Campaign di Instagram menjadi salah satu cara promosi yang dilakukan oleh banyak brand, seiring dengan pertumbuhan pengguna Instagram yang semakin meningkat. Aplikasi berbagi yang berfokus pada konten visual ciptaan Kevin Systrom ini bahkan menjadi aplikasi nomor wahid yang diunduh di Playstore.

 

Satu bulan sejak rilis, Instagram berhasil meraih 1 juta pengguna. Satu tahun kemudian, Instagram meraih angka yang lebih fantastis yaitu 10 juta pengguna.

 

Alasan Instagram Memiliki Banyak Peminat

  • Instagram bisa diunduh baik di perangkat Android maupun ios.
  • Instagram merupakan all in one aplikasi. 
  • Menggunakan Instagram, pengguna dapat membuat beragam jenis konten tanpa harus mengunduh satu per satu aplikasi.
  • Tersedia fitur Instagram yang mendukung bisnis, seperti e-commerce maupun online shop, sehingga cocok digunakan sebagai tempat berjualan online.

 

Melihat beragam kelebihan yang dimiliki Instagram, tak heran bila Instagram menjadi tempat potensial untuk melakukan kampanye produk. Namun sudahkah Anda mengetahui matriks penting penentu keberhasilan social media campaign di Instagram?

 

Matriks Penting yang Menentukan Keberhasilan Social Media Campaign di Instagram

 

 

  1. Jangkauan

Jangkauan organik dapat diperoleh dari jumlah like, comment, mengikuti, dan tag. Tak heran banyak social media campaign dalam bentuk giveaway atau kompetisi yang melibatkan interaksi sehingga dapat meningkatkan jangkauan.

 

  1. Pertumbuhan

Kecepatan pertumbuhan audience Instagram merupakan salah satu matriks yang paling berguna. Kualitas pengikut berperan penting dalam hal ini. Pertumbuhan akun harus berbanding lurus dengan jangkauan organik. Hal ini sebagai tanda pertumbuhan organik dari pengikut nyata dan terlibat dalam aktivitas update postingan Anda. Banyaknya pengikut tidak selalu membuat Instagram Anda jadi tampak berkualitas. Jadi, membeli follower yang merupakan akun bot sebaiknya dihindari.

 

  1. Engagement

Semakin banyak komentar yang muncul di setiap postingan Anda menandakan bahwa konten Anda disukai followers. Hal ini dapat Anda jadikan acuan untuk membuat konten selanjutnya. Tingginya nilai engagement Instagram rata-rata menandakan akun Anda penting sehingga algoritma Instagram akan membagikannya pada menu explore.

 

Hitung engagement rate atau yang kerap disebut ER dengan cara membagi seluruh jumlah suka dan komentar dengan jumlah pengikut. Cara lebih praktis, nilai ER dapat dihitung menggunakan tools. Beberapa tools penghitung ER, di antaranya phlanx, tanke.fr, dan lain-lain.

 

  1. Klik

Bio Instagram merupakan salah satu tempat yang wajib dioptimasi untuk menarik follower. Anda dapat mencantumkan alamat website, link yang mengarah pada kontak WhatsApp dan sebagainya disesuaikan dengan tujuan Anda.

 

Matriks dalam Menentukan Keberhasilan Campaign di Instagram yang Tidak Terlihat

 

 

  1. Kesadaran akan merek

Instagram merupakan tempat yang tepat untuk menaikkan kesadaran akan merek atau brand awareness. Anda dapat mencapai ROI Instagram dengan memakai hashtag populer untuk meningkatkan kesadaran audiens akan merek Anda, karena hal ini pula yang biasanya dilakukan oleh social media marketing agency untuk membangun merek brand yang mereka usung. Jangan lupa buat konten sesuai dengan tren terkini.

 

  1. Komunikasi

Melalui Instagram, Anda dapat membangun komunikasi secara langsung dengan konsumen baik melalui direct message atau komentar di feed. Tak hanya itu, unggahan yang rutin Anda bagikan pun dapat menyampaikan pesan secara halus, namun memikat pelanggan, baik melalui caption atau bentuk konten lain, seperti mikroblog dan video.

 

  1. Loyalitas

Sebagai aplikasi berbagi konten foto dan video, Instagram mampu membangun hubungan emosional dengan audiens. Otak manusia memberi respons yang berbeda ketika melihat foto atau video dibandingkan dengan konten berbentuk tulisan. 

 

Saat Anda membagikan foto atau video dengan grafis profesional dan tema yang relevan dengan audiens, niscaya akan meningkatkan jumlah pengikut setia dan mereka akan dengan senang hati terlibat dalam postingan Anda.

 

  1. Brand Image

Instagram yang mengedepankan visual sangat cocok untuk membangun reputasi dari brand yang Anda miliki. Image yang tepat dapat mendukung strategi merek Anda dan mengembangkan persepsi pemirsa tentang nilai dan keinginan Anda.

 

 

Bentuk-bentuk Social Media Campaign di Instagram yang Bisa Dicoba

  • Giveaway
  • Challenge memasak
  • Lomba foto
  • Kompetisi video

 

Itulah hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebagai tolak ukur yang menentukan berhasil atau tidaknya social media campaign di Instagram yang telah Anda adakan. Untuk penyelenggaraan campaign di media sosial yang memiliki peluang besar untuk sukses, Anda bisa memanfaatkan bantuan dari social media agency terpercaya, creative agency, atau digital marketing agency Jakarta, seperti RedComm Indonesia.