3 Cara Mengatasi Broken Link
Agar tidak kehilangan pengunjung dan membuat ranking website turun di mesin pencari, bahkan penurunan penjualan, hanya karena tautan yang rusak, sebaiknya lakukan pengecekan rutin dan perbaikan pada URL rusak.
Berikut cara mengatasi kerusakan URL akibat broken link:
1. Check URL atau Link
Dalam mengatasi link yang rusak, Anda perlu terlebih dahulu mencari informasi letak kesalahan dan kerusakan URL yang terjadi.
Untuk itu, lakukan pengecekan menggunakan Google Search Console, menggunakan plugin broken link checker di WordPress.org, atau tools khusus audit website, seperti moz.com, screaming frog, dan brokenlinkcheck.com.
Setelah tahu jumlah dan daftar dead link, maka mulailah melakukan perbaikan pada tahap selanjutnya.
2. Memperbaiki Link yang Rusak
Tautan yang rusak bisa terjadi karena adanya kesalahan penulisan atau terdapat update penyimpanan 404 oleh cache.
Karenanya, segera perbaiki tautan rusak tersebut satu persatu supaya tidak bertambah banyak dan tidak mengganggu performa situs web secara keseluruhan.
3. Hapus Tautan yang Rusak
Tidak menutup kemungkinan tautan yang rusak terjadi karena tautannya sudah tidak ada di mesin pencari. Misalnya halaman atau sumber daya yang diarahkan oleh tautan sudah dihapus secara permanen.
Dalam kasus di atas, jika dead link berasal dari luar website, Anda bisa menghapus URL. Sementara kalau yang rusak adalah internal link yang ada pada konten website, Anda bisa mengarahkannya ke halaman baru dengan melakukan redirection URL.
5 Cara Mengatasi URL 404
Broken link dan URL 404 adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan, sehingga saat Anda menemukan ada link yang mengalami kerusakan, pasti akan ada juga yang namanya URL 404.
Walau begitu, penyebab error 404 tidak selalu karena tautan yang rusak. Adapun cara mengatasi URL 404, yaitu:
1. Memperbaiki Link Rusak
Memperbaiki broken link akan turut membantu mengatasi pesan 404 Not Found yang bersumber dari server tidak dapat menemukan halaman, atau sumber daya yang diminta oleh pengguna.
Salah satu caranya, Anda bisa melakukan perbaikan dengan cara menghapus tautan yang tidak valid atau mengarahkannya ke halaman yang tepat.
Ini akan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, membantu menjaga reputasi, serta kinerja situs web di mata pengguna dan mesin pencari.
2. Redirect Halaman
Ketika melakukan perubahan alamat URL, Anda perlu melakukan redirect dari URL lama ke yang baru. Melakukan redirection akan membantu pengguna yang mengklik tautan yang rusak berpindah secara otomatis ke halaman atau sumber daya yang baru.
Selain dapat mencegah pengalaman pengguna yang buruk dan kelancaran crawling website oleh bot Google, pengalihan halaman juga membantu menjaga keterhubungan navigasi antar halaman pada situs web.