Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, TikTok telah menjadi salah satu platform paling berpengaruh untuk pemasaran digital.
Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, TikTok telah menjadi salah satu platform paling berpengaruh untuk pemasaran digital.
Data dari Statista menunjukkan sekitar 62% pengguna TikTok di Amerika Serikat berusia antara 10 hingga 29 tahun. Hal ini membuat TikTok sangat ideal untuk mempromosikan produk, layanan, maupun jasa suatu bisnis dalam bentuk video pendek yang kreatif.
Cari tahu apa itu TikTok Ads, cara kerja, dan manfaatnya bagi pengembangan bisnis di artikel Redcomm Knowledge kali ini.
Jika Anda sedang mencari cara baru untuk memasarkan bisnis, TikTok ads bisa jadi salah satu solusi yang tepat.
Alasannya karena TikTok ads adalah fitur yang disediakan Tiktok untuk membantu Anda mempromosikan dan memasarkan produk maupun layanan bisnis di aplikasi TikTok.
Anda tinggal melakukan penargetan audiens secara spesifik berdasarkan usia, jenis kelamin, dan lokasi. Kemudian atur durasi iklan dan budget yang Anda sediakan.
Setelahnya, Anda tinggal menjalankan iklan atau ads dalam bentuk video pendek berdurasi maksimal 60 detik.
Cara kerja TikTok ads mudah dan praktis untuk urusan pemasangan iklan di aplikasi TikTok. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri. Berikut langkah-langkahnya:
Setelah iklan terpasang, maka TikTok ads dapat membantu Anda menjangkau pasar yang lebih luas, membangun brand awareness, dan meningkatkan penjualan. Nah, agar hasilnya maksimal, pelajari dulu hal-hal penting sebelum memasang TikTok ads.
Berdasarkan data yang dihimpun Sprout Social, TikTok sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia per April tahun lalu.
Dengan besarnya jumlah pengguna TikTok ini tentu menjadi peluang bagi Anda untuk melakukan promosi dan penjualan produk.
Masalahnya, bagaimana caranya menjangkau audiens yang belum tentu Anda kenal dan pastinya belum kenal Anda?
Ya, Anda perlu menggunakan TikTok ads. Sebab, fitur iklan yang disediakan TikTok ini memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas melalui berbagai jenis iklan yang tersedia dan dapat memudahkan proses pengenalan produk maupun layanan bisnis kepada audiens baru.
Prinsipnya, semakin banyak orang melihat konten di akun TikTok Anda, semakin besar peluang terjadi peningkatan brand awareness dan jadi bisa meningkatkan penjualan juga.
TikTok ads menawarkan berbagai opsi pengeluaran iklan yang fleksibel, mulai dari biaya per tampilan hingga biaya per klik. Dengan cara ini, Anda dapat mengelola anggaran iklan dengan lebih efektif.
Selain itu, TikTok ads juga dapat Anda integrasikan dengan berbagai platform pemasaran lainnya, seperti Facebook ads dan Google ads.
Salah satu manfaat utama TikTok Ads adalah kemampuannya untuk menjangkau audiens muda, terutama Gen Z dan Milenial.
Dengan lebih dari 60% pengguna aktif berusia di bawah 30 tahun, TikTok menjadi platform yang sangat efektif bagi Anda yang mau menarik perhatian pelanggan dari kelompok demografi ini.
Apalagi di aplikasi TikTok sendiri juga sudah menyediakan berbagai kemudahan agar setiap pengguna bisa berinteraksi melalui banyak cara, bahkan bisa berkolaborasi untuk menciptakan sesuatu yang baru.
Sedang mempertimbangkan penggunaan TikTok untuk menjangkau Gen Z dan para milenial? Terapkan juga, yuk: Cara Promosi Bisnis di TikTok Agar Lebih Dikenal Generasi Milenial.
Video yang menarik dan kreatif dapat menarik perhatian banyak audiens sehingga bisa meningkatkan interaksi mereka dengan brand maupun produk Anda.
TikTok ads juga memungkinkan audiens memberikan komentar, like, dan membagikan video kepada lebih banyak orang di jaringan pertemanan mereka.
Semua ini dapat membantu meningkatkan interaksi dan keterlibatan audiens pada konten Anda. Apalagi kalau Anda menggunakan jenis iklan branded hashtag challenge, di mana audiens TikTok dapat berpartisipasi dalam tantangan yang Anda selenggarakan.
Iklan banded hashtag challenge adalah salah satu fitur TikTok ads yang memang berfungsi meningkatkan interaksi pengguna.
Dalam iklan ini, Anda akan berfokus mempromosikan hashtag tertentu dan meminta audiens TikTok membuat konten menggunakan hashtag tersebut.
Biaya beriklan di TikTok ads lebih terjangkau dibandingkan dengan platform iklan digital lainnya, seperti Facebook atau YouTube, terutama untuk usaha kecil dan menengah.
TikTok menawarkan berbagai pilihan anggaran yang fleksibel, sehingga Anda sebagai pengiklan dapat menyesuaikan kampanye dengan budget yang tersedia.
Data dari Influencer Marketing Hub menunjukkan biaya per seribu tayangan (CPM) untuk TikTok Ads dapat lebih rendah daripada platform lain, sehingga bisa menjadi pilihan yang cost effective bagi banyak bisnis.
Ketika ada lebih banyak pengguna TikTok yang mengenal produk Anda, bahkan kesadaran merek yang mereka miliki juga tinggi, maka akan memperbesar peluang terjadinya penjualan.
Untuk mendorong audiens melakukan pembelian, Anda dapat menarik perhatian mereka dengan iklan kreatif dan menawarkan diskon promosi yang menggiurkan.
Selain itu, pastikan Anda juga mengukur dan menganalisis kinerja setiap konten untuk melihat bagaimana iklan berkontribusi menciptakan penjualan.
Dengan fitur interaktif, seperti duet dan tantangan, TikTok mendorong sebanyak mungkin orang untuk berpartisipasi dan berinteraksi dengan berbagai brand.
Tentunya cara ini dapat menghasilkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan platform lain.
Hal ini sejalan dengan laporan dari HubSpot yang menunjukkan bahwa TikTok memiliki tingkat keterlibatan rata-rata 5-6%, jauh lebih tinggi dibandingkan platform lain seperti Instagram atau Twitter.
Anda sudah tahu apa itu TikTok ads, cara kerjanya, dan kenapa TikTok ads penting untuk pertumbuhan bisnis. Sekarang waktunya Anda mempelajari berbagai jenis iklan di TikTok ads supaya bisa memaksimalkan penggunaannya. Pelajari di sini, yuk: Kenali Dulu Jenis Iklan TikTok Ads Agar Bisa Pasang Iklan yang Tepat.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC