MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Tips Mengoptimalkan Konten Instagram Marketing

05 Sep  · 
3 min read
 · 
eye 5.430  
Social Media

redcomm

Instagram marketing adalah upaya pemasaran dengan memanfaatkan Instagram sebagai medianya. Nah, pertanyaannya sekarang strategi posting terbaik di Instagram itu seperti apa? 

Strategi posting konten untuk Instagram marketing bisa dengan identifikasi target audiens, menentukan waktu posting, menyesuaikan tren, memanfaatkan fitur Instagram, membangun interaksi, dan sebagainya. Simak penjelasan lengkapnya di artikel Redcomm Knowledge ini.

Tips Mengoptimalkan Konten Instagram Marketing

Bagi Anda yang saat ini memanfaatkan Instagram untuk media pemasaran dan sedang menerapkan strategi Instagram marketing, ada baiknya Anda tahu dulu cara mengoptimalkan konten yang bisa mendatangkan audiens. 

1. Atur Username dan Bio Instagram

Usahakan agar username di Instagram sama dengan username media sosial lain yang Anda gunakan untuk bisnis. 

Kemudian pada bio instagram, tambahkan informasi mengenai usaha disertai link yang akan mengarahkan followers ke website bisnis. Selain itu, Anda juga dapat memberikan penjelasan tambahan mengenai bisnis Anda.

2. Foto Profil Sesuai Bisnis

Foto profil adalah bagian yang pertama kali akan dilihat oleh para pengguna Instagram. Oleh karena itu, tampilkan foto profil yang sesuai dengan bisnis Anda.

Contohnya bisa berupa produk unggulan atau menampilkan logo brand. Lalu pastikan foto untuk profil Instagram memiliki gambar yang jelas agar lebih mudah dikenali dan diingat oleh audiens.

3. Tingkatkan Jumlah Followers

Jumlah followers menentukan seberapa peluang konten Instagram marketing Anda berpotensi menciptakan konversi. Maka mau tidak mau, Anda perlu terus meningkatkan jumlah followers yang mengikuti akun Instagram bisnis milik Anda.

Cara meningkatkan followers Instagram bisa dengan mengikuti atau follow akun Instagram lain yang memiliki bisnis serupa. Tujuannya, agar jumlah followers Anda terus bertambah dari waktu ke waktu.

Cara lain untuk menambah followers, Anda bisa berkomentar pada foto atau video yang diunggah oleh akun bisnis lain. Bila perlu follow juga akun Instagram yang turut terlibat di dalam komentar Anda.

Kalau jumlah followers Instagram bisnis terus bertambah, maka semakin banyak juga orang yang akan melihat konten di Instagram Anda, baik konten organik maupun konten promosi.

4. Aktif Produksi & Posting Konten

Anda bisa membuat jadwal posting konten di akun Instagram bisnis. Misalnya, sehari minimal posting konten Instagram pada jam ramai yang sudah ditentukan. 

Lalu ikutlah berinteraksi secara aktif di postingan tersebut untuk membangun engagement Instagram dengan followers Anda. 

5 Strategi Posting Konten untuk Instagram Marketing

Agar penerapan strategi Instagram marketing berjalan lancar dan bisa mendukung perkembangan bisnis yang lebih cepat, maka terapkan tips posting konten berikut ini:

1. Identifikasi Target Audiens

Sebelum menerapkan strategi posting konten untuk Instagram marketing, Anda perlu mengidentifikasi target audiens secara spesifik. Mulai dari siapa mereka, apa preferensi mereka, dan apa yang mereka cari di Instagram. 

Contoh: Anda menjual produk kecantikan, maka target audiens yang perlu Anda bidik bisa jadi wanita usia 18-35 tahun yang tertarik dengan produk perawatan kulit alami.

Pemahaman yang baik mengenai target audiens akan memberi gambaran konten seperti apa yang perlu Anda buat. Tujuannya, agar semua konten di Instagram bisnis Anda memang relevan dan menarik bagi mereka.

2. Membuat Jadwal Posting Konten di Jam Ramai

Salah satu kunci keberhasilan Instagram marketing adalah memposting konten pada waktu yang tepat. Anda perlu menentukan kapan audiens paling aktif di platform ini.

Jika audiens cenderung aktif pada pukul 8 malam, pastikan untuk memposting pada saat itu. Selain itu, konsistensi dalam jadwal posting juga penting. 

Buatlah rencana posting mingguan atau bulanan untuk memastikan Anda selalu memposting konten terbaru di feed, reels, maupun Instagram Story sehingga followers terus mengikuti konten-konten Anda.

3. Konten Menyesuaikan dengan Tren

Instagram selalu berubah, dan tren konten pun berubah seiring waktu. Penting untuk tetap mengikuti tren terkini dan mengadaptasi konten Anda sesuai dengan perubahan tersebut. 

Misalnya, ada tren hashtag atau filter yang sedang populer, pertimbangkan untuk menggunakannya dalam konten. Selalu pantau apa yang sedang tren di niche Anda dan berusaha untuk tetap relevan.

4. Memanfaatkan Fitur Instagram

Instagram terus memperbarui fitur-fiturnya, dan Anda harus memanfaatkannya untuk keuntungan Anda. Beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan termasuk Stories, IGTV, Reels, dan Live

Setiap fitur ini memiliki potensi untuk menciptakan interaksi yang lebih besar dengan pengikut Anda. Cobalah untuk mengkombinasikan berbagai jenis konten agar tetap segar dan menarik.

Lalu jangan lupa gunakan manfaatkan top hashtag yang tepat. Hashtag adalah alat yang sangat berguna untuk meningkatkan visibilitas konten di Instagram. Dengan syarat, Anda perlu memilih hashtag yang relevan dengan konten. 

Misalnya, mau memposting konten tentang fashion, maka gunakan hashtag, seperti #fashion, #style, atau #OOTD. 

Selain itu, Anda juga dapat membuat hashtag khusus untuk merek Anda sendiri dan mendorong pengikut Anda untuk menggunakannya.

Beberapa tips memilih hashtag yang bisa jadi panduan Anda, antara lain:

  • Pastikan hashtag yang Anda pilih relevan dengan konten.
  • Pilihlah kombinasi hashtag populer dan lebih spesifik untuk mencapai audiens yang lebih besar dan tersegmentasi.
  • Hindari hanya berfokus terpaku pada satu set hashtag. Cobalah beberapa variasi tagar untuk melihat mana yang paling efektif.
  • Pelajari cara kompetitor menggunakan tagar pada konten, kesesuaiannya dengan tren, dan bagaimana Anda mengimplementasikan hal yang lebih baik dibandingkan mereka.
  • Anda juga bisa menggunakan hashtag generator untuk memilih yang paling sesuai dengan brand.

5. Bangun Interaksi dengan Followers

Interaksi dengan pengikut adalah kunci untuk membangun komunitas yang kuat di Instagram. Tanggapi komentar, balas pesan di direct message, dan selalu bersedia berinteraksi dengan mereka. 

Dengan cara ini, followers akan merasa dihargai dan diperhatikan. Inilah yang kemudian membuat mereka menjadi loyal dengan produk dan brand Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak para pengikut untuk berpartisipasi dalam kontes, polling, atau Q&A. Semakin banyak interaksi, engagement rate pun meningkat dan peluang untuk mengubah leads menjadi konversi menjadi lebih besar. 


Cara mengoptimalkan konten Instagram marketing sekaligus menerapkan strategi posting konten yang efektif membutuhkan data yang akurat terkait target audiens, tren terkini, pemanfaatan fitur instagram dan sebagainya. 

Anda bisa menerapkan 9 tips mengoptimalkan konten Instagram marketing di atas sembari mewaspadai penyebab kegagalan Instagram marketing. Jika ingin mendapatkan lebih banyak ide terkait penerapan strategi Instagram marketing, Anda bisa berkonsultasi dengan digital agency Indonesia yang berada di kota Jakarta, misalnya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER