Sebagai pemilik bisnis online yang bergerak di dunia digital marketing, istilah Key Opinion Leader (KOL) mungkin sudah sering Anda dengar. Nah, Redcomm kali ini akan mengajak Anda membahas mengenai cara memanfaatkan kehadiran KOL untuk membangun brand awareness. Langsung baca, yuk.
Apa Itu Key Opinion Leader (KOL)?
Key Opinion Leader adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan maupun keahlian khusus di suatu bidang. Sederhananya, KOL adalah seorang ahli di bidang tertentu yang pendapatnya dinilai valid atau dipercaya oleh banyak orang.
Karena keahlian yang dimilikinya itulah, KOL bisa mempengaruhi pendapat konsumen terhadap suatu layanan maupun produk.
Artinya, informasi atau pendapat yang disampaikan KOL akan didengarkan oleh masyarakat yang jangkauannya lebih luas, terutama yang menjadi pengikut setia KOL tersebut. Menariknya, KOL tidak hanya aktif di media sosial.
Beberapa di antaranya justru lebih aktif di dunia nyata. Namun tentu saja tidak menutup kemungkinan jika seorang Key Opinion Leader juga aktif di salah satu platform media sosial dan memiliki banyak pengikut.
Cara Memilih Key Opinion Leader (KOL)
Ada banyak KOL yang berprofesi sesuai dengan bidang keahliannya, seperti sebagai chef ternama, dokter spesialis, praktisi di bidang tertentu, dan sebagainya. Beberapa cara memilih KOL yang bisa Anda ikuti, antara lain:
- Cari tahu terlebih dahulu latar belakang, profesi, dan keahlian dari KOL.
- Lihat dan tentukan apakah latar belakang dan keahlian KOL sesuai dengan produk dan brand Anda.
- Cari informasi sebanyak mungkin mengenai KOL sebelum memutuskan untuk mengajaknya bekerja sama. Lihat juga sepak terjangnya. Apakah bisa memberikan dampak positif bagi bisnis Anda atau justru sebaliknya.
Dalam proses pemilihan KOL, baik ketika Anda dibantu oleh best digital agency Jakarta maupun oleh tim internal perusahaan, Anda tetap harus ikut terlibat. Termasuk menentukan konten seperti apa yang ingin dipromosikan oleh KOL yang sudah dipilih.
Cari tahu juga media atau platform apa yang hendak digunakan dalam penerapan strategi promosi, apakah lewat Facebook, Youtube, Instagram atau yang lain.
Poin penting yang perlu diingat, KOL adalah perantara antara konsumen yang disasar dengan pihak brand. Jadi ketepatan dan kualitas konten tetap menjadi yang utama, baik berupa gambar, video atau konten dalam bentuk lain.