Apa yang dimaksud engagement pada Instagram?
Apa yang dimaksud engagement pada Instagram?
Engagement Instagram adalah sejumlah interaksi yang terjadi pada postingan Anda di platform Instagram. Interaksi tersebut dapat berupa jumlah like, komentar, dan share.
Yuk, baca ulasan lengkap mengenai pengertian engagement, kenapa penting, dan cara meningkatkan engagement Instagram di artikel ini.
Mengetahui angka engagement rate di Instagram dapat membantu Anda memahami kinerja setiap konten yang sudah Anda publish.
Anda jadi tahu, mana konten yang audiens sukai dan mana yang minim interaksi sehingga butuh perbaikan.
Hal ini karena engagement Instagram menunjukkan perbandingan antara jumlah interaksi dengan jumlah pengikut akun.
Artinya ketika jumlah pengikut besar, sementara jumlah interaksi kecil, maka Anda perlu memikirkan strategi baru untuk membuat audiens mau berinteraksi dengan konten-konten yang Anda post di Instagram.
Cara melihat dan menghitung engagement Instagram, Anda perlu mengubah akun personal menjadi akun bisnis terlebih dahulu.
Lalu, klik “Professional dashboard” dan pilih “See all”. Setelahnya lakukan pengaturan pada jangka waktu dengan memilih “Last 30 Days”.
Lihat jumlah “Accounts reached”, setelahnya bagi dengan “Account engaged” X 100.
Contoh:
Account reached = 17.500
Account engagement = 212.000
Maka perhitungan engagement rate Instagram:
17.500 / 212.000 x 100 = 8,25 persen.
Untuk tahu lebih banyak cara menghitung engagement, coba pelajari pada artikel yang berjudul: Rumus Engagement Rate.
Bagaimana cara meningkatkan keterlibatan pengguna di media sosial, terutama di Instagram? Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:
Mengenali target audiens akan memudahkan Anda mengenai preferensi, kebutuhan, dan keinginan mereka.
Setelahnya, Anda bisa menyesuaikan konten dengan target audiens tersebut.
Semakin relevan konten dengan audiens, semakin besar peluang audiens berinteraksi secara aktif di akun Instagram Anda.
Daripada mengunggah banyak konten yang kurang berkualitas, fokuslah pada konten yang berkualitas tinggi.
Konten yang relevan, menarik, dan bermanfaat akan lebih mungkin mendapatkan engagement yang tinggi.
Selain menarik dan relevan, memproduksi konten yang berkualitas adalah kunci untuk meningkatkan engagement di Instagram.
Oleh karena itu, Anda harus memastikan setiap konten memiliki nilai tambah, seperti memberi gambaran lengkap mengenai suatu produk.
Anda juga dapat memberi solusi untuk mengatasi masalah yang audiens hadapi, memberi data akurat tentang suatu hal, dan sebagainya.
Jangan lupa untuk merespons komentar audiens dengan cepat, sopan, dan dengan bahasa yang baik.
Ini cara terbaik untuk membangun kesan positif bahwa Anda adalah pemilik akun yang cepat tanggap, responsif, bahkan bisa meningkatkan kepercayaan audiens terhadap bisnis Anda.
Mengajukan pertanyaan kepada audiens juga bisa Anda lakukan untuk mendorong mereka ikut berdiskusi dan berinteraksi di konten Anda.
Lalu saat Anda dan banyak audiens saling berbalas komentar, maka keterlibatan dan interaksi pun akan terbangun dengan baik.
Promosikan konten secara tepat dan bijak kepada audiens yang relevan.
Anda bisa menyebarkan konten di media sosial lain, seperti di Facebook, Twitter, status Whatsapp, dan sebagainya.
Semakin tersebar luas konten-konten Anda, maka eksposur brand juga akan meningkat sehingga angka engagement rate Instagram milik Anda jadi semakin bagus.
Pastikan untuk menggunakan gambar dan video yang menarik, relevan, dan berkualitas tinggi, sebab sudah banyak bukti konten berbentuk video mampu menarik perhatian lebih banyak pengguna internet.
Saat menulis caption Instagram, jangan alakadarnya saja.
