untuk meningkatkan keamanan website, pilihlah jasa hosting yang tepat dan terpercaya. Meskipun memang pada saat ini ada banyak jasa hosting yang tersedia, tetapi yang terpercaya dan aman tentu harus ditelusuri lebih lanjut. 

 

Alangkah baiknya sebelum memutuskan hendak menggunakan jasa hosting yang mana, Anda lihat dulu review yang diberikan oleh konsumen sebelumnya. Apabila Anda menggunakan jasa hosting yang terjamin aman, maka kualitas web yang Anda miliki pun tentu baik, keamanannya juga memuaskan. Pengunjung pun tak akan segan untuk bertransaksi di sana. 

 

Demikian adalah 5 langkah mudah untuk meningkatkan keamanan website yang Anda miliki. Langkah-langkahnya terbilang sederhana, namun efeknya luar biasa bagi keberlangsungan halaman web yang Anda kelola. Untuk meningkatkannya, Anda bisa lakukan sendiri, atau menyewa tim ahli dari best digital agency yang terbiasa menangani sistem keamanan website supaya hasilnya lebih terjamin.