Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu cara meningkatkan kuantitas dan kualitas traffic pada sebuah situs. Anda pasti sudah mengenal tentang SEO, karena menjadi faktor penting saat melakukan digital marketing websites. SEO dapat membantu halaman web Anda muncul di peringkat atas hasil pencarian Google. Nah, untuk mengoptimalkannya, ada beberapa ekstensi browser yang bisa digunakan.

 

Mengenal Ekstensi Browser dan Fungsinya

Sebelum mengulas tentang add-ons yang bisa Anda tambahkan di peramban, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsinya. Jadi, ekstensi atau add-ons ini merupakan plugin yang bisa ditambahkan pada browser untuk meningkatkan performa atau mendapatkan pengalaman terbaik saat mengakses halaman situs. 

 

Pada browser Chrome, ekstensi bisa ditambahkan melalui menu fitur lainnya, kemudian ekstensi. Lalu, buka Chrome webstore untuk mencari plugin yang dibutuhkan. Sementara pada Firefox, Anda bisa menambahkannya pada menu add-ons. Sementara untuk Internet Explorer atau Microsoft Edge, Anda bisa mengaksesnya di menu extensions, tekan get extensions for Microsoft Edge. Berikut ini beberapa ekstensi terbaik yang bisa Anda coba!

 

  1. Meta SEO Inspector

Plugin yang satu ini bisa membantu Anda untuk memeriksa situs ataupun halaman artikel dengan menampilkan judul, meta deskripsi, alt image, heading dan subheading, link internal dan eksternal, serta untuk memeriksa status URL-nya DoFollow atau NoFollow, dan lain-lain.

 

Selain itu, Meta SEO Inspector akan memberitahukan bagian mana saja yang harus diperbaiki agar situs atau halaman yang diperiksa menjadi SEO friendly. Ekstensi ini bisa Anda pasang di Chrome.

 

 

  1. SEOQuake

SEOQuake tersedia di Chrome dan Firefox yang bisa menunjukkan banyak parameter SEO dari situs yang dikehendaki. Apa saja itu? SEOQuake dapat menampilkan page rank, jumlah halaman yang terindeks di Google dan Bing, jumlah eksternal dan internal link, hal yang harus diperbaiki, keyword density, serta membandingkan situs atau halaman Anda dengan kompetitor. Ini sangat berguna bagi pebisnis yang ingin memahami kerja creative agency websites. Selain itu, informasi mengenai meta deskripsi dan canonical pun bisa Anda lihat.

 

  1. Web Developer

Web Developer adalah ekstensi yang dikembangkan oleh Chris Pederick dan tersedia di browser Chrome, Firefox, dan Opera. Fungsinya, untuk menonaktifkan JavaScript, yaitu suatu elemen kunci pada halaman web yang dapat memiliki implikasi signifikan untuk SEO. Dengan menggunakan Web Developer, Anda dapat menemukan penyebab masalah teknis yang terjadi dan mempengaruhi kinerja situs.

 

Hal yang perlu diperhatikan mengenai SEO adalah cache. Data yang disimpan dalam cache dapat mempengaruhi kinerja loading halaman website dan memberi Anda data yang tidak akurat. Nah, dengan menggunakan Web Developer, Anda hanya perlu melakukan satu klik dan semua cache berhasil dihilangkan.

 

Kelebihan lain dari Web Developer, tersedia fitur pemilihan warna, sehingga sangat berguna untuk mempersonalisasi dokumen yang akan dikirim ke klien. Selain itu, juga dapat menonaktifkan semua atau beberapa informasi file yang tidak digunakan serta menampilkan data gambar mencakup dimensi, ukuran gambar, dan juga tag alt.

 

 

  1. Link Redirect Trace

Link Redirect Trace merupakan add-ons peramban yang dapat memberitahu Anda, apakah sebuah link melalui pengalihan atau tidak, sehingga bisa membantu dalam menemukan inefisiensi yang disebabkan oleh rantai pengalihan. Untuk diketahui, rantai pengalihan yang tidak efisien dapat mempengaruhi kinerja pencarian organik halaman web Anda. Link Redirect Trace bisa Anda akses melalui Chrome dan Firefox.

 

  1. Linkclump

Linkclump memungkinkan Anda menyalin semua tautan yang diperlukan pada halaman hanya dengan melakukan klik dan seret. Artinya, Anda hanya dapat memilih link yang diinginkan di halaman dan membuka semuanya sekaligus di tab terpisah. Linkclump hanya tersedia di Chrome dan Firefox. Fungsi lain dari ekstensi ini, sangat berguna dalam mengekstrak URL dan teks tautan dari SERP.

 

  1. Multilink

Apakah Anda senang membuka banyak tautan sekaligus? Jika begitu, Multilink akan membuatnya lebih mudah. Sebab, Anda tidak perlu menambahkan setiap tautan secara manual ke tab baru. Hal ini tentunya sangat berguna, terutama ketika Anda perlu melakukan audit backlink

 

Multilink juga mendukung Anda untuk membuka tautan tanpa membebani CPU secara berlebihan, sehingga Anda dapat membuka banyak URL yang memiliki fungsi serupa, menyalin dan menempelkan seluruh blok teks HTML ke dalam kotak, sekaligus mengekstrak URL dalam proses yang lebih cepat. Ekstensi ini dapat diakses melalui Chrome.

 

 

  1. View Rendered Source

View Rendered Source bisa membantu Anda saat membandingkan, bagaimana halaman yang di-render berbeda dengan sumber HTML asli, dan menyoroti baris kode yang telah ditambahkan atau dihapus dalam versi rendering sepenuhnya. Misalnya, Anda ingin mengaudit teknis untuk situs Anda, lalu menjalankan dan membandingkan dua situs crawl, dengan perenderan JavaScript dan satu lagi tidak. Menggunakan ekstensi View Rendered Source, memungkinkan Anda mengidentifikasi secara tepat tautan mana pada halaman yang diubah oleh JavaScript.

 

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menggunakan ekstensi browser di atas dalam mengoptimalkan penggunaan SEO di halaman website? Anda hanya perlu mempelajari semua ekstensi browser tersebut dan memahami fungsinya, sehingga dapat memudahkan dalam mengoperasikannya. Atau Anda bisa pula bekerja sama dengan digital agency Jakarta untuk penerapan teknik SEO yang lebih mumpuni dan bisa membantu website bisnis Anda mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari Google. Selamat mencoba!