Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah profil media sosialmu dapat dicari di Google? Tentu saja bisa.
Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah profil media sosialmu dapat dicari di Google? Tentu saja bisa.
Lebih dari 30% orang memilih platform media sosial sebagai mesin pencarian utama. Tak heran jika SEO media sosial masuk ke dalam percakapan pemasaran digital.
Sama seperti profesional SEO mengoptimalkan konten web untuk meningkatkan peringkat, traffic, dan konversi, merek juga harus melakukan hal yang sama dengan konten media sosial.
SEO dapat membantu konten dan merekmu muncul di hadapan pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada.
Ketahui terlebih dahulu siapa yang membeli produkmu, jenis orang yang sudah terlibat dengan kontenmu? Platform mana yang sudah mereka gunakan? Pergilah ke tempat di mana audiensmu berada dan bangun dari sana.
Pertanyaannya, bagaimana kamu memperkuat kehadiran merekmu dengan SEO media sosial? Yuk, simak bersama!
Kamu tidak dapat melacak upaya pemasaran SEO sosial tanpa menentukan tujuan yang dapat diukur.
Ini adalah key performance indicator (KPI). Namun, kamu tidak boleh terpaku hanya pada reach dan likes.
Kesuksesan SEO sosial dapat diukur dengan melacak traffic website dan konversi dari sosial organik, melakukan social listening, serta membuat laporan untuk menganalisis metrik penemuan.
Semrush memberikan beberapa wawasan tentang metrik penemuan tersebut:
Ingin peringkat lebih baik di SERP? Lebih banyak konversi? Brand awareness? Lalu lintas organik?Tentukan dengan jelas apa yang ingin kamu capai dan gunakan itu untuk menetapkan KPI-mu.
Ketika kamu menyertakan kata kunci relevan dalam konten media sosialmu, peluang muncul di hasil pencarian akan meningkat. Tapi di mana sebenarnya kamu bisa menemukan kata kunci?
Jika kamu memiliki profil bisnis di akun media sosialmu, maka seharusnya tidak sulit.
Hampir setiap situs media sosial memberikan akun bisnis alat analitik yang menyediakan wawasan berharga tentang kinerja kampanye, key metrics, inspirasi kreatif, dan fitur optimasi pencarian berbayar.
Semua alat dan fitur ini adalah sumber daya yang dikembangkan oleh platform untuk menyesuaikan dengan perilaku pengguna dalam beberapa tahun terakhir, karena pencarian beralih dari Google ke media sosial.
Fungsi pencarian juga membantumu menemukan kata kunci yang relevan:
Sebarkanlah kata kunci ke dalam keteranganmu, bukan di komentar. Kamu juga bisa menyebutkan kata kunci dalam konten video.
Ini membantu platform mengetahui tentang apa kontenmu, berkat transkripsi video dan teks tertutup.
Namun, gunakan kata kunci dengan hati-hati. Kamu tidak ingin mengorbankan keaslian atau terdengar terlalu robotik. Jangan gunakan 25 hashtag yang sama dalam satu paragraf besar berulang kali.
Konten yang performa baik di media sosial memiliki peluang lebih tinggi untuk ditemukan dan dihubungkan. Ini membantu kamu mendapatkan lebih banyak backlink.
Backlink memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa konten sosialmu berharga dan layak menduduki peringkat tinggi.
Semakin banyak backlink yang diterima akun media sosialmu, semakin terpercaya mesin pencari menganggapnya.
Bagikan link ke situsmu. Media sosial mungkin memiliki praktik SEO terbaiknya sendiri, tetapi juga dapat memainkan peran kunci dalam strategi SEO situsmu.
Pertama, bio. Anggaplah ini sebagai kartu bisnis virtual yang memberi gambaran tentang merekmu.
Sertakan detail perusahaan, nomor telepon, alamat (jika memiliki lokasi fisik), dan tentu saja, tautan ke halaman web relevan di situs merekmu.
Lalu masukkan link pada postingan media sosialmu, seperti di Twitter, Facebook, dan LinkedIn yang memperbolehkannya, tetapi Instagram dan TikTok tidak.
Masukkan panggilan tindakan (CTA) dalam keteranganmu yang mengarahkan audiens ke tautan terkait di biomu.
HootSuite telah menguji taktik ini dan menemukan bahwa akun Instagram yang melakukannya melihat lonjakan partisipasi sebesar 15-30%
Isi profil sosialmu sepenuhnya. Jadikan mereka seperti kata kunci dan mudah dipindai. Sertakan produk dan layanan di bagian “About” jika batasan karakter memungkinkan.
Cara lain untuk mengoptimalkan profil media sosialmu adalah:
Kamu mengoptimalkan situsmu dengan judul halaman dan kata kunci, bukan? Sebagai perpanjangan dari konten website, wajar jika profil media sosialmu mengikuti jejaknya.
Secara teknis, aksesibilitas bukanlah faktor peringkat karena sulit diukur. Meskipun demikian, konten yang dapat diakses biasanya memberikan sinyal pengalaman pengguna yang lebih kuat.
Ini terutama berlaku untuk konten di platform yang berorientasi video seperti TikTok dan YouTube. Jadi, bagaimana cara mencapainya di platform media sosialmu?
Tambahkan subtitle langsung ke video dan teks alternatif ke gambar. Ini tidak hanya meningkatkan aksesibilitas, tetapi membantu platform media sosial mengetahui persis tentang apa kontenmu dan siapa yang harus melihatnya.
Sebagian besar platform media sosial telah mengintegrasikan fitur aksesibilitas ke dalam platform mereka.
Video TikTok dan YouTube, misalnya, secara otomatis menghasilkan subtitle untuk semua konten video. Instagram juga memungkinkanmu untuk memasukkan teks alternatif untuk gambar yang dibagikan.
Interaksi adalah suatu keharusan untuk kehadiran media sosial yang kuat. Itulah cara merek seperti Wendy's membentuk pengikut fanatik di media sosial mereka.
Bergaul aktif dengan audiensmu. Jawab pertanyaan mereka, tanggapi, dan balas komentar mereka.
Fokus pada KPI engagement dapat meningkatkan SEO sosialmu karena platform menganggapnya sebagai tanda konten berkualitas.
Tapi jangan batasi interaksimu hanya pada audiensmu saja. Bangun hubungan dengan merek lain dalam niche kamu.
Ini menciptakan peluang besar untuk berbagi konten dan menautkan link satu sama lain. Selain itu, mention juga meningkatkan visibilitas dan awareness.
Dengan 75% orang beralih ke media sosial untuk riset merek, ini adalah jalur berharga untuk menunjukkan kepada audiens bahwa merekmu sesuai dengan hype.
Hal yang sama berlaku untuk pencipta konten. Mesin pencari sangat memperhatikan siapa yang membuat konten website.
Semakin sering kamu memberikan kredit pada pencipta kontenmu, semakin kredibel mesin pencari menganggap penulis dan kontenmu tersebut.
Konten yang berkualitas berpengaruh besar dalam menciptakan hasil SEO yang baik. Maka dari itu, ketahuilah Jenis Konten SEO yang Ampuh Menaikkan Page Rank di Mesin Pencari.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC