Jenis-jenis Online Reputation Management
Berdasarkan sistemnya, online reputation management terdiri dari empat jenis. Berikut penjelasannya:
1. Paid Media
Jenis manajemen reputasi online yang pertama adalah paid media. Pada sistem ini, Anda akan dikenakan pembayaran untuk menampilkan iklan bisnis di situs online atau jaringan eksternal yang terpercaya.
Beberapa contohnya, postingan yang dibuat oleh para influencer, iklan di media online papan atas, Facebook ads, Google ads, TikTok ads, dan lain sebagainya.
Dengan menggunakan sistem paid media, jangkauan produk dan bisnis Anda akan semakin luas. Otomatis, bisa memperbesar pula jangkauan target konsumen potensial yang bisa Anda bidik. Bahkan memungkinkan untuk membuka kesempatan menjalin hubungan baru dengan banyak pihak.
2. Earned Media
Berbeda dengan sebelumnya, jenis online reputation management yang satu ini tidak memungut biaya sama sekali.
Hanya saja untuk mendapatkannya, Anda harus memberikan segala hal terbaik bagi pelanggan Anda. Mulai dari ketersediaan informasi yang mampu memberi solusi bagi permasalahan yang pelanggan hadapi, serta produk dan layanan pelanggan yang juga terbaik.
Ketika Anda mampu memberikan produk, jasa, bahkan layanan yang terbaik dibandingkan kompetitor. Kemudian pelanggan menjadi sangat puas menggunakan produk atau jasa dari brand Anda, maka pelanggan yang puas ini tak segan memberikan testimoni atau ulasan yang baik mengenai brand.
Di sinilah earned media bekerja. Earned media kurang lebih sama dengan pemasaran word of mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut.
Selain konsumen, media online atau siaran pers juga bisa memberikan review positif terhadap produk atau layanan dari brand Anda.