MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Memanfaatkan Search Engine untuk Strategi Digital Marketing

03 May  · 
2 min read
 · 
eye 3.423  
SEO & SEM

redcomm

Apa yang dimaksud dengan Search Engine Marketing (SEM)? Search Engine Marketing adalah bentuk pemasaran yang berupaya meningkatkan visibilitas website di mesin pencari dengan cara berpromosi melalui pemasangan iklan di Google ads. Yuk, baca di artikel ini, pengertian, manfaat, dan cara meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.

Apa yang Dimaksud dengan Search Engine Marketing?

Search Engine Marketing adalah strategi pemasaran menggunakan iklan berbayar sehingga website muncul di halaman hasil pencarian (SERP). 

Nah, cara kerjanya, Anda perlu melakukan bid atau penawaran harga untuk kueri tertentu yang banyak digunakan pengguna layanan mesin pencari, seperti Google atau Bing.

Nanti saat ada pengguna internet yang mengetikkan kueri tersebut di kolom pencarian, maka iklan Anda berpeluang lebih besar muncul di pencarian. Tandanya mudah dikenali, yaitu ada tulisan “ads” atau “iklan” di sebelah website yang muncul di SERP. 

Jenis iklan berbayar ini dikenal dengan nama iklan Pay Per Click (PPC). Artinya, Anda baru membayar biaya iklan jika ada audiens yang melakukan klik pada URL website Anda.


Beberapa format umum dari iklan berbayar antara lain, iklan teks, iklan dengan berbagai ukuran, iklan belanja berupa foto produk, dan sebagainya. Anda bisa menentukan sendiri format iklan sesuai kebutuhan promosi dan pemasaran yang sedang Anda lakukan. 

5 Manfaat SEM dalam Digital Marketing

Meski berbayar, biaya iklan SEM cukup sepadan dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Lanjutkan membaca untuk tahu apa saja manfaat menggunakan Search Engine Marketing (SEM) dalam penerapan strategi digital marketing.

1. Biaya yang Terjangkau

Bagi Anda yang baru mulai menggunakan SEM dan memiliki budget iklan yang terbatas tidak perlu khawatir. 

Untuk memulai iklan di mesin pencari tidak membutuhkan dana yang banyak, karena bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Selain itu juga terdapat pilihan paket yang beragam.

Jika dana terbatas, Anda bisa menarget kata kunci yang paling relevan saja dengan kebutuhan dan buat perencanaan budget kampanye yang efektif. Jangan lupa, lakukan evaluasi hasilnya agar kelak bisa melakukan perbaikan perencanaan iklan.

Sementara untuk pemilik budget yang lebih banyak, Anda bisa memilih paket yang mahal dengan keyword yang memiliki tingkat persaingan tinggi. Semakin mahal harga iklan tentu performa yang didapat juga lebih bagus.

2. Memungkinkan Anda Menentukan Target Audiens Secara Lebih Spesifik

Iklan yang bagus adalah iklan yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Iklan seperti ini jelas berpotensi besar mendapatkan klik dan traffic

Nah, Search Engine Marketing atau SEM memungkinkan Anda menentukan target audiens secara lebih spesifik. Misalnya berdasarkan lokasi audiens berada, usia, gender, jadwal mereka mengakses internet, behavior pencarian mereka di internet, dan sebagainya.

3. Membangun Brand Awareness

Manfaat lain Search Engine Marketing adalah produk akan semakin mudah dikenali oleh orang banyak. Hal ini berkaitan dengan behaviour dan customer journey audiens yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu di Google Analytics. 

Semakin mengenali pola perilaku pelanggan, maka akan semakin mudah bagi Anda melakukan penargetan iklan, dan peluang audiens melakukan klik pada iklan juga lebih besar. 

Di saat yang sama, ini cara terbaik untuk membangun brand awareness. Sebab, saat audiens mencari informasi tertentu, kemudian menemukan website Anda di SERP, mereka pun jadi kenal dengan brand bisnis Anda, termasuk produk dan layanan jasa yang ditawarkan. 

Semakin kuat brand awareness yang berhasil dibangun, semakin lekat merek Anda dalam ingatan pengguna. Kelak, ketika membutuhkannya, mereka tak segan untuk langsung membeli produk dari brand Anda.

4. Meningkatkan Conversion Rate

Tujuan dari SEM tidak jauh berbeda dengan SEO, yaitu mendorong peningkatan conversion rate. Jika penggunaan teknik SEO hanya sebatas mendapatkan organic traffic dari kata kunci yang relevan, berbeda dengan SEM.

Dengan SEM, jangkauan iklan jadi lebih luas. Anda dapat menargetkan kata kunci dengan lebih spesifik dan ditujukan untuk pengguna yang (mungkin saja) sedang mencari produk tertentu. Kebetulan produk Anda sesuai kebutuhan mereka. Nah, inilah yang kemudian berpotensi meningkatkan conversion rate

5. Hasil Lebih Cepat

Jika penerapan strategi SEO membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa mendapatkan impresi sesuai yang Anda inginkan, maka SEM menjadi cara cepat yang membuat website Anda mudah ditemukan audiens.

Cara Memanfaatkan Search Engine Marketing untuk Penerapan Strategi Digital Marketing

Anda sekarang sudah tahu mengenai pengertian SEM, cara kerjanya, dan manfaatnya. Sekarang waktunya mencari tahu lebih banyak mengenai cara memanfaatkan SEM untuk promosi dan pemasaran, termasuk meningkatkan visibilitas website di SERP. 

Biasanya saat mencari informasi di Google. Anda akan menemukan dua bagian berbeda, yang pertama adalah artikel organik dan yang kedua adalah iklan website. Iklan itulah yang disebut dengan SEM. 

Untuk bisa menerapkan SEM, Anda harus mendaftar terlebih dulu di Google ads atau Bing ads. Lalu, Anda bisa mengisi detail kampanye, seperti keyword, lokasi, dan anggaran yang dimiliki.

Kemudian, Anda perlu melakukan bid atau penawaran kata kunci tertentu dengan pengiklan lain. Biasanya yang bid-nya paling tinggi sudah tentu mendapatkan posisi teratas. 

Bisa diartikan, jika iklan website Anda tampil di halaman hasil pencarian, berarti Anda berhasil memenangkan lelang. Selanjutnya hanya tinggal memantau kinerja iklan, dan terakhir membayar sejumlah klik yang telah Anda dapatkan.

Cara lain yang lebih praktis, Anda bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam mengelola dan menjalankan SEM, serta tahu bagaimana penerapan Search Engine Marketing terbaik untuk bisnis Anda.

 

Setelah paham mengenai alasan perlunya memanfaatkan Search Engine Marketing untuk penerapan strategi digital marketing, ada baiknya Anda juga mencari tahu tentang beda SEO dan SEM. Untuk itu, lanjutkan membaca ke artikel berikutnya, yuk: Memahami Beda SEO dan SEM.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC