Memajukan bisnis atau melakukan pengembangan dan perluasan usaha biasanya menjadi prioritas bagi pemilik bisnis. Untuk mewujudkannya, tentu tidak mudah. Perlu ketelitian, kerja keras, dan ketekunan yang konsisten.

 

Nah, agar Anda bisa konsisten dan lebih terjadwal dalam menjalankan bisnis, ada banyak sekali bantuan yang bisa Anda dapatkan pada era teknologi digital seperti sekarang. Salah satunya, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi android yang dapat meningkatkan produktivitas kerja, demi kemajuan bisnis yang sedang dijalankan.

 

Aplikasi Android untuk Memajukan Bisnis

Ada banyak sekali ragam aplikasi bisnis yang perlu Anda ketahui, seperti aplikasi pencatatan keuangan, aplikasi desain, aplikasi pemasaran, dan sebagainya. Anda tinggal menginstalnya melalui Google Playstore, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi android yang menunjang kinerja Anda dalam menjalankan bisnis. 

 

Beberapa aplikasi bisnis yang tersedia sangat cocok bagi pemilik usaha dari skala kecil, menengah, hingga besar. Begitu pula keragaman aplikasi untuk bisnis, tersedia lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pada artikel kali ini, Redcomm knowledge akan mengajak Anda mengenal 5 aplikasi android untuk menunjang kemajuan bisnis Anda.

 

 

  1. Aplikasi Pencatat Keuangan

Sebagai seorang pengusaha, jika Anda tidak ingin rugi atau bangkrut, tentunya harus memiliki keahlian dalam mengatur keuangan. Risiko tetap ada, meskipun Anda sudah ahli dan berpengalaman dalam perencanaan keuangan. Sering kali, satu atau dua kesalahan muncul karena kurang dalam hal ketelitian. 

 

Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang tidak disengaja, akan lebih baik jika Anda menggunakan aplikasi Money Lover. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran bisnis. Dengan demikian, Anda dapat mengatur kondisi finansial secara lebih teliti dan akurat.

 

Selain aplikasi Money Lover, Anda juga dapat menggunakan aplikasi BukuKas. Aplikasi ini berguna untuk untuk mencatat berbagai transaksi keuangan secara rinci. Instal aplikasinya di ponsel android, lalu Anda sudah bisa mencatat setiap transaksi keuangan secara lengkap beserta nama produk, nama konsumen, hingga metode pembayaran yang digunakan. 

 

  1. Aplikasi Catatan

Dalam bisnis, diperlukan pencatatan yang rapi agar mencapai target yang diinginkan. Nah, saat ini ada satu aplikasi di ponsel android yang dapat Anda gunakan untuk mencatat berbagai kegiatan bisnis. 

 

Aplikasi ini bernama Evernote. Kehadirannya dapat membantu pebisnis mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas bisnis. Melalui aplikasi Evernote, Anda dapat membuat catatan berupa daftar pekerjaan yang harus dilakukan, daftar belanja perusahaan, atau daftar pesanan dari pelanggan. 

 

Membuat catatan juga menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda tidak membutuhkan alat tulis apa pun, cukup bermodalkan smartphone Android saja. Semua catatan yang telah Anda buat bisa dibuka sewaktu-waktu melalui aplikasi Evernote ini. Sangat fleksibel, bukan?

 

 

  1. Aplikasi untuk Brainstorming

Perkembangan suatu bisnis juga tidak terlepas dari adanya ide cemerlang yang dihasilkan oleh jajaran tim manajemen. Untuk membantu Anda menemukan ide-ide yang dibutuhkan, ada aplikasi bisnis online bernama XMind: Mind Mapping.

 

Aplikasi ini berguna untuk melakukan brainstorming dan mind mapping. Anda dapat menggunakannya ketika melakukan pertemuan dengan tim manajemen bisnis. Dengan aplikasi ini, diharapkan banyak ide brilian dihasilkan untuk meningkatkan laju perkembangan bisnis.

 

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah dan variatif. Di dalam aplikasi tersedia template untuk mind mapping. Hal menarik berikutnya, aplikasi ini tak hanya berguna untuk mind mapping atau brainstorming saja. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk menyusun rutinitas harian, membuat diagram, dan sebagainya.

 

  1. Aplikasi Kerja Tim yang Solid

Kerja sama dan kekompakan tim sangat mempengaruhi tingkat produktivitas suatu bisnis. Menjaga komunikasi yang baik adalah cara atau kunci untuk meningkatkan kerja sama tim. Basecamp 3 dapat menjadi salah satu solusi agar setiap anggota tim bisa saling terhubung dan berkomunikasi dengan lebih efektif.

 

Basecamp 3 merupakan aplikasi android yang digunakan untuk berkomunikasi, berdiskusi, dan menyusun dokumen bersama anggota tim Anda. Basecamp 3 juga dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kekompakan tim demi meningkatkan produktivitas dalam suatu bisnis.

 

 

  1. Aplikasi Lain

Masih ada banyak aplikasi yang bisa Anda cari dan coba di Google Playstore. Kemudian, baru Anda memutuskan mana yang paling sesuai dan dapat menunjang kemajuan bisnis yang Anda jalankan. Beberapa aplikasi lain yang mungkin juga Anda butuhkan, antara lain: 

 

 

Aplikasi online untuk bisnis memang sangat membantu dalam perkembangan suatu usaha, baik kecil maupun menengah. Data yang Anda masukkan akan diproses secara akurat sehingga terhindar dari kesalahan yang mengakibatkan kerugian finansial. Jika Anda belum memiliki aplikasi android untuk bisnis, yuk, segera instal di ponsel Anda!

 

Kemudahan lain di era digital selain aplikasi android yang menunjang kemajuan bisnis, sebenarnya ada cara lain lagi agar bisnis Anda cepat berkembang. Salah satu caranya, Anda bisa bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia, yang memiliki tim khusus untuk KOL Management, social media marketing, jasa SEO profesional, dan sebagainya. Salah satu digital creative agency yang bisa Anda hubungi dan merupakan digital agency terbaik, yaitu Redcomm Indonesia.