Sebagai pemilik bisnis online yang bergerak di dunia digital marketing, istilah Key Opinion Leader (KOL) mungkin sudah sering Anda dengar, namun belum memahami betul manfaat kehadiran mereka untuk membangun brand awareness bisnis Anda. Oleh karena itu, Redcomm kali ini akan mengajak Anda membahas mengenai cara memanfaatkan kehadiran KOL untuk membangun brand awareness.

 

Key Opinion Leader adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan ataupun keahlian khusus di suatu bidang. Sederhananya, KOL merupakan seorang ahli di bidang tertentu yang pendapatnya dinilai valid atau dipercaya oleh banyak orang, sehingga informasi atau pendapat yang disampaikannya akan didengarkan oleh masyarakat yang jangkauannya lebih luas, terutama yang menjadi pengikut setia KOL tersebut.

 

Karena keahlian yang dimilikinya itulah, KOL bisa mempengaruhi pendapat konsumen terhadap suatu layanan maupun produk. Menariknya, KOL tidak hanya aktif di media sosial. Beberapa di antaranya justru lebih aktif di dunia nyata. Namun tentu saja tidak menutup kemungkinan jika seorang Key Opinion Leader juga aktif di salah satu platform media sosial dan memiliki banyak pengikut.

 

 

Cara Memilih  Key Opinion Leader (KOL)

Ada banyak KOL yang berprofesi sesuai dengan bidang keahliannya, seperti sebagai chef ternama, dokter spesialis, praktisi di bidang tertentu, dan sebagainya. Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu latar belakang, profesi, dan keahlian dari KOL, kemudian menentukan apakah sesuai dengan produk dan brand Anda, baru selanjutnya menentukan kemungkinan memilih KOL tersebut untuk diajak bekerja sama dalam membangun brand awareness bisnis Anda

 

Jika Anda sebagai pemilik bisnis sudah menemukan seseorang yang dimaksud, lihat juga sepak terjangnya. Apakah bisa memberikan dampak positif bagi bisnis Anda atau justru sebaliknya. Intinya, dalam proses pemilihan KOL yang hendak diajak bekerja sama, baik ketika Anda dibantu oleh best digital agency Jakarta maupun oleh tim internal perusahaan, Anda tetap harus ikut terlibat, termasuk menentukan konten seperti apa yang ingin dipromosikan oleh KOL yang sudah dipilih, dan media atau platform apa yang hendak digunakan dalam penerapan strategi promosi, apakah lewat Facebook, Youtube, Instagram atau yang lain.

 

Poin penting yang perlu diingat, KOL merupakan perantara antara konsumen yang disasar dengan pihak brand. Jadi ketepatan dan kualitas konten tetap menjadi yang utama, baik berupa gambar, video atau konten dalam bentuk lain. 

 

Beberapa Manfaat Menggunakan KOL

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan KOL untuk bisnis Anda, yaitu:

 

 

  1. Membangun Branding 

Perkembangan dunia marketing memang telah berubah, dari yang sebelumnya masih konvensional, kini menjadi serba online. Potensi pemasaran sebuah produk kini bisa dilakukan melalui media sosial dengan menggunakan jasa orang terkenal yang memiliki banyak pengikut. Dengan bekerja sama melakukan promosi dengan para KOL, masyarakat luas akan lebih mengenal merek atau produk yang Anda tawarkan.

 

  1. Meningkatkan Profit

Strategi pemasaran yang umum dilakukan pebisnis saat ini adalah dengan menggandeng KOL yang rata-rata merupakan sosok sangat terkenal, idola, inspiratif, dan profesional. Dengan promosi lewat media sosial mereka, banyak yang penasaran dengan produk atau layanan yang mereka gunakan. Jika itu adalah layanan atau produk Anda, tentu akan memberikan keuntungan tersendiri, terutama dalam hal penjualan. Efek positif berikutnya, profit bisnis Anda pun bisa mengalami peningkatan. 

 

  1. Strategi Memenangkan Persaingan

Setiap brand mau tidak mau harus bisa mengatur strategi pemasarannya. Jika tidak, maka brand tersebut akan tertinggal oleh kompetitor. Persaingan yang ketat antar penjual saat ini memang tidak bisa dihindari. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis, maka tidak ada salahnya Anda bekerja sama  dengan KOL dalam hal promosi dan pemasaran.

 

 

  1. Menggaet Konsumen Baru

Ada kalanya brand yang baru berdiri belum dikenal banyak orang, sehingga media sosial yang menjadi official brand masih sedikit pengikutnya. Dengan strategi menghadirkan seorang Key Opinion Leader, akan membuat masyarakat lebih penasaran dan tertarik untuk mengetahui tentang brand tersebut. 

 

Sebenarnya istilah Key Opinion Leader ini berbeda dengan selebgram di media sosial. Perbedaan tersebut terletak pada keterampilan yang sesuai dengan bidang yang diminati. Maka, sebuah brand harus bisa memastikan sosok yang dicari adalah orang yang tepat untuk media promosi produk atau layanan yang dimiliki. Jangan sampai maksud hati ingin bekerja sama dengan KOL, tetapi Anda malah memilih selebgram. Agar tak salah pilih, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan social media and digital marketing agency.