Banyak pengguna Instagram memanfaatkan platform media sosial yang satu ini hanya untuk berbagi foto atau sebagai media hiburan saja. Padahal fungsi Instagram lebih dari itu, terutama bagi para profesional dan pebisnis. 

 

Selain sebagai media membangun jaringan pertemanan atau sebagai media hiburan, Instagram sebenarnya juga bisa digunakan untuk melakukan promosi bisnis, meningkatkan brand awareness, sebagai media membangun personal branding atau meningkatkan popularitas brand di masyarakat, dan masih banyak lagi. 

 

Agar penggunaan Instagram bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan bisnis Anda, berikut tips mengoptimalkan konten Instagram marketing.

 

Tips Mengoptimalkan Instagram Bisnis

Bagi Anda yang saat ini sedang memanfaatkan Instagram sebagai ladang untuk berbisnis, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa mengoptimalkan konten Instagram bisnis Anda.

 

 

  1. Atur Username dan Bio Instagram

Usahakan agar username Anda di Instagram sama dengan username yang ada di media sosial lain yang digunakan untuk berbisnis. Anda juga perlu menambahkan informasi mengenai usaha Anda disertai link yang akan mengarahkan followers Anda ke website jualan Anda. Pada bagian bio Instagram, Anda juga dapat memberikan penjelasan tambahan mengenai bisnis Anda tersebut.

 

  1. Foto Profil Sesuai Bisnis

Foto profil adalah bagian yang pertama kali akan dilihat oleh para pengguna Instagram. Oleh karena itu, tampilkan foto profil yang sesuai dengan bisnis Anda, misalnya bisa berupa produk unggulan Anda atau menampilkan logo brand. Pastikan juga foto yang Anda pasang di profil Instagram memiliki gambar yang jelas agar lebih mudah dikenali dan diingat oleh pengguna Instagram.

 

  1. Follow Akun Instagram Lain untuk Menambah Followers

Ketika Anda memiliki Instagram ads, maka penting sekali bagi Anda untuk follow akun Instagram lain yang memiliki bisnis serupa. Tujuannya, agar jumlah followers Anda terus bertambah dari waktu ke waktu sehingga semakin banyak orang yang akan melihat konten-konten promosi yang Anda tampilkan di akun Instagram tersebut. Cara lain untuk menambah followers, Anda bisa berkomentar pada foto atau video yang diunggah oleh akun bisnis lainnya. Bila perlu follow juga akun Instagram yang turut terlibat di dalam komentar Anda.

 

  1. Aktif Produksi Konten

Anda bisa membuat jadwal sendiri kapan harus mengunggah atau posting konten di akun Instagram Anda. Misalnya saja, sehari hanya satu postingan pada jam tertentu yang sudah ditetapkan. Lalu ikutlah berinteraksi secara aktif di postingan tersebut untuk membangun engagement dengan followers Anda. 

 

 

Strategi Marketing Instagram

Agar Instagram Anda bisa menunjang kegiatan bisnis, maka Anda perlu menerapkan beberapa strategi marketing Instagram berikut ini:

 

  1. Sesuaikan dengan Perkembangan Tren

Tren akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, konten Instagram Anda harus disesuaikan dengan perkembangan tren terbaru, terutama tren yang menyasar pada target pasar yang sudah Anda tetapkan. Jika sudah menentukan dengan tepat siapa target pasar Anda, maka Anda bisa menentukan konten berupa foto maupun video yang tepat untuk Anda posting.

 

  1. Manfaatkan Fitur Instagram

Instagram menyediakan berbagai fitur yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya saja, Instagram story untuk berbagi cerita berupa gambar maupun video yang bisa ditayangkan selama 24 jam. Agar tayangan ini tidak hilang, Anda bisa memasukkan ke highlight. Contoh lain, ketika Anda hendak meluncurkan produk baru, buatlah teaser di Instagram Story sehingga followers setia Anda jadi penasaran. Selain Instagram Story, masih ada banyak fitur lain yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan penerapan strategi Instagram marketing bagi perkembangan bisnis Anda. 

 

  1. Lakukan Interaksi dengan Followers

Di dalam strategi marketing, Anda tidak hanya melakukan promosi saja, tetapi perlu pula membangun interaksi dengan followers atau konsumen Anda. Hal ini akan membuat followers merasa dirinya dihargai dan diperhatikan, kemudian menjadi semakin loyal dengan produk dan brand Anda. Dengan adanya interaksi yang aktif, Anda bisa membangun engagement dengan pelanggan yang menjadi followers Anda sekaligus bisa mendapatkan ide-ide segar yang bisa jadi merupakan kebutuhan yang ingin dipenuhi konsumen. Hasil dari pengembangan ide ini bisa Anda terapkan untuk melakukan inovasi baru untuk produk Anda selanjutnya. 

 

 

  1. Pergunakan Hashtag

Dalam penerapan strategi Instagram marketing penggunaan hashtag wajib dilakukan, karena hashtag mampu untuk membangun komunitas, dan bisa berfungsi sebagai alat yang dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi. Otomatis postingan Anda akan banyak dilihat para pengguna Instagram.

 

Menjalankan bisnis dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram perlu menerapkan strategi marketing yang tepat. Anda tak bisa hanya asal posting saja, kemudian menunggu orderan masuk. Jika ingin mendapatkan lebih banyak ide terkait penerapan strategi Instagram marketing, Anda bisa berkonsultasi dengan top digital agency Indonesia.