Buat caption sekreatif mungkin yang mendorong pengguna Instagram lain tergerak untuk memberi komentar, atau minimal memberi like.
Waktu posting dulunya memang sangat berpengaruh terhadap tingkat engagement. Namun saat ini sudah tidak lagi.
Pada prinsipnya, Anda perlu memposting konten ketika audiens aktif. Anda bisa cek dulu data insight untuk mengetahui jam berapa akun Anda ramai pengunjung.
Fitur stories pada beberapa platform media sosial, seperti Instagram, LinkedIn, dan Facebook, dapat membantu meningkatkan engagement.
Gunakan fitur ini untuk memberikan konten yang lebih spontan dan mengajak pengguna berinteraksi.
Giveaway adalah strategi yang populer digunakan di media sosial untuk meningkatkan engagement atau interaksi dari pengguna terhadap konten.
Tujuan utama penyelenggaraan giveaway untuk mendorong lebih banyak orang agar berpartisipasi, berinteraksi, dan terlibat dengan konten Anda.
Pada akhirnya, hal tersebut juga dapat meningkatkan visibilitas dan ketenaran akun Anda. Contohnya, Anda bisa menjadikan produk yang Anda promosikan sebagai hadiah giveaway.
Hashtag dapat membantu konten Anda ditemukan oleh lebih banyak orang. Gunakan hashtag yang relevan dan populer dalam industri Anda untuk meningkatkan jangkauan dan engagement.
Jangan lupa untuk berinteraksi dengan pengguna. Balas komentar, tanggapi pesan, dan tunjukkan perhatian kepada followers.
Melakukan live streaming memungkinkan Anda berinteraksi secara efektif dengan audiens.
Saat Anda sedang live, coba ajak audiens mendiskusikan suatu topik, jawab pertanyaan dari mereka, dan sebagainya.
Konsistensi dalam membangun brand identity membantu audiens mengenali brand dan produk yang Anda tawarkan dengan baik.
Untuk membangun brand identity, gunakan elemen visual dan pesan yang konsisten di setiap konten yang Anda publish ke Instagram.
Strategi pengaruh yang dimaksudkan di sini adalah bagaimana Anda memanfaatkan pengaruh seseorang yang begitu besar untuk memperluas jaringan koneksi, membangun kolaborasi, bahkan melakukan promosi.
Dalam dunia digital, Anda bisa menerapkan strategi pengaruh, misalnya bekerja sama dengan Influencer, Key Opinion Leader (KOL), bekerja sama dengan Blogger, atau berkolaborasi dengan brand lain dalam social media campaign.
Pantau dan evaluasi kinerja konten secara berkala.
Selain itu, identifikasi juga mana konten yang paling sukses dan gunakan informasi ini untuk meningkatkan strategi konten Anda di masa depan.
Fitur polling dan survey dapat membantu Anda memahami preferensi dan pendapat audiens dengan lebih baik.
Gunakan fitur ini untuk mengajukan pertanyaan dan melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan.
Memanfaatkan konten yang dibuat oleh pengguna atau yang dikenal dengan user generated content, adalah strategi yang efektif untuk memperkuat visibilitas brand sekaligus dapat meningkatkan keterlibatan.
Caranya, Anda bisa memantau konten di Instagram dan lihat ada tidak audiens yang memposting video terkait produk atau bisnis Anda.
Jika ada, maka respons dengan cara melakukan repost pada konten tersebut di akun bisnis Anda sendiri.
Anda juga bisa membuat kontes misalnya lomba bikin video dengan menggunakan produk atau layanan bisnis Anda.
Minta mereka posting di akun Instagram masing-masing dan beri tag, mention, juga hashtag. Agar lebih seru, beri penghargaan untuk video terbaik atau yang paling berhasil membangun interaksi dengan followers-nya.
Demikian pengertian engagement hingga 19 cara meningkatkan engagement Instagram. Anda bisa mencoba semua tips di atas.
Lalu kalau sudah, lakukan evaluasi dan hitung engagement rate. Berikut ini: Rumus Menghitung Engagement Rate Instagram untuk Keperluan Campaign.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC