Meski berbayar, biaya iklan SEM cukup sepadan dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Lanjutkan membaca untuk tahu apa saja manfaat menggunakan Search Engine Marketing (SEM) dalam penerapan strategi digital marketing.
1. Biaya yang Terjangkau
Bagi Anda yang baru mulai menggunakan SEM dan memiliki budget iklan yang terbatas tidak perlu khawatir.
Untuk memulai iklan di mesin pencari tidak membutuhkan dana yang banyak, karena bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Selain itu juga terdapat pilihan paket yang beragam.
Jika dana terbatas, Anda bisa menarget kata kunci yang paling relevan saja dengan kebutuhan dan buat perencanaan budget kampanye yang efektif. Jangan lupa, lakukan evaluasi hasilnya agar kelak bisa melakukan perbaikan perencanaan iklan.
Sementara untuk pemilik budget yang lebih banyak, Anda bisa memilih paket yang mahal dengan keyword yang memiliki tingkat persaingan tinggi. Semakin mahal harga iklan tentu performa yang didapat juga lebih bagus.
2. Memungkinkan Anda Menentukan Target Audiens Secara Lebih Spesifik
Iklan yang bagus adalah iklan yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Iklan seperti ini jelas berpotensi besar mendapatkan klik dan traffic.
Nah, Search Engine Marketing atau SEM memungkinkan Anda menentukan target audiens secara lebih spesifik. Misalnya berdasarkan lokasi audiens berada, usia, gender, jadwal mereka mengakses internet, behavior pencarian mereka di internet, dan sebagainya.
3. Membangun Brand Awareness
Manfaat lain Search Engine Marketing adalah produk akan semakin mudah dikenali oleh orang banyak. Hal ini berkaitan dengan behaviour dan customer journey audiens yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu di Google Analytics.
Semakin mengenali pola perilaku pelanggan, maka akan semakin mudah bagi Anda melakukan penargetan iklan, dan peluang audiens melakukan klik pada iklan juga lebih besar.
Di saat yang sama, ini cara terbaik untuk membangun brand awareness. Sebab, saat audiens mencari informasi tertentu, kemudian menemukan website Anda di SERP, mereka pun jadi kenal dengan brand bisnis Anda, termasuk produk dan layanan jasa yang ditawarkan.
Semakin kuat brand awareness yang berhasil dibangun, semakin lekat merek Anda dalam ingatan pengguna. Kelak, ketika membutuhkannya, mereka tak segan untuk langsung membeli produk dari brand Anda.