Dunia bisnis saat ini memang sudah berkembang sangat pesat. Hal tersebut merupakan dampak baik dari berkembangnya teknologi di dunia. Istilah mengenai bisnis digital mungkin sudah sering Anda dengar. Begitu pula dengan cara promosinya, yaitu digital marketing.

 

Biasanya, yang membuat suatu digital business dapat berhasil dalam penjualan adalah penggunaan dan penerapan strategi yang tepat. Nah, salah satu strategi yang bisa Anda gunakan dalam digital marketing yaitu menggunakan search engine, atau biasa disebut search engine marketing. Sebelum mencari tahu lebih lanjut penerapan search engine marketing, ada baiknya Anda paham dulu mengenai apa itu search engine

 

Apa Itu Search Engine?

Pengertian search engine sendiri merupakan program komputer yang dibuat untuk membantu pengguna menemukan informasi atau artikel yang sesuai dengan kata kunci yang Anda input ke kolom pencarian. Itulah mengapa, keyword merupakan hal yang sangat penting dalam pembuatan konten dan artikel. 

 

Cara kerja search engine, memiliki 3 tahapan, yaitu crawling, indexing, dan ranking. Pertama mesin pencari akan mengumpulkan konten dari web maupun platform online lainnya dan menyimpannya dalam database. Semua data kemudian dikelompokkan sesuai kategori. Terakhir, data akan diurutkan berdasarkan konten maupun artikel dengan hasil terbaik yang akan muncul di halaman pertama.

 

 

Pengertian dan Cara Kerja SEM

Anda sekarang sudah tahu mengenai pengertian mesin pencari dan cara kerjanya. Sekarang waktunya mencari tahu lebih banyak mengenai search engine marketing atau SEM. Untuk melakukan strategi digital marketing, Anda bisa menggunakan SEM atau search engine marketing. SEM ini merupakan kegiatan mengiklankan website di mesin pencari. 

 

Biasanya saat mencari informasi di Google. Anda akan menemukan dua bagian berbeda, yang pertama adalah artikel organik dan yang kedua adalah iklan website. Iklan itulah yang disebut dengan SEM. Lalu, bagaimana cara kerja SEM? 

 

Pertama Anda harus mendaftar terlebih dulu di Google atau Bing ads. Lalu, Anda bisa mengisi detail kampanyenya, seperti keyword, lokasi, dan anggaran yang dimiliki. Anda juga bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam mengelola dan menjalankan SEM, serta tahu bagaimana penerapan search engine marketing terbaik untuk bisnis Anda. Biasanya, digital marketing agency Jakarta ini juga memiliki tim yang spesialisasi dalam melakukan branding companies, local advertising, internet marketing strategies, internet marketing business, digital business, dan sebagainya.

 

Perlu diketahui, dalam hal ini mesin pencari akan melakukan pelelangan antara pengiklan yang menuju pada keyword yang sama. Jika iklan website Anda tampil, berarti Anda berhasil memenangkan lelang. Selanjutnya hanya tinggal memantau kinerja iklan tersebut, dan terakhir membayar sejumlah klik yang telah Anda dapatkan.

 

 

4 Manfaat SEM dalam Digital Marketing

Nah, jika Anda sudah paham mengenai SEM, lalu sebenarnya apa manfaat search engine marketing baik untuk bisnis Anda maupun dalam penerapan strategi digital marketing?

 

  1. Biaya yang Terjangkau

Bagi Anda yang baru mulai menggunakan SEM tidak perlu khawatir. Untuk memulai iklan di mesin pencari tidak membutuhkan dana yang banyak, karena justru bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Selain itu juga terdapat pilihan paket yang beragam.

 

Anda yang memiliki budget terbatas, bisa memilih paket menengah. Jika memiliki budget lebih banyak, dapat memilih paket yang mahal. Karena semakin mahal harganya tentu performa yang didapat juga lebih bagus.

 

  1. Menjangkau Target dengan Mudah

SEM merupakan iklan yang sangat efektif. Mengapa? Karena iklan tersebut akan menjangkau konsumen dengan tepat. Saat pengguna memasukan kata kunci, pasti mereka antara ingin mencari info atau membeli produk tersebut. Nah, jika memang berniat membeli dan muncul iklannya, berarti sudah tepat, kan?

 

Ini artinya, iklan sudah berhasil menjangkau target atau pasarnya. Tinggal selanjutnya pengguna mencari tahu lebih banyak mengenai produk dan mengambil keputusan untuk melakukan konversi. 

 

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu manfaat search engine marketing, yaitu produk akan semakin mudah dikenali oleh orang banyak. Hal ini berkaitan dengan behaviour dan customer journey yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu. Semakin Anda mengenali pola perilaku pelanggan Anda, maka akan menjadi semakin mudah bagi Anda melakukan penargetan iklan. Jika penargetan tepat, maka saat pengguna menginputkan kata kunci yang menuju bisnis Anda maka otomatis iklan tersebut akan muncul.

 

Nah, walaupun pengguna belum berniat beli, tetapi setidaknya mereka menjadi tahu bahwa terdapat brand dari bisnis Anda lengkap dengan berbagai produk maupun yang Anda miliki. Ini tentu saja meningkatkan brand awareness. Semakin kuat brand awareness yang Anda berhasil bangun, semakin lekat merek Anda dalam ingatan pengguna. Kelak, ketika mereka membutuhkannya, mereka tak segan untuk langsung membeli produk dari brand Anda.

 

 

  1. Meningkatkan Conversion Rate

Tujuan dari SEM tidak jauh berbeda dengan SEO, yaitu mendorong conversion rate agar semakin meningkat. Jika penggunaan teknik SEO hanya sebatas mendapatkan organic traffic dari kata kunci yang relevan, maka berbeda dengan SEM.

 

Dengan SEM, jangkauannya lebih luas lagi. Anda dapat menargetkan kata kunci dengan lebih spesifik dan ditujukan untuk pengguna yang ingin membeli produk Anda. Hal tersebut tentu akan semakin menaikkan conversion rate website Anda. 

 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda dapatkan apabila memanfaatkan search engine untuk digital marketing pada bisnis Anda.