Facebook Ads menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif untuk bisnis, baik kecil maupun besar.
Facebook Ads menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif untuk bisnis, baik kecil maupun besar.
Dengan lebih dari 2,8 miliar pengguna aktif setiap bulan, Facebook menjadi tempat yang sangat strategis bagi para pebisnis dan marketer untuk mempromosikan produk, layanan bisnis, atau jasa.
Apakah Anda baru pertama mengenal Facebook Ads dan merasa kesulitan menggunakannya? Kalau iya, jangan khawatir.
Di artikel Redcomm Knowledge ini, Anda bisa mempelajari apa itu Facebook Ads, manfaat Facebook Ads, serta jenis-jenis iklan yang tersedia untuk Anda manfaatkan.
Facebook Ads adalah platform periklanan yang disediakan oleh Facebook untuk membantu Anda, baik pemilik bisnis maupun individu, menjangkau audiens yang lebih luas dan lebih spesifik melalui iklan berbayar.
Menggunakan Facebook Ads memungkinkan Anda:
Secara lengkap mengenai manfaat memasang iklan di Facebook Ads bisa Anda baca pada penjelasan di bawah ini.
Menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan produk atau layanan memiliki banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:
Facebook memiliki basis pengguna yang sangat besar dan beragam, sehingga membantu Anda menjangkau audiens dari berbagai kalangan
Ini sesuai dengan data survei yang pernah Neil Patel rilis pada situsnya, bahwa jumlah pengguna aktif bulanan Facebook yang lebih dari 2,8 miliar tersebut menjadikan Facebook sebagai platform pemasaran digital terbesar di dunia.
Ketika Anda memasang iklan dengan menargetkan audiens yang sangat spesifik, otomatis iklan Anda akan tampil pada orang-orang yang tepat.
Cara ini efektif untuk memastikan iklan sampai pada orang-orang yang memiliki kemungkinan besar tertarik dengan produk maupun layanan yang Anda tawarkan.
Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, seperti iklan televisi atau media cetak, Facebook Ads menawarkan biaya yang jauh lebih terjangkau, fleksibel, dan bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan.
Anda dapat memulai kampanye iklan dengan anggaran yang sangat rendah, bahkan hanya beberapa ribu rupiah per hari.
Apakah hasilnya akan berbeda antara iklan berbayar mahal dan murah? Ternyata tidak lho. Facebook menjamin hasilnya akan sama baiknya, selama Anda melakukan setting Facebook Ads tepat sasaran.
Selain itu, pengontrolan anggaran iklan juga Anda yang tentukan, karena Anda bisa memilih untuk membayar berdasarkan klik (CPC), tayangan (CPM), atau konversi. Semuanya akan menguntungkan asalkan Anda menerapkan strategi yang tepat.
Facebook Ads sangat efektif dalam membangun dan meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness.
Hal ini karena tersedianya berbagai fitur targeting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan target audiens yang mau dijangkau.
Dengan Facebook Ads, Anda bisa menargetkan iklan secara terperinci dan spesifik.
Anda dapat memilih dan menentukan audiens seperti apa yang mau dijangkau sehingga potensi tercapainya tujuan menjadi lebih besar.
Saat beriklan menggunakan Facebook Ads, Anda bisa mengoptimalkan strategi iklan sesuai tujuan dan audiens yang mau dijangkau.
Tinggal gunakan saja beragam format dan jenis iklan yang tersedia sesuai kebutuhan digital campaign bisnis Anda, seperti gambar, video, carousel, maupun slideshow.
Kalau baru pertama kali mengenal Facebook Ads, maka Anda bisa mengikuti cara menjalankan iklan di Facebook Ads.
Karena tersedia fitur analitik yang lengkap, Anda jadi bisa memantau performa iklan secara langsung dan real time.
Misalnya, Anda bisa melihat seberapa banyak orang yang mengklik iklan, mengunjungi situs web, atau melakukan pembelian. Anda jadi bisa mengoptimalkan iklan berdasarkan data yang akurat.
Kelebihan berikutnya yang Facebook Ads miliki adalah data statistik yang lengkap sehingga sembari iklan berjalan, Anda tetap menganalisis semua matriks, seperti tayangan, klik, konversi, dan Return on Investment.
Di saat yang sama, Anda bisa sembari melakukan optimasi agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.
Nah, sekarang Anda sudah paham mengenai apa itu Facebook Ads dan manfaatnya untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis.
Namun sebelum menerapkan pemasangan iklan di platform periklanan ini, mending pelajari dan baca dulu tentang pentingnya Menggali Consumer Insight dari Data Facebook, Membidik Konsumen Premium.
Lalu, jangan lupa pahami dan pastikan Anda tahu mengenai 21 Istilah Penting dalam Facebook Ads dan Jenis Iklan Facebook Ads yang nantinya bakal Anda temui saat memasang iklan berbayar di Facebook.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC