Dampak Negatif Broken Link dan Cara Memperbaikinya
Banyak pemilik website yang menyepelekan adanya broken link dan tidak segera melakukan perbaikan.
Padahal adanya tautan yang rusak bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan dan kinerja situs web. Berikut beberapa bahaya tersembunyi akibat broken link tidak segera diperbaiki:
1. Pengalaman Buruk Bagi Pengguna
Begitu tahu halaman tidak ada, biasanya audiens akan berpindah ke situs web lain, yang mungkin lebih mudah mereka akses.
Dampak fatal berikutnya, pengunjung yang beberapa kali masuk ke website Anda dan sering menemukan halaman 404 akan jera, sehingga tidak mau kembali lagi.
2. Terhambatnya Proses Crawling dan Indexing
Keberadaan broken link menjadi salah satu penyebab terhambatnya proses crawling dan indexing website oleh robot crawler.
Ini bisa memicu berkurangnya halaman yang diindeks dan berpotensi mengurangi visibilitas atau keterbacaan website pada search engine.
3. Penurunan Peringkat
Nah, ini pasti yang paling Anda takuti. Ketika terjadi penurunan peringkat situs di Search Engine Result Page (SERP), tingkat visibilitas website Anda pun jadi berkurang. Akibatnya, ada banyak peluang bagus juga yang bisa ikut hilang.
Salah satu faktor penentu yang membuat situs web bisa turun peringkat ya ada tidaknya broken link. Hal ini karena tautan yang rusak memberi sinyal kepada Google kalau situs web kurang berkualitas, tidak selalu update, atau kegagalan dalam proses crawling dan indexing.
4. Peluang Penjualan Jadi Hilang
Ya, dampak selanjutnya dari broken link yang tak segera dibersihkan bisa menyebabkan kerugian bisnis, terutama kalau broken link mengarah pada halaman produk atau layanan. Anda bisa kehilangan peluang menjual produk dan mendapatkan keuntungan.
5. Situs Web Jadi Tidak Kredibel
Dari 4 poin di atas, sudah jelas kalau broken link menimbulkan banyak dampak negatif bagi kinerja dan kredibilitas situs web bisnis.
Di saat yang sama, bisa pula mempengaruhi reputasi bisnis karena pelanggan menganggap website Anda tidak profesional atau tidak terawat.
Itulah kenapa Anda harus memeriksa setiap link halaman di dalam website secara berkala, sehingga performa website bisnis bisa tetap terjaga dengan baik.
Untuk perbaikannya, setiap link yang error mendapatkan treatment yang berbeda. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu memperbaiki atau melakukan penghapusan halaman secara permanen. Caranya bisa memanfaatkan fitur Google disavow yang ada di GSC.