5 Cara Meningkatkan Follower Instagram Terbaru

Read Time: 3 min

CATEGORY:

Social Media


SHARE:

FACEBOOK

TWITTER


RATING:

Memiliki banyak follower merupakan impian pengguna Instagram, baik pengguna personal maupun untuk kebutuhan media promosi online. Sayangnya, meningkatkan jumlah pengikut di Instagram memang gampang-gampang susah. Kadang ada yang sudah melakukan berbagai upaya dan cara meningkatkan follower Instagram, tetapi tidak kunjung membuahkan hasil.

 

Jalan pintas yang kemudian banyak dilakukan adalah dengan membeli follower. Kenaikannya cepat sesuai keinginan, namun kesenangan memiliki jumlah pengikut yang banyak dari hasil membeli follower tak akan bertahan lama. Perlahan tapi pasti, Instagram akan menghapus akun-akun bot yang melanggar kebijakan. Skenario terburuk, akun kena banned atau suspended dan harus mengulang lagi dari awal.

 

Jadi, apa yang harus dilakukan agar akun Instagram yang digunakan bisa memiliki follower yang banyak?

 

5 Cara Meningkatkan Follower Instagram Terbaru

 

 

1. Konten yang Berkualitas

Hal pertama yang harus Anda lakukan tentu meningkatkan kualitas konten untuk diposting di akun Instagram. Jangan malas merencanakan konten yang akan dibuat dan alangkah baiknya menyiapkan digital planner khusus untuk konten. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan konten dengan personal brand yang Anda miliki.

 

Konten yang berkualitas, menarik secara visual, dan informatif, secara otomatis membuat pengunjung menekan tombol follow. Hal ini bisa meningkatkan jumlah follower di Instagram secara organik.

 

2. Tulis Caption Lebih Panjang

Salah satu cara yang mungkin tidak diketahui orang banyak adalah Anda perlu menaruh lebih banyak perhatian pada caption. Dalam membuat caption, Anda bisa menceritakan sesuatu yang memang bidang Anda. Untuk itu, tak ada salahnya Anda belajar Instagram marketing dan storytelling untuk Instagram.

 

Dengan menulis lebih banyak kata pada caption, Anda mengungkapkan lebih banyak hal pada pengguna lain. Biarkan mereka mengenal Anda, apa yang Anda kerjakan, dan pemikiran-pemikiran Anda. Ketika Anda dapat membagikan lebih banyak hal, hubungan yang lebih kuat akan terbentuk antara Anda dengan para pengikut di Instagram.

 

Jangan lupa, selain menulis caption, Anda juga perlu mengisi bagian tag teman, tandai lokasi, dan bagikan ke sosial media lain. Optimasi semuanya supaya Anda mendapat hasil pencarian yang lebih baik. 

 

 

3. Buat Serial Video IGTV

Konten video adalah format yang paling laku di era ini. Saat Instagram meluncurkan IGTV pada tahun 2018, secara tidak langsung menyempurnakan kualitas platform. Video yang dulunya hanya bisa dibagikan dengan durasi di bawah satu menit, kini durasinya bisa sampai 60 menit..

 

Kalau Anda bisa memanfaatkan fitur video IGTV, Anda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menggaet lebih banyak pengguna. Serial video gratis yang dibagikan dapat ditemukan oleh pengguna yang bahkan bukan follower, sehingga membuka peluang baru untuk menambah jumlah pengikut baru.

 

4. Perlakukan Profil Instagram seperti Halaman Website 

Penting untuk menata bagian profil menjadi lebih menarik dan mendeskripsikan Anda sebagai pemiliknya. Pemilihan foto profil, nama, biodata, dan alamat website hendaknya diisi sehingga memberi impresi yang baik kepada pengunjung. Perlakukan akun Instagram tersebut seperti Anda mengelola website, tapi dalam versi yang lebih ringkas.

 

5. Perbanyak Interaksi

Instagram adalah platform sosial media. Oleh karena itu, sudah sewajarnya Anda berkomunikasi dan bersosialisasi dengan pengguna lain. Mulailah dengan memberi like pada foto-foto yang berhubungan dengan topik profil atau kesesuaian dengan brand maupun produk yang sedang Anda promosikan. Sering-sering meninggalkan komentar di bawah postingan feed atau Instastory pengguna lain. Beritahu kalau mereka melakukan hal yang bagus dan bagikan pendapat tulus Anda mengenai postingan tersebut.

 

 

Jika memungkinkan, bergabunglah dengan blogger atau influencer yang ada di Instagram. Bergabung dalam komunitas akan membantu menaikkan follower secara organik dengan cepat. Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan social media management yang nantinya akan menghubungkan Anda dengan para influencer yang tepat untuk diajak bekerja sama. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan follower yang lebih banyak sekaligus meningkatkan keberadaan brand dan produk Anda. 

 

Perhatikan tata letak dan penampilan keseluruhan dari profil Anda. Jangan lupa memposting secara konsisten dan terapkan creative social media yang paling cocok untuk Anda terapkan.

PREV
NEXT