Pada zaman digital bisnis saat ini, desain grafis menjadi hal yang wajib dibuat untuk menarik minat para pembaca atau follower media sosial. Maka dari itu, meluangkan waktu untuk membuat konten media sosial harus Anda lakukan, terutama jika Anda ingin sukses berbisnis atau melakukan digital marketing campaign melalui media sosial. Anda tentu butuh magnet kuat untuk menarik calon follower yang kelak menjadi pembeli Anda, yakni dengan konten yang unik, menarik, dan dengan ciri khas brand Anda. 

Hanya saja, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan tools desain yang mudah digunakan. Ada banyak sekali tools yang bisa Anda pilih dengan fitur yang mudah digunakan bahkan bagi pemula.

 

5 Tools Desain untuk Membuat Konten Media Sosial 

 

 

 

  1. Canva

Apakah akhir-akhir ini Anda melihat gambar hasil desain dengan tema di rumah saja bertebaran di Instagram atau Facebook. Gambar-gambar keren itu dibuat menggunakan tools desain yang sedang naik daun belakangan ini, bernama Canva. Canva menawarkan banyak fitur menarik dan hasil yang oke. Uniknya, alat rancang grafis yang bisa diakses melalui desktop dan smartphone ini memiliki fitur drag and drop. Selain itu, Canva menyediakan banyak template menarik yang bisa Anda pilih. 

 

Begitupun dengan ukuran, Anda tak perlu pusing mengatur ukuran gambar agar pas saat digunakan untuk cover Facebook, logo, dan poster, Facebook Ads, Instagram feed, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan perangkat online ini untuk membuat desain grafis, bahkan untuk para pemula sekalipun. Cocok untuk membuat konten media sosial, poster, ilustrasi, cerita Instagram, dan lain sebagainya.

 

  1. Pablo 

Apabila Canva dinilai terlalu rumit bagi para pemula, cobalah Pablo yang lebih sederhana. Anda bisa bebas memilih templates, pengumuman, quotes, melakukan promosi, dan sebagainya. Keunggulannya, tool ini memungkinkan Anda untuk mengubah posisi teks hanya dengan sekali klik saja. Recommended bagi Anda yang ingin membuat ilustrasi blog, website bisnis, quotes, logo dan untuk postingan Pinterest.

 

 

  1. Piktochart 

Bagi yang menginginkan hasil desain grafisyang cantik, cobalah aplikasi Piktochart. Sama halnya seperti Canva, tool ini pun dilengkapi dengan fitur drag and drop sehingga proses mendesain konten media sosial Anda bisa jadi lebih cepat dan praktis dengan hasil maksimal. Sementara bagi Anda yang terbiasa melakukan presentasi dengan menggunakan Power Point, maka Anda juga bisa mencoba membuat slide presentasi menggunakan Piktochart sebagai variasi. Anda tinggal membuat slide untuk presentasi di sini, lalu mengunduh semua slide menjadi gambar yang akan disusun untuk presentasi. 

 

  1. Adobe Spark

Tool desain lainnya yang bisa digunakan adalah Adobe Spark. Selain bisa digunakan secara online menggunakan komputer PC atau laptop, aplikasi ini juga bisa diakses di ponsel pintar. Apabila ingin membuat halaman website yang keren, mudah diingat, serta menarik minat pengunjung, sebaiknya manfaatkan perangkat yang satu ini untuk menciptakannya sesuai dengan keinginan Abda. 

 

Dalam Adobe Spark sudah tersedia berbagai template yang menarik, profesional, dan juga bersih. Adanya template-template tersebut tak lain bermaksud untuk menghemat waktu para pengguna dalam melakukan desain. Anda bisa memilih template yang disukai, mengunggah gambar yang akan digunakan, lalu mengeditnya sesuai dengan kebutuhan. Membuat video menjadi salah satu fitur andalan. Dengan langkah yang mudah dan sederhana, Anda dengan mudah dan praktis mendapatkan video promosi yang berkualitas.

 

 

  1. Vectr 

Bagi Anda yang sedang mencari tool desainuntuk membuat grafis vektor, maka Vectr adalah jawaban yang tepat. Anda bisa merancang ikon atau logo dan favicon sendiri. Walaupun fitur yang ada di dalamnya tidak selengkap Adobe Illustrator, namun tetap saja Vectr sangat layak digunakan, khususnya bagi para pemula. Anda bisa melakukan desain grafis secara online, namun bisa juga mengunduh aplikasi desktopnya untuk mempermudah desain grafis yang Anda butuhkan. 

 

Itulah 5 tool desain yang bisa dipilih untuk memperlancar aktivitas Anda dalam melakukan digital marketing campaign, mulai dari membuat logo, sampul Facebook atau Twitter, konten harian untuk media sosial, iklan promo, poster dan lain sebagainya.