knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

4 Trik Memanfaatkan Komunitas untuk Meningkatkan Penjualan

12 Oct  · 
2 min read
 · 
eye 5.704  
Program Loyalitas & CRM

Trik Memanfaatkan Komunitas Untuk Meningkatkan Penjualan

Apakah Anda sedang bingung karena bisnis tak kunjung berkembang dan konsumen stagnan? Jika iya, bisa jadi Anda menerapkan internet marketing strategies yang belum maksimal. 

Lalu, bagaimana solusinya? Salah satu solusi yang efektif dan sudah terbukti untuk meningkatkan penjualan adalah memanfaatkan komunitas. Berikut penjelasan lengkapnya.

4 Tips Memanfaatkan Komunitas Sebagai Media Promosi Penjualan 

Untuk merasakan efek positif dari adanya komunitas, Anda tak bisa sembarangan membuat komunitas, kemudian membiarkannya tanpa pengelolaan. 

Coba lakukan empat trik yang akan diulas di bawah ini, lalu lihat bagaimana dampaknya sebagai media atau wadah untuk meningkatkan penjualan bisnis jadi lebih maksimal.  

1. Gunakan Media Online 

Di era digital business seperti sekarang, Anda bisa menggunakan media online sebagai sarana dalam membangun komunitas.

Keberadaan komunitas dengan beragam latar belakang anggota memungkinkan Anda menjangkau konsumen tanpa terbatas letak geografis. Kemudian, pemanfaatannya pun jadi lebih terpantau dan feedback-nya bisa cepat Anda rasakan. 

Misalnya, Anda mengandalkan media sosial untuk membuat komunitas terkait produk, maka pastikan platform tersebut bisa menampung banyak anggota potensial sebagai upaya promosi bisnis. 

Anda bisa pula berdiskusi dengan best digital agency Jakarta maupun digital marketing agency Indonesia terkait penggunaan media online yang sesuai untuk bisnis Anda.

2. Mulailah dari Forum Tanya Jawab 

Anda bisa merintis komunitas dengan membuka forum tanya jawab pada situs resmi bisnis. Jika anggotanya sudah terkumpul banyak, resmikan sebagai komunitas dari brand Anda. 

Di komunitas ini nanti, semua orang yang tergabung di dalamnya boleh mengeluarkan pendapat, ide, masukan, bahkan mengisahkan pengalaman terkait produk dan layanan dari brand Anda.  

Anda juga bisa meminta anggota komunitas untuk menyumbangkan saran dan perbaikan yang perlu Anda lakukan. 

Misalnya tentang ide kreatif produk selanjutnya atau mengumpulkan foto produk yang digunakan konsumen, yang nantinya bisa Anda manfaatkan untuk promosi dalam rangka meningkatkan penjualan.

3. Saring Informasi dan Ide Terbaik 

Ketika komunitas sudah terbentuk, Anda juga perlu mengelolanya dengan baik. Dimulai dengan menyaring informasi penting yang sekiranya bisa ditambahkan sebagai digital marketing strategist di bidang penjualan. 

Jadi pada saat Anda mendapatkan ide dari anggota komunitas, tampung ide terbaik dan terbanyak. Lalu, kembangkan jika memang sesuai dengan konsep bisnis Anda.

Hasil dari pengembangan ide seperti ini biasanya lebih signifikan bagi kemajuan usaha karena idenya langsung berasal dari konsumen. 

Cara ini juga bisa jadi salah satu strategi penting dalam kesuksesan bisnis yang fokus pada pemenuhan kebutuhan konsumen.

4. Komunikasi Intens Bersama Anggota Potensial 

Teruslah berkomunikasi dengan anggota komunitas, bahkan lakukan sesering mungkin. 

Sebab, cara Anda menghargai eksistensi anggota komunitas pun akan menentukan keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang.   

Ketika orang nyaman dengan pelayanan dan komunikasi sebuah brand, secara tidak langsung mereka akan merekomendasikan brand tersebut kepada orang lain. 

Ini akan jadi media promosi strategis tanpa harus mengeluarkan biaya besar!

Ciri Komunitas yang Baik untuk Pengembangan Bisnis 

Meskipun membangun brand community memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda, namun Anda pun harus tahu bahwa tidak semua komunitas bisa memberikan manfaat bagi perkembangan bisnis. 

Hanya yang punya ciri-ciri berikut ini yang patut dimanfaatkan secara maksimal agar bisnis terus berkembang menjadi lebih baik, sekaligus dapat meningkatkan penjualan. 

1. Didominasi Komunikasi Positif 

Ketika sebuah komunitas bisnis diisi oleh banyak komentar negatif pada perusahaan yang tujuannya menjatuhkan, ada baiknya Anda berpikir ulang untuk melakukan promosi dengan media tersebut, kecuali komentar negatifnya berupa kritik membangun.

2. Homogen 

Jika isi komunitas berasal dari orang dengan minat sama, persepsi sama atas sebuah produk atau bisnis, maka itulah komunitas yang bagus dan bisa dijadikan media promosi. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka akan jadi konsumen terbaik untuk meningkatkan keuntungan Anda.  

3. Aktif dan Stabil 

Komunitas yang bagus adalah yang selalu aktif memperbincangkan banyak hal berkaitan dengan produk, perusahaan, hingga bertukar pendapat dan ide-ide kreatif. 

Ketika komunitas Anda memiliki ciri ini, maka sudah tepat untuk mempertahankannya serta mengembangkannya.

Demikianlah poin-poin yang perlu Anda pahami tentang cara memanfaatkan komunitas untuk meningkatkan penjualan dan sebagai bagian strategi penjualan.

Agar sukses membangun dan memanfaatkan komunitas, coba ikuti Contoh Brand yang Sukses Membangun Komunitas Online

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan tim dari digital agency Indonesia mengenai strategi bekerja sama dengan Influencer maupun bekerja sama dengan blogger dalam upaya membangun komunitas. Langsung hubungi Kontak Redcomm ya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER