MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Tips dan Cara Membuat Landing Page Tinggi Konversi

23 Dec  · 
2 min read
 · 
eye 582  
Website & Mobile Apps

redcomm

Landing page adalah halaman di dalam website yang dibuat secara khusus untuk berbagai tujuan, seperti untuk promosi, strategi lead generation, meningkatkan interaksi audiens dengan konten di situs web, hingga menciptakan konversi dan penjualan. 

Untuk itu, Anda perlu membuat landing page yang menarik, mulai dari penggunaan headline yang persuasif, tersedia gambar maupun video terkait produk, Call to Action (CTA), deskripsi produk, dan sebagainya. Yuk, simak cara membuat landing page di bawah ini.

7 Cara Membuat Landing Page yang Menarik

Agar landing page tampil menarik dan bisa menciptakan konversi sesuai harapan, Anda perlu memiliki perencanaan matang. 

Hal ini karena landing page bukan hanya mewakili image dari produk atau layanan bisnis, namun menjadi “pintu masuk” dan kunci untuk meningkatkan konversi dan kepercayaan pelanggan.

Untuk itu, ikuti yuk langkah-langkah membuat landing page ini:

1. Menentukan Tujuan dengan Jelas

Sebelum membuat landing page, tentukan dulu tujuan yang jelas dan spesifik. Sebab, tujuan yang berbeda akan menghasilkan tampilan landing page yang juga berbeda. Berikut beberapa tujuan pembuatan landing page yang biasanya ingin dicapai oleh para pebisnis:

  • Meningkatkan penjualan.
  • Mengumpulkan informasi pelanggan, seperti nama, email, nomor telepon, hobi, pekerjaan, jenis kelamin, dan lainnya.
  • Mengarahkan pengunjung ke halaman lain. Bisa halaman berisi informasi lengkap terkait produk atau layanan. Bisa juga langsung ke halaman pemesanan.

Menentukan tujuan yang jelas akan memudahkan Anda merancang desain dan tampilan, menyediakan image, foto, banner, bahkan desain CTA yang menarik. Tentu semuanya agar hasil dari landing page ini sesuai dengan target yang ingin dicapai.

2. Merancang Desain Landing Page

Desain landing page tidak hanya terpaku pada keindahan visual saja. Anda harus membuat desain halaman landing responsif untuk berbagai jenis perangkat yang audiens gunakan. 

Selain itu, pastikan tata letaknya sesuai dan pas, tidak mudah bergeser, setiap elemen landing page harus fokus pada fungsinya, serta desain keseluruhan sesuai brand image bisnis Anda.

Supaya lebih terstruktur, perhatikan beberapa hal berikut saat merancang desain landing page:

  • Informasi produk atau layanan yang ingin Anda tonjolkan.
  • Testimoni pelanggan setia.
  • Call to Action (CTA) yang efektif.
  • Elemen desain, seperti teks dan gambar yang bisa mendukung pesan yang ingin disampaikan.

Merancang desain landing page sejak awal akan membantu Anda memastikan bahwa setiap bagian pada halaman itu selaras dan konsisten. Agar proses merencanakan dan membuat desain berjalan lancar, coba cari tahu juga Standar Penentuan Landing Page Dikatakan Berkualitas Baik.

3. Buatlah Headline yang Menarik

Headline atau judul halaman merupakan bagian yang pertama audiens lihat ketika berkunjung ke suatu website bisnis. Jadi, sangat penting untuk membuat headline yang persuasif, menarik, singkat, padat dan jelas.

Anda boleh juga lho menggunakan frasa atau kalimat yang bisa mengundang rasa penasaran. Namun, hindari clickbait dan kata yang ambigu. Fokuslah pada nilai tambah atau keunikan produk.

Dengan cara ini, calon pelanggan akan tertarik untuk berkunjung dan mencari tahu lebih banyak ada apa saja di halaman landing

Jika tertarik, mereka akan dengan senang hati melakukan permintaan Anda, seperti memberi data diri, meninggalkan alamat email di formulir yang telah tersedia, hingga langsung check out keranjang belanja untuk melakukan pembelian.

Contoh headline yang menarik:

  • Inilah Cara Menghasilkan Uang Lebih Banyak dari TikTok
  • Rahasia Bruntusan Hilang dalam 5 Hari. Klik di Sini!
  • Ingin Traffic Organic Situs Bisnis Naik? Hubungi Kontak Redcomm.

4. Ciptakan Opening yang Menarik

Selain membuat judul yang menarik, Anda juga harus berusaha menciptakan opening atau paragraf pembuka semenarik mungkin. 

Pilihlah kata-kata yang memikat dan memberikan rasa penasaran kepada calon pelanggan. Harapannya, mereka ingin terus membaca dan mencari tahu lebih jauh tentang produk, brand, atau layanan yang Anda tawarkan.

Pada bagian ini, Anda juga bisa menjelaskan secara singkat mengenai spesifikasi dan detail produk, beserta kelebihan dan manfaatnya bagi konsumen. 

Sertakan pula latar belakang kenapa Anda mempromosikan produk. Jangan lupa, tambahkan benefit yang akan konsumen dapatkan jika melakukan pembelian produk dalam jangka waktu yang sudah Anda tentukan.

5. Buatlah Deskripsi yang Jelas

Setiap bagian dalam landing page saling berkesinambungan dan memiliki peranan yang penting, tidak terkecuali penggunaan deskripsi yang lengkap. 

Penulisan deskripsi sebaiknya tidak bertele-tele dan terlalu panjang. Lebih baik singkat, padat, dan jelas untuk memudahkan calon konsumen memahaminya. 

Dari deskripsi ini pula, calon konsumen bisa mengenal bisnis Anda dengan lebih baik, kemudian memutuskan apakah akan melakukan konversi atau tidak.

6. Gunakan CTA Semenarik Mungkin

Call to action (CTA) tidak kalah penting peranannya di dalam suatu landing page. CTA nantinya berperan mengarahkan calon konsumen untuk melakukan tindakan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. 

Misalnya, melakukan pemesanan produk yang Anda tawarkan, mengisi survei, atau melakukan konversi dalam bentuk lain. 

Beberapa kata yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi calon konsumen yang biasanya digunakan dalam CTA, antara lain: 

  • Beli sekarang sebelum kehabisan!
  • Masukkan ke Keranjang dan dapatkan voucher potongan harga.
  • Klik di sini dan dapatkan hadiah Anda!

7. Berikan Testimoni

Untuk membuat calon konsumen semakin yakin dengan produk dan layanan yang ditawarkan, Anda bisa menyertakan testimoni. Bisa berupa cerita sukses atau review positif dari pelanggan sebelumnya.

Testimoni positif bisa memberi pengaruh yang baik dan menimbulkan kepercayaan kepada calon konsumen untuk ikut mencoba produk. Kemudian merasakan hal yang sama seperti pembuat testimoni.


Beberapa tips membuat landing page dalam artikel ini bisa menjadi pedoman ketika Anda perlu membuat landing page yang menarik dan mampu memberikan dampak yang besar bagi bisnis. Jika membutuhkan konsultasi, bisa lho menghubungi digital agency Jakarta dengan klik halaman kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER