Persaingan keyword sangat berpengaruh terhadap posisi website di mesin pencarian seperti Google. Short tail keyword memiliki persaingan yang sangat tinggi, sehingga akan sulit untuk mendapatkan pengunjung menggunakan keyword tersebut. Alternatif terbaiknya, tentu dengan menargetkan long tail keyword yang memiliki tingkat persaingan lebih ringan. Tujuan penggunaan long tail keyword tentu saja agar bisa mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencarian.

 

Keyword dengan jumlah kata yang panjang bisa menjadi pilihan untuk website Anda yang masih baru. Ini jauh lebih realistis dibandingkan menargetkan short tail keyword. Meskipun jumlah pencariannya lebih sedikit, tetapi pengunjung akan lebih tertarget nantinya. Jenis keyword ini cocok untuk website bisnis maupun blog secara umum.

 

Cara Mencari Long Tail Keyword dalam Teknik SEO

Untuk mencari long tail keyword, bisa menggunakan beberapa alat bantuan yang membantu Anda menganalisis persaingan, jumlah pencarian, dan menghasilkan banyak pilihan keyword. Beberapa alat bantuan tersebut, antara lain:

 

 

  1. Menggunakan Ubersuggest

Ubersuggest dikembangkan oleh Neil Patel yang merupakan pakar SEO terkenal di dunia. Dengan bantuan alat ini, Anda bisa menemukan Latent Semantic Indexing (LSI) dengan mudah, untuk kemudian dijadikan konten. Anda bisa menggunakannya secara gratis, tetapi jika ingin fitur lebih lengkap, bisa membeli paket premium. Banyak praktisi SEO yang juga menggunakan alat ini karena memang sangat membantu.

 

Untuk menemukan keyword yang sesuai, Anda hanya perlu memasukkan keyword utama dan memilih jenis bahasa. Selanjutnya, buka keyword ideas, lalu akan muncul banyak keyword turunan yang ditampilkan. Anda bisa mendapatkan data terkait volume pencarian, CPC, persaingan, dan yang lainnya. Bahasan yang lebih lengkap mengenai Ubersuggest bisa Anda baca di artikel berjudul Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Research Keyword.

 

  1. Menggunakan Fitur Pencarian Terkait

Fitur ini bisa Anda temukan saat mencari sesuatu melalui mesin pencarian Google. Lokasinya berada di bagian bawah hasil pencarian. Long tail keyword yang dihasilkan dari fitur ini bisa dikatakan berkualitas, mengingat hasil pencarian terkait direkomendasikan langsung oleh Google.

 

Cara mendapatkan keyword melalui fitur ini, Anda perlu terlebih dahulu mencari keyword utama melalui mesin pencarian. Setelah itu, lihat di bagian pencarian terkait. Beberapa hasil pencarian yang relevan akan ditampilkan dalam bentuk kata kunci yang lebih panjang. Nah, selanjutnya, kata kunci tersebut bisa Anda jadikan bahan untuk membuat konten. Menggunakan fitur pencarian terkait memungkinkan Anda mendapatkan keyword yang bisa memenangkan hasil pencarian.

 

 

  1. Menggunakan Google Keyword Planner

Alat keyword planner ini sebenarnya disediakan Google untuk para pengiklan. Namun, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari keyword dengan persaingan yang rendah. Alat ini sangat disarankan karena memberikan data yang akurat dan menyediakan lebih banyak rekomendasi keyword. Anda bisa menggunakannya secara gratis, tanpa perlu menjadi pengiklan Google ads.

 

Setelah masuk ke website-nya, Anda bisa langsung mencari keyword yang ditargetkan dengan mengetikkan keyword utama. Pilih keyword yang memiliki minimal 4 kata, dan pastikan terdapat pencarian pada keyword tersebut.

 

  1. Menggunakan Fitur Google Autocomplete

Google sebenarnya telah menyediakan berbagai fitur yang memudahkan Anda menemukan keyword, salah satunya Google autocomplete ini. Cara menggunakannya sangat mudah, yakni dengan mengetikkan keyword utama di kolom pencarian dan diikuti penambahan huruf untuk membuat saran pencarian muncul.

 

 

Contohnya, Anda mengetikkan keyword “game terbaik 2020”, kemudian diikuti dengan menambahkan huruf "a". Setelah itu, bisa dipastikan akan ada beberapa long tail keyword, seperti “game terbaik 2020 android” atau “game terbaik 2020 apps store” yang akan muncul. Cara ini sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan alat tambahan lainnya.

 

 

Bagaimana, mudah sekali, kan, mencari long tail keyword? Ini merupakan teknik SEO yang paling umum dilakukan. Banyak peluang untuk mendatangkan pengunjung ke website melalui keyword ini. Pastinya, lebih cocok digunakan untuk website yang baru.