MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Apa Itu TikTok Ads, Cara Kerjanya, dan Kenapa Penting untuk Pertumbuhan Bisnis?

14 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 2.720  
Social Media

redcomm

Cara kerja TikTok ads mudah kok, Anda tinggal memilih audiens, menentukan anggaran, dan menentukan jadwal durasi iklan. Setelahnya, Anda bisa langsung melakukan promosi. 

Untuk ulasan lengkap mengenai apa itu TikTok ads, cara kerjanya, dan kenapa memasang iklan di TikTok penting bagi pertumbuhan bisnis, baca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu TikTok Ads?

Jika Anda sedang mencari cara baru untuk memasarkan bisnis, TikTok ads bisa jadi salah satu solusi yang tepat lho. Sebab, TikTok ads adalah fitur yang disediakan Tiktok untuk membantu Anda mempromosikan dan memasarkan produk maupun layanan bisnis di aplikasi TikTok. 

Anda tinggal melakukan penargetan audiens secara spesifik berdasarkan usia, jenis kelamin, dan lokasi. Kemudian atur durasi iklan dan budget yang kamu sediakan. 

Setelah, Anda tinggal menjalankan iklan atau ads dalam bentuk video pendek berdurasi maksimal 60 detik.

Cara Kerja TikTok Ads

Cara kerja TikTok ads mudah dan praktis untuk urusan pemasangan iklan di aplikasi TikTok. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri. Langkah pertama, pilih dan tentukan audiens yang akan menjadi target iklan.

Kemudian tentukan anggaran biaya iklan dan atur durasi atau lama iklan akan tayang, mulai dari satu hari hingga tak terbatas sesuai kebutuhan Anda.

Jangan lupa pilih jenis iklan yang mau Anda gunakan, seperti In-feed video, brand takeover,   top view, video ads, iklan branded hashtag challenge, dan masih banyak lagi.

Setelah iklan terpasang, maka TikTok ads dapat membantu Anda menjangkau pasar yang lebih luas, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan.

Alasan TikTok Ads Penting untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis

1. Memperluas Jangkauan Pemasaran

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Sprout Social, TikTok sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia per April tahun lalu. 

Dengan besarnya jumlah pengguna TikTok ini tentu menjadi peluang bagi Anda untuk melakukan promosi dan penjualan produk. Masalahnya, bagaimana caranya menjangkau audiens yang belum tentu Anda kenal dan pastinya belum kenal Anda?

Ya, Anda perlu menggunakan TikTok ads. Sebab, fitur iklan yang disediakan TikTok ini memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas melalui berbagai jenis iklan yang tersedia dan dapat memudahkan proses pengenalan produk maupun layanan bisnis kepada audiens baru. 

Prinsipnya, semakin banyak orang melihat konten di akun TikTok Anda, semakin besar peluang terjadi peningkatan brand awareness dan bisa jadi bisa meningkatkan penjualan juga.

2. Fleksibilitas dan Skalabilitas

TikTok ads menawarkan berbagai opsi pengeluaran iklan yang fleksibel, mulai dari biaya per tampilan hingga biaya per klik. Dengan cara ini, Anda dapat mengelola anggaran iklan dengan lebih efektif.

Selain itu, TikTok ads juga dapat Anda integrasikan dengan berbagai platform pemasaran lainnya, seperti Facebook ads dan Google ads.

3. Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Audiens

Video yang menarik dan kreatif dapat menarik perhatian banyak audiens sehingga bisa meningkatkan interaksi mereka dengan brand maupun produk Anda. 

TikTok ads juga memungkinkan audiens memberikan komentar, like, dan membagikan video kepada lebih banyak orang di jaringan pertemanan mereka. Semua ini dapat membantu meningkatkan interaksi dan keterlibatan audiens pada konten Anda.

Apalagi kalau Anda menggunakan jenis iklan branded hashtag challenge, di mana audiens TikTok dapat berpartisipasi dalam tantangan yang Anda selenggarakan. 

Iklan banded hashtag challenge adalah salah satu fitur TikTok ads yang memang berfungsi meningkatkan interaksi pengguna. Dalam iklan ini, Anda akan berfokus mempromosikan hashtag tertentu dan meminta audiens TikTok membuat konten menggunakan hashtag tersebut.

4. Menjangkau Audiens yang Lebih Muda

TikTok memiliki pengguna yang mayoritas berusia di bawah 30 tahun. Jika bisnis Anda ingin menargetkan pasar yang lebih muda, TikTok ads menjadi media yang tepat. 

Anda tinggal menggunakan penargetan iklan dengan penargetan usia audiens sesuai preferensi Anda. 

Termasuk menentukan jenis konten video yang audiens sukai sehingga jangkauan iklan Anda bisa mencapai target yang Anda inginkan.

5. Meningkatkan Penjualan

Ketika ada lebih banyak pengguna TikTok yang mengenal produk Anda, bahkan kesadaran merek yang mereka miliki juga tinggi, maka akan memperbesar peluang terjadinya penjualan. 

Untuk mendorong audiens melakukan pembelian, Anda dapat menarik perhatian mereka dengan iklan kreatif dan menawarkan diskon promosi yang menggiurkan. 

Selain itu, pastikan Anda juga mengukur dan menganalisis kinerja setiap konten untuk melihat bagaimana iklan  berkontribusi menciptakan penjualan.


Anda sudah tahu apa itu TikTok ads, cara kerjanya, dan kenapa TikTok ads penting untuk pertumbuhan bisnis. Sekarang waktunya Anda mempelajari berbagai jenis iklan di TikTok ads supaya bisa memaksimalkan penggunaannya. Pelajari di sini, yuk: Kenali Dulu Jenis Iklan TikTok Ads Agar Bisa Pasang Iklan yang Tepat.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER