Online Reputation Management merupakan cara atau strategi untuk mengontrol setiap aktivitas maupun timbal balik terhadap suatu brand, terutama dalam dunia digital. Lalu, kenapa bisnis Anda membutuhkannya dan apa saja jenisnya?

 

Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Online Reputation Management?

Sebagai seorang pebisnis, Anda sangat membutuhkan ORM ini untuk menunjang perkembangan bisnis. Ada dua alasan utama yang memperkuatnya, yaitu sebagai berikut:

 

  1. Memperkuat Brand Reputation di Dunia Digital

Membangun reputasi yang baik di dunia digital sangat penting bagi brand Anda. Alasannya, karena beberapa tahun belakangan telah lahir tren baru di mana kebanyakan orang memanfaatkan internet untuk mencari referensi akan produk maupun jasa yang mereka butuhkan terlebih dahulu, sebelum memutuskan melakukan transaksi pembelian. Dengan adanya ORM, produk, jasa, atau brand Anda menjadi lebih dikenal dan dipilih oleh konsumen.

 

Sederhananya, semakin kuat reputasi brand Anda di dunia digital, tentu akan meraih banyak hal positif, mulai peningkatan rating terkait kualitas produk berdasarkan pengalaman pengguna, peningkatan kepercayaan konsumen terhadap produk dari brand Anda, bahkan bisa terjadi peningkatan penjualan dan pertambahan jumlah pelanggan aktif secara signifikan.

 

 

  1. Manajemen Komentar Negatif

Selain memperkuat reputasi baik brand, ORM juga dapat mengatasi munculnya komentar negatif dari segelintir konsumen yang tidak puas, bahkan bisa jadi kompetitor yang memberikan komentar negatif. Tentu hal ini tidak bisa dihindari, karena persaingan bisnis yang semakin ketat dalam segala bidang. Maka jangan heran jika terjadi black campaign atau isu-isu negatif tentang bisnis Anda. 

 

Namun jangan khawatir. Adanya ORM, dapat digunakan untuk memulihkan kembali reputasi lewat berbagai strategi, di antaranya bekerja sama dengan digital agency Jakarta dalam pengadaan content marketing, bekerja sama dengan pegiat media sosial dan influencer, menerapkan SEO, dan sebagainya.

 

Jenis-jenis Online Reputation Management

Berdasarkan sistemnya, online reputation management terdiri dari empat jenis umum, yaitu: 

 

 

  1. Paid Media

Jenis yang pertama, menggunakan paid media. Pada sistem ini, Anda akan dikenakan pembayaran untuk menampilkan iklan bisnis di situs online atau jaringan eksternal yang terpercaya. Beberapa contohnya, postingan yang dibuat oleh para influencer, iklan di media online papan atas, Facebook ads, Google ads, dan lain sebagainya.

 

Dengan menggunakan sistem paid media, jangkauan produk dan bisnis Anda akan semakin luas. Otomatis, bisa memperbesar pula jangkauan target konsumen potensial yang bisa Anda bidik, bahkan dapat pula membuka kemungkinan menjalin hubungan baru dengan banyak pihak.

 

  1. Earned Media

Berbeda dengan sebelumnya, jenis manajemen reputasi online yang satu ini tidak memungut biaya sama sekali. Hanya saja untuk mendapatkannya, Anda dituntut memberikan segala yang terbaik bagi pelanggan Anda, mulai dari ketersediaan informasi yang mampu memberi solusi bagi permasalahan yang dihadapi pelanggan, produk dan layanan yang juga terbaik. 

 

Ketika Anda mampu memberikan produk, jasa, bahkan layanan yang terbaik dibandingkan yang bisa diberikan kompetitor, dan kemudian pelanggan menjadi sangat puas menggunakan produk atau jasa dari brand Anda, maka pelanggan yang puas ini tak segan memberikan testimoni atau ulasan yang baik mengenai brand Anda. Di sinilah earned media bekerja.

 

 

  1. Social Media

Jenis ketiga dari ORM adalah social media dari bisnis Anda yang meliputi akun Instagram, Facebook, Whatsapp, bahkan Line. Pastikan menampilkan postingan yang menarik dan profil yang jelas untuk mendongkrak reputasi baik di dunia digital.

 

Anda pasti tahu bahwa peran media sosial tentu sangat besar pada saat ini. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan reputasi bisnis. Pastikan selalu melakukan update dengan konten-konten menarik dan informatif mengenai brand Anda.

 

  1. Owned Properties

Owned properties adalah properti pribadi yang dimiliki oleh bisnis Anda. Dalam dunia digital, yang termasuk hal ini adalah website atau blog. Dengan memilikinya, peluang membangun reputasi online secara baik jadi semakin besar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan owned properties (website bisnis) untuk memperbaiki online reputation management adalah dengan optimalisasi SEO. Untuk penerapannya, Anda bisa mempelajari berbagai teknik SEO atau bekerja sama saja dengan social media and digital marketing atau inbound marketing agency yang memahami dengan baik cara kerja search engine optimization atau SEO.