MENU
SEARCH KNOWLEDGE

3 Aplikasi Email Marketing untuk Email Blast bagi Bisnis UKM

25 Dec  · 
2 min read
 · 
eye 8.607  
CRM & Loyalty Programs

redcomm

Dewasa ini, sistem kampanye dalam bidang pemasaran mengalami banyak perkembangan mengingat penggunaan teknologi dan internet pun berkembang sedemikian pesat. Jika Anda sebagai pebisnis tidak mengikuti perkembangan zaman, Anda bisa tertinggal. 

Salah satu pemanfaatan teknologi untuk memudahkan kegiatan pemasaran adalah menggunakan email blast. Kali ini, Anda bisa mempelajari apa itu email marketing dan rekomendasi 3 aplikasi email marketing untuk email blast bagi bisnis UKM. Simak, yuk.

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah salah satu jenis digital marketing strategy yang menggunakan email sebagai sarana untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan atau calon pelanggan. 

Dalam email marketing, Anda bisa mengirimkan pesan-pesan yang direncanakan dan disusun secara khusus kepada daftar pelanggan. Pesan-pesan ini dapat berupa penawaran khusus, informasi produk, konten berkualitas, informasi terbaru, hingga pengumuman acara. 

Hasilnya, bisnis Anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, meningkatkan kesetiaan pelanggan, sekaligus mempromosikan produk atau layanan secara efektif.

Selain itu, jika dikombinasikan dengan kegiatan digital marketing lainnya, seperti pemasaran di media sosial, melalui website, webinar, dan sebagainya, dijamin akan memberi hasil yang lebih signifikan bagi perkembangan bisnis dan peningkatan konversi dalam bentuk penjualan. 

Benefit Memanfaatkan Aplikasi Email Marketing

Untuk memahami aktivitas pengiriman email marketing yang efektif, coba baca dulu contoh berikut: ada konsumen berkunjung ke website bisnis dan dia meninggalkan jejak dalam bentuk alamat email

Tentu Anda perlu menindaklanjuti kehadiran audiens tersebut dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian produk. Caranya, dengan mengirimkan email ke alamat yang telah mereka tinggalkan. 

Untuk mempermudah proses mengirim email inilah Anda butuh aplikasi email marketing agar bisa menghemat waktu, energi, dan sumber daya yang ada. 

Menggunakan aplikasi email marketing juga akan membantu Anda mengelola database pelanggan dengan lebih baik. Hal ini karena sudah cukup banyak aplikasi email marketing yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung. Termasuk ketersediaan storage sebagai wadah penyimpanan data pelanggan. 

Masih ingin membaca tentang email marketing, Tim Redcomm sudah memiliki beberapa artikel yang akan menambah wawasan Anda, antara lain:

Rekomendasi 3 Aplikasi Email Marketing yang Efektif untuk Email Blast

1. MailChimp

MailChimp adalah aplikasi email marketing yang menyediakan banyak layanan email terbaik dan bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis. 

Aplikasi email ini mudah digunakan bahkan oleh pebisnis pemula yang baru menerapkan email marketing. Apalagi sudah tersedia berbagai fitur yang mempermudah pembuatan, pengiriman, dan analisis kampanye email

Anda sebagai pengguna dapat dengan cepat merancang template email yang menarik, mengelola daftar pelanggan dengan segmentasi yang cerdas, serta melacak kinerja kampanye dengan statistik yang terperinci. 

Mailchimp juga memungkinkan pengguna untuk mengotomatisasi serangkaian email berdasarkan perilaku pelanggan, sehingga meningkatkan efisiensi dan relevansi pesan yang dikirim.

Selain itu, terdapat berbagai integrasi dengan platform lain seperti e-commerce, media sosial, dan CMS, sehingga Anda bisa menggabungkan strategi pemasaran secara holistik.

Saat ini, MailChimp telah digunakan kurang lebih tujuh juta pengguna di seluruh dunia. Hal ini karena memang penggunaan aplikasi MailChimp termasuk praktis dan gratis hingga 2000 pelanggan yang terdaftar di database email

Anda juga bisa bisa memanfaatkan kuota email hingga 12.000 email setiap bulannya.

2. Constant Contact

Dengan aplikasi Constant Contact, Anda bisa membuat email marketing yang menarik. Hanya dengan drag and drop, template email yang tersedia akan membantu Anda membuat email marketing yang lebih cantik dan profesional, bahkan responsif untuk pengguna smartphone

 Anda dapat pula mengundang penerima email untuk memberikan respons terbaik mereka terkait apa yang sebenarnya Anda harapkan. 

Bahkan Anda bisa melakukan pengaturan sehingga bisa melihat penerima mana yang telah membuka email, atau penerima mana yang langsung memberi balasan.

Data ini tentunya akan membantu Anda menyusun strategi dan langkah berikutnya sehingga setiap pengiriman email bisa menghasilkan konversi. 

Kelebihan dari aplikasi Constant Contact, aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam paket premium dengan ragam email basic dan email advanced, yang bisa dicoba secara gratis selama jangka waktu 30 hari. 

3. GetResponse

GetResponse adalah layanan penyedia email marketing terbaik yang menjanjikan tingkat pengiriman email sebesar 99%. 

Janji ini didukung dengan kerja sama yang dijalin GetResponse dengan perusahaan raksasa dunia di bidang teknologi, seperti Return Path, Litmus, Port 25, SpamHaus, dan SpamAssassin

Untuk memberikan layanan terbaik bagi pengguna, GetResponse menyediakan berbagai alat bantu pemasaran melalui email yang dirancang untuk mengirimkan penawaran yang disesuaikan dengan target audiens. Fitur ini bisa dinikmati dengan gratis untuk jangka waktu 30 hari. 

Selain itu, menggunakan aplikasi ini bisa memberi manfaat bagi Anda, seperti:

  • Menyusun strategi pemasaran melalui email yang efektif.
  • Memudahkan Anda mendesain email marketing dengan lebih cepat dengan sistem drag and drop.
  • Tersedia berbagai template yang siap digunakan, serta 5000 desain dari Shutterstock untuk mempercantik email marketing.

Dari 3 aplikasi email marketing untuk email blast di atas, mana yang sudah pernah Anda gunakan? Lalu kalau Anda mencari situs yang menyediakan template email siap pakai lainnya, baca artikel lain dengan klik link ini: 5 Situs Download Templates Email Marketing Berkualitas untuk Newsletter.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER