knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Jenis Format Ikla...

Jenis Format Iklan Facebook Ads yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Bisnis

16 Nov  · 
3 min read
 · 
eye 8  
Social Media

Jenis Format Iklan Facebook Ads

Facebook Ads menawarkan peluang besar bagi bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, dan mengoptimalkan konversi dengan biaya yang terjangkau. 

Dengan berbagai jenis format iklan yang tersedia, Anda dapat memilih format yang paling sesuai dengan tujuan bisnis. 

Nah, supaya bisa memilih dan menggunakan jenis iklan yang tepat, cari tahu yuk berbagai tipe dan jenis iklan Facebook Ads yang sudah tersedia dan cara menggunakannya.

Tipe dan Jenis Format Iklan Facebook Ads

Berdasarkan survei yang dilakukan HubSpot, sekitar 74% marketer sudah membuktikan kalau Facebook Ads adalah alat pemasaran yang sangat efektif untuk membangun hubungan dengan audiens dan meningkatkan penjualan. 

Dengan catatan Anda bisa memilih iklan yang tepat dan relevan dengan target audiens. Berikut beberapa jenis format iklan yang bisa Anda pilih:

1. Image Ads (Iklan Gambar)

Iklan gambar adalah jenis iklan yang paling sederhana dan paling umum digunakan di Facebook. 

Anda cukup menambahkan gambar yang menarik, berkualitas tinggi, dan relevan dengan produk atau layanan bisnis yang ingin Anda promosikan.

Kemudian tambahkan teks atau deskripsi singkat yang persuasif dan Call to Action (CTA) untuk mengarahkan audiens melakukan tindakan tertentu yang Anda inginkan. 

Jenis iklan ini cocok untuk meningkatkan brand awareness, memperkenalkan produk baru, atau saat mau menarik perhatian konsumen baru.

2. Video Ads (Iklan Video)

Video adalah format iklan yang semakin populer karena lebih interaktif dan bisa mendorong audiens mau berinteraksi dengan konten iklan Anda. 

Menggunakan jenis format iklan video ads, Anda dapat menunjukkan cara kerja produk, cara menggunakan produk, video tutorial, membagikan testimoni dari pengguna produk, serta bisa pula berbagi cerita yang dapat memikat audiens. 

Iklan video biasanya lebih efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan engagement rate dibandingkan dengan iklan gambar.

Tips mengoptimalkan iklan video, yaitu:

  • Buat video pendek dengan durasi 15-30 detik.
  • Gunakan hook yang menarik pada 8 detik pertama untuk memancing audiens menonton video Anda sampai selesai.
  • Video yang emosional atau informatif seringkali memiliki performa lebih baik.
  • Pastikan ada CTA di dalam video atau caption agar audiens tahu apa yang harus mereka lakukan selanjutnya setelah menonton video.
  • Terapkan advertising symbiosis untuk memproduksi video yang berpotensi viral.

3. Carousel Ads (Iklan Carousel)

Iklan carousel adalah bentuk iklan yang berisi beberapa gambar atau video dalam satu iklan.

Untuk menikmati format iklan ini, audiens tinggal menggeser gambar atau video sehingga semua pesan yang ingin Anda sampaikan bisa mereka dapatkan.

Karena terdapat beberapa slide yang berisi gambar atau video, Anda bisa menyematkan tautan ke landing page yang berbeda di masing-masing slide

Tentunya format iklan ini sangat efektif saat Anda perlu menampilkan beberapa produk atau fitur dalam satu iklan.

4. Collection Ads (Iklan Koleksi)

Iklan koleksi adalah format iklan yang menampilkan gambar atau video utama diikuti beberapa gambar produk atau gambar pendukung. 

Ketika pengguna mengklik iklan, mereka akan diarahkan ke tampilan layar penuh berisi katalog produk.

Tentunya hal ini akan memberikan pengalaman belanja yang lebih praktis bagi audiens karena mereka bisa langsung melihat lebih banyak produk, bahkan melakukan pembelian, tanpa harus meninggalkan Facebook.

Jenis format iklan Facebook Ads yang satu ini sangat cocok untuk e-commerce, online shop, maupun Anda yang bekerja mempromosikan produk di marketplace menggunakan Facebook Ads.

5. Slideshow Ads (Iklan Slideshow)  

Jika tidak memiliki maupun belum sempat membuat video untuk iklan, Anda bisa memanfaatkan format iklan slideshow

Format ini memungkinkan Anda menyusun beberapa gambar dalam urutan tertentu dan mengubahnya menjadi video pendek.

Dibandingkan dengan video biasa yang bisa jadi file videonya besar, membuat video menggunakan slideshow ads jauh lebih praktis dan Anda bisa menjangkau audiens yang menggunakan koneksi internet lambat karena ukuran videonya yang kecil.

Di saat yang sama, Anda bisa menghemat biaya produksi video karena cukup menggunakan beberapa gambar berkualitas tinggi yang digabung-gabungkan. Meski begitu, slideshow tetap efektif menampilkan pesan pemasaran. 

Video Anda juga tetap bisa interaktif dengan menambahkan musik, dan hasil iklannya pun tetap bagus asalkan Anda melakukan pengaturan atau setting target dengan benar.

6. Messenger Ads (Iklan Pesan)  

Format iklan messenger ads bisa Anda gunakan kalau ingin membangun interaksi dan memulai percakapan dengan audiens di Facebook Messenger

Begitu Anda selesai melakukan pengaturan iklan, maka iklan Anda akan muncul di messenger sehingga memberi pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan potensial.

Mungkin tidak langsung bisa menciptakan konversi dalam satu kali pemasangan iklan ya. Tetapi kalau hubungan antara brand dan audiens sudah terjalin kuat, tak menutup kemungkinan konversi akan lebih banyak terjadi dengan format iklan Facebook yang satu ini.

7. Stories Ads (Iklan di Stories) 

Iklan di Facebook Stories adalah bentuk iklan vertikal yang tampil di bagian atas feed Facebook atau Instagram pengguna. 

Iklan ini cenderung menarik karena tampil secara instan dan bisa bersifat sementara, sekaligus dapat memberikan rasa urgensi kepada audiens untuk bertindak cepat.

Kunci Sukses Beriklan di Facebook Ads

Kesuksesan memasang iklan di Facebook Ads sangat bergantung pada penentuan tujuan yang ingin Anda capai. 

Maka mau tidak mau Anda perlu menentukan tujuan atau goals, baru kemudian memilih jenis format iklan Facebook Ads yang paling sesuai.

Nah, beberapa pilihan tujuan kampanye yang bisa menguntungkan Anda, antara lain:

  • Brand Awareness, untuk meningkatkan kesadaran merek.
  • Lead Generation, bisa menjadi tujuan beriklan kalau Anda ingin mengumpulkan informasi kontak dari audiens.
  • Conversions atau konversi bisa Anda pilih kalau tujuan Anda memasang iklan berbayar di Facebook untuk meningkatkan CTR ke landing page atau mau meningkatkan penjualan.
  • Traffic menjadi tujuan kampanye untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs web bisnis.

Facebook Ads menjadi media periklanan yang menyediakan berbagai jenis format iklan. 

Anda bisa memilih format yang paling sesuai dengan tujuan kampanye yang ingin Anda capai, baik itu untuk meningkatkan brand awareness maupun mengoptimalkan penjualan. 

Tapi pastikan Anda sudah memiliki kemampuan targeting yang spesifik ya, supaya bisa menghemat biaya iklan dan mendapatkan hasil yang optimal.

Untuk itu, miliki pengetahuan tentang cara melakukan segmentasi audiens, memahami efektivitas Facebook Reach & Frequency atau Auction, dan jangan lupa pelajari juga Istilah Penting dalam Facebook Ads.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER