2. Menggunakan Fitur Pencarian Terkait
Fitur ini bisa Anda temukan saat mencari sesuatu melalui mesin pencarian Google. Lokasinya berada di bagian bawah hasil pencarian.
Long tail keyword yang dihasilkan dari fitur ini bisa dikatakan berkualitas, mengingat hasil pencarian terkait direkomendasikan langsung oleh Google.
Cara mendapatkan keyword melalui fitur ini, ketik dulu keyword utama pada kotak pencarian yang terdapat di search engine.
Setelah itu, lihat di bagian pencarian terkait. Beberapa hasil pencarian yang relevan akan tampil dalam bentuk kata kunci yang lebih panjang. Kata kunci tersebut bisa Anda jadikan bahan untuk membuat konten.
Menggunakan fitur pencarian terkait memungkinkan Anda mendapatkan keyword yang bisa memenangkan hasil pencarian.
3. Menggunakan Google Keyword Planner
Google keyword planner adalah tools riset keyword yang disediakan Google untuk para pengiklan. Namun, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari kata kunci dengan tingkat persaingan yang rendah.
Alat ini sangat disarankan karena memberikan data yang akurat, real time, sekaligus menyediakan lebih banyak rekomendasi keyword.
Anda bisa menggunakannya secara gratis, tanpa perlu menjadi pengiklan Google ads. Cara penggunaannya pun cukup mudah.
Cukup buat akun di Google keyword planner, dan Anda pun bisa langsung melakukan riset dengan mengetikkan kata kunci utama. Pilih kata kunci yang memiliki minimal 4 kata, dan pastikan terdapat pencarian pada keyword tersebut.