Apakah Anda sedang bingung karena bisnis tak kunjung berkembang dan konsumen stagnan? Jika iya, bisa jadi Anda menerapkan internet marketing strategies yang belum maksimal. Lalu, bagaimana solusinya? Solusi yang bisa dicoba adalah membangun sebuah komunitas sebagai salah satu strategi penjualan dan promosi. Kemudian, manfaatkan komunitas tersebut dengan cara yang tepat untuk meningkatkan penjualan. 

 

Trik Hebat Memanfaatkan Komunitas Sebagai Media Promosi Penjualan 

Untuk merasakan efek positif dari adanya komunitas, Anda tak bisa sembarangan membuat dan membiarkannya tanpa pengelolaan. Cobalah lakukan empat trik berikut ini, lalu lihat bagaimana dampaknya sebagai media atau wadah untuk menaikkan level promosi dan penjualan ke tingkat yang lebih maksimal. 

 

 

  1. Gunakan Media Online 

Di era digital business, Anda bisa menggunakan media online sebagai sarana dalam membangun komunitas, sehingga Anda bisa menjangkau seluruh konsumen tanpa terbatas letak geografis. Kemudian, pemanfaatannya pun jadi lebih terpantau dan feedback-nya bisa cepat dirasakan. Misalnya, Anda mengandalkan media sosial untuk membuat komunitas terkait produk Anda, maka pastikan platform tersebut bisa menampung banyak anggota potensial sebagai upaya promosi bisnis. Anda bisa pula berdiskusi dengan best digital agency Jakarta terkait mana media online yang sesuai untuk bisnis Anda.

 

  1. Mulailah dari Forum Tanya Jawab 

Komunitas bisa dirintis dengan membuka forum tanya jawab pada situs resmi bisnis Anda. Jika anggotanya sudah terkumpul banyak, resmikan sebagai komunitas dari brand Anda. Di komunitas ini nanti, semua orang yang tergabung di dalamnya boleh mengeluarkan pendapat, ide, masukan, bahkan mengisahkan pengalaman terkait produk dan layanan dari brand Anda

 

Anda juga bisa meminta kepada anggota komunitas untuk menyumbangkan saran dan perbaikan yang perlu Anda lakukan, misalnya tentang ide kreatif produk selanjutnya atau mengumpulkan foto produk yang digunakan konsumen, yang nantinya bisa Anda manfaatkan untuk promosi dalam rangka meningkatkan penjualan. 

 

  1. Saring Informasi dan Ide Terbaik 

Ketika komunitas sudah terbentuk, Anda tentu juga perlu mengelolanya dengan baik. Dimulai dengan menyaring informasi penting yang sekiranya bisa ditambahkan sebagai digital marketing strategist di bidang penjualan. Jadi pada saat Anda mendapatkan ide dari anggota komunitas, tampung ide terbaik dan terbanyak. Lalu, kembangkan jika memang sesuai dengan konsep bisnis Anda. 

 

Hasil dari pengembangan ide seperti ini biasanya lebih signifikan bagi kemajuan usaha karena idenya langsung berasal dari konsumen. Ini bisa menjadi salah satu strategi penting dalam kesuksesan sebuah bisnis sangat berkaitan dengan kebutuhan konsumen. 

 

 

  1. Komunikasi Intens Bersama Anggota Potensial 

Teruslah berkomunikasi dengan anggota komunitas, bahkan lakukan sesering mungkin. Sebab, cara Anda menghargai eksistensi anggota komunitas pun akan menentukan keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang.  

 

Ketika orang nyaman dengan pelayanan dan komunikasi sebuah brand, secara tidak langsung mereka akan merekomendasikan brand tersebut kepada orang lain. Ini akan jadi media promosi strategis tanpa harus mengeluarkan biaya besar! 

 

Ciri Komunitas yang Penting untuk Pengembangan Bisnis 

Meskipun membangun brand community memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda, namun Anda pun harus tahu bahwatidak semua komunitas bisa memberikan manfaat bagi perkembangan bisnis. Hanya yang punya ciri-ciri berikut ini yang patut dimanfaatkan secara maksimal demi pengembangan bisnis ke arah yang lebih baik, sekaligus bisa menjadi media promosi serta penjualan. 

 

  1. Didominasi Komunikasi Positif 

Ketika sebuah komunitas bisnis diisi oleh banyak komentar negatif pada perusahaan yang tujuannya menjatuhkan, aaka ada baiknya Anda berpikir ulang untuk melakukan promosi dengan media tersebut, kecuali komentar negatifnya berupa kritik membangun. 

 

  1. Homogen 

Jika isi komunitas berasal dari orang dengan minat sama, persepsi sama atas sebuah produk atau bisnis, maka itulah komunitas yang bagus dan bisa dijadikan media promosi. Bahkan tidak tertutup kemungkinan mereka akan jadi konsumen terbaik untuk meningkatkan keuntungan Anda. 

 

 

  1. Aktif dan Stabil 

Komunitas yang bagus adalah yang selalu aktif memperbincangkan banyak hal berkaitan dengan produk, perusahaan, hingga bertukar pendapat dan ide-ide kreatif. Ketika komunitas Anda memiliki ciri ini, maka sudah tepat untuk mempertahankannya serta mengembangkannya. 

 

Demikianlah poin-poin yang perlu dipahami tentang cara memanfaatkan komunitas sebagai bagian strategi penjualan, agar promosi dan angka penjualan produk bisa ditingkatkan. Anda bisa mulai mencobanya sekarang dengan fokus dan biarkan komunitas bekerja alami membantu eksistensi perusahaan.