Apa yang dimaksud dengan long tail keyword? Pengertian long tail keyword adalah kata kunci berbentuk frasa yang biasanya terdiri dari 3-5 kata berkaitan dengan topik atau kueri yang audiens gunakan.
Apa yang dimaksud dengan long tail keyword? Pengertian long tail keyword adalah kata kunci berbentuk frasa yang biasanya terdiri dari 3-5 kata berkaitan dengan topik atau kueri yang audiens gunakan.
Di artikel ini, Anda bisa mempelajari cara mencari long tail keyword dan strategi mengoptimalkan penggunaannya agar memenangkan hasil pencarian di SERP. Yuk, simak penjelasan lengkapnya.
Untuk mencari long tail keyword, Anda bisa menggunakan beberapa alat bantu untuk menganalisis persaingan, jumlah pencarian, dan menghasilkan banyak pilihan keyword. Beberapa alat bantuan tersebut, antara lain:
Ubersuggest dikembangkan oleh Neil Patel yang merupakan pakar SEO terkenal di dunia. Dengan bantuan alat ini, Anda bisa menemukan Latent Semantic Indexing (LSI) dengan mudah dan gratis.
Caranya, masukkan keyword atau kata kunci utama pada kotak pencarian. Kemudian pilih jenis bahasa > buka keyword ideas > dan selanjutkan akan tampil banyak keyword turunan.
Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan data terkait volume pencarian, CPC, persaingan, dan yang lainnya.
Bahasan yang lebih lengkap mengenai Ubersuggest bisa Anda baca di artikel berjudul Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Research Keyword.
Menggunakan fitur pencarian terkait memungkinkan Anda mendapatkan keyword yang bisa memenangkan hasil pencarian.
Fitur ini bisa Anda temukan saat mencari sesuatu melalui mesin pencarian Google. Lokasinya berada di bagian bawah hasil pencarian.
Nah, long tail keyword yang dihasilkan dari fitur ini bisa dikatakan berkualitas, mengingat hasil pencarian terkait direkomendasikan langsung oleh Google.
Cara mendapatkan kata kunci menggunakan fitur pencarian terkait, bisa mengikuti langkah berikut:
Memanfaatkan fitur pencarian terkait mirip dengan penggunaan People Also Ask. Yuk, pelajari lebih lanjut dengan membaca artikel ini: Optimasi Konten SEO Menggunakan People Also Ask.
Google keyword planner adalah tools riset keyword yang disediakan Google untuk para pengiklan. Menggunakan tools ini, Anda juga bisa lho mencari kata kunci dengan tingkat persaingan yang rendah.
Alat ini sangat disarankan karena memberikan data yang akurat, real time, sekaligus menyediakan lebih banyak rekomendasi keyword. Anda bisa menggunakannya secara gratis, tanpa perlu jadi pengiklan yang memasang iklan di Google ads.
Cara penggunaannya pun cukup mudah. Buat dulu akun di Google keyword planner, dan Anda pun bisa langsung melakukan riset dengan mengetikkan kata kunci utama.
Pilih kata kunci yang memiliki minimal 4 kata, dan pastikan memang ada jumlah volume pencarian yang lumayan banyak pada kata kunci tersebut.
Google sebenarnya telah menyediakan berbagai fitur yang memudahkan Anda menemukan keyword. Salah satunya adalah Google autocomplete.
Cara menggunakannya, Anda bisa langsung mengetikkan keyword utama di kolom pencarian dan diikuti penambahan huruf untuk membuat saran pencarian muncul.
Contohnya, Anda mengetikkan kata kunci “game terbaik 2020”. Lalu tambahkan satu huruf, misalnya huruf “a”.
Setelah itu, akan muncul beberapa rekomendasi long tail keyword, seperti “game terbaik 2020 android” atau “game terbaik 2020 apps store”. Cara ini sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan alat tambahan lainnya.
Sekarang, Anda sudah paham cara mencari long tail keyword, kan? Penggunaan jenis kata kunci panjang seperti ini merupakan teknik SEO yang paling umum dan banyak dilakukan praktisi SEO maupun marketer.
Ngomong-ngomong, pada salah satu penjelasan mengenai cara mencari long tail keyword di atas ada penggunaan UberSuggest. Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai Cara Menggunakan UberSuggest untuk Research Keyword Potensial.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC