knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Memanfaatkan Kehadiran KOL untuk Membangun Brand Awareness

21 Aug  · 
3 min read
 · 
eye 156.800  
Influencer / KOL Management

Memanfaatkan Kehadiran Kol

Sebagai pemilik bisnis online yang bergerak di dunia digital marketing, istilah Key Opinion Leader (KOL) mungkin sudah sering Anda dengar. 

Kehadiran KOL tidak hanya menjadi tren, tetapi juga menjadi kekuatan besar dalam membangun brand awareness

Nah, Redcomm kali ini akan mengajak Anda membahas mengenai cara memanfaatkan kehadiran KOL untuk membangun kesadaran merek dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda agar bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan. Langsung baca, yuk.

Apa Itu Key Opinion Leader (KOL)?

Key Opinion Leader adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan maupun keahlian khusus di suatu bidang. 

Sederhananya, KOL adalah seorang ahli di bidang tertentu yang pendapatnya dinilai valid atau dipercaya oleh banyak orang.

Dengan keahlian tersebut, KOL bisa mempengaruhi pendapat konsumen terhadap suatu layanan maupun produk. 

Artinya, informasi atau pendapat yang disampaikan KOL akan didengarkan oleh masyarakat yang jangkauannya lebih luas, terutama yang menjadi pengikut setia KOL. 

Menariknya, KOL tidak hanya aktif di media sosial. Beberapa di antaranya justru lebih aktif di dunia nyata. 

Namun tentu saja tidak menutup kemungkinan jika seorang Key Opinion Leader juga aktif di salah satu platform media sosial dan memiliki banyak pengikut. 

Cara Memilih Key Opinion Leader (KOL)

Ada banyak KOL yang berprofesi sesuai dengan bidang keahliannya, seperti sebagai chef ternama, dokter spesialis, praktisi di bidang tertentu, dan sebagainya. 

Beberapa cara memilih KOL yang bisa Anda ikuti, antara lain:

1. Cari Tahu Relevansi KOL dengan Target Audiens

Apakah produk yang Anda tawarkan relevan dengan audiens KOL? 

Adanya relevansi antara kedua hal tersebut memungkinkan pesan brand yang ingin Anda sampaikan jadi lebih efektif dan tepat sasaran.

2. Pilih KOL yang Kredibel & Terpercaya

Cari informasi sebanyak mungkin mengenai KOL sebelum memutuskan mengajaknya bekerja sama. Pilih KOL dengan reputasi yang baik dan dihormati dalam industri tertentu.

Kepercayaan dari audiens kepada KOL memiliki pengaruh besar terhadap cara konsumen menerima pesan promosi lho. 

Jika KOL yang Anda ajak bekerja sama punya reputasi yang baik tentunya promosi yang Anda lakukan berpeluang mencapai sukses.

3. Perhatikan Engagement dan Interaksi

Ingat, semakin tinggi tingkat engagement, semakin besar pula peluang pesan promosi Anda menjangkau lebih banyak orang. 

Kalau hal ini yang terjadi, tentunya konsumen juga akan merespons dengan positif digital campaign yang Anda selenggarakan bersama KOL.

Dalam proses pemilihan KOL, baik ketika Anda dibantu oleh digital agency Jakarta maupun oleh tim internal perusahaan, Anda tetap harus ikut terlibat. 

Termasuk menentukan konten seperti apa yang ingin dipromosikan oleh KOL yang sudah Anda pilih.

Cari tahu juga media atau platform apa yang hendak digunakan dalam penerapan strategi promosi. Apakah menggunakan media sosial Facebook, YouTube, Instagram, TikTok, atau yang lain.

Poin penting yang perlu Anda ingat, KOL adalah perantara antara konsumen yang menjadi target pemasaran dengan pihak brand

Jadi ketepatan dan kualitas konten tetap menjadi yang utama, baik berupa gambar, video atau konten dalam bentuk lain.

Beberapa Manfaat Menggunakan KOL

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika bekerja sama dengan KOL untuk mempromosikan bisnis, antara lain:

1. Membangun Branding 

Perkembangan dunia marketing memang telah berubah, dari yang sebelumnya masih konvensional, kini menjadi serba online

Potensi pemasaran produk pun saat ini sudah bisa Anda lakukan melalui media sosial dengan menggunakan jasa orang terkenal yang memiliki banyak pengikut. 

Dengan bekerja sama melakukan promosi dengan para KOL, masyarakat luas akan lebih mengenal merek atau produk yang Anda tawarkan. 

Ini cara terbaik untuk membangun branding produk dan bisnis dengan cara yang efektif dan cepat.

2. Meningkatkan Profit

Strategi pemasaran yang umum saat ini adalah dengan menggandeng KOL yang rata-rata merupakan sosok terkenal, idola, inspiratif, dan profesional. 

Dengan promosi lewat media sosial mereka, banyak yang penasaran dengan produk atau layanan yang KOL gunakan. 

Kerjasama dengan KOL tidak hanya memberikan eksposur yang luas, tetapi juga bisa menciptakan daya tarik khusus bagi konsumen lho. 

Artinya, strategi ini tidak hanya akan berdampak pada meningkatkan angka penjualan, tetapi juga memperkuat citra merek di mata masyarakat. 

Jika itu adalah layanan atau produk Anda, tentu akan memberikan keuntungan tersendiri, terutama dalam hal penjualan. 

Efek positif berikutnya, profit bisnis Anda pun bisa mengalami peningkatan.

3. Strategi Memenangkan Persaingan

Setiap brand mau tidak mau harus bisa mengatur strategi pemasarannya. Jika tidak, maka brand tersebut akan tertinggal oleh kompetitor. 

Persaingan yang ketat antar penjual saat ini memang tidak bisa dihindari. 

Jika ingin mengembangkan bisnis, maka tidak ada salahnya Anda bekerja sama dengan KOL dalam hal promosi dan pemasaran.

Mengapa demikian? Karena KOL memiliki pengaruh yang signifikan di kalangan konsumen dan dapat membantu brand mencapai visibilitas yang lebih besar.

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu paham kalau brand tidak hanya mengandalkan strategi pemasaran konvensional, tetapi juga mempertimbangkan kemitraan dengan individu atau komunitas yang memiliki daya tarik khusus untuk menjangkau target market yang lebih luas.

4. Mendapatkan Konsumen Baru

Adakalanya brand yang baru berdiri belum dikenal banyak orang, sehingga media sosial yang menjadi official brand masih sedikit pengikutnya. Ini tentu sangat disayangkan. 

Nah, supaya followers di akun media sosial bisnis Anda mengalami peningkatan, bekerja sama saja dengan Key Opinion Leader.

Misalnya, Anda bisa menghadirkan live session di media sosial brand, membuat konten bareng KOL, dan masih banyak lagi. 

Dengan cara ini, masyarakat jadi penasaran dan akhirnya mencari tahu lebih banyak mengenai brand Anda. 

Sebenarnya, istilah Key Opinion Leader berbeda dengan selebgram di media sosial. Perbedaan tersebut terletak pada keterampilan personal KOL dan selebgram. 

Itulah sebabnya, Anda perlu memastikan sosok seperti apa yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda. Jangan sampai maksud hati ingin bekerja sama dengan KOL, tetapi malah memilih selebgram. 


Agar tak salah pilih, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan social media and digital marketing agency di Jakarta atau di kota besar lain di Indonesia. Bisa pula berkonsultasi dengan KOL management. Cek di sini penjelasan lengkap mengenai KOL Management Itu Apa dan Di Mana Bisa Mendapatkannya?

Selain memanfaatkan kehadiran KOL untuk membangun brand awareness, Anda juga bisa memanfaatkan Podcast. Yuk pelajari caranya di sini: Memanfaatkan Podcast untuk Meningkatkan Brand Awareness.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER