Seperti yang sudah Anda tahu bahwa Google adalah segalanya. Ya, pernyataan ini memang benar adanya, mengingat Google masih menjadi mesin pencari teratas dan paling mendominasi.
Seperti yang sudah Anda tahu bahwa Google adalah segalanya. Ya, pernyataan ini memang benar adanya, mengingat Google masih menjadi mesin pencari teratas dan paling mendominasi.
Tak heran, masyarakat dunia maupun di Indonesia lebih sering menggunakan mesin pencari Google untuk mencari berbagai informasi maupun bisnis.
Bahkan mungkin banyak di antara Anda yang beranggapan hanya Google satu-satunya mesin pencari yang ada di internet.
Padahal selain Google, masih ada search engine lain yang juga berguna untuk menemukan berbagai informasi yang Anda butuhkan.
Pada artikel kali ini, Redcomm Knowledge akan mengajak Anda mencari tahu daftar mesin pencari yang ada di dunia selain Google.
Kenapa hal ini penting? Karena bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu di internet, baik sebagai pengusaha, profesional, digital marketer, bahkan profesi lain yang mengandalkan keberadaan internet dan mesin pencari, semua jenis search engine bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis sekaligus penerapan strategi digital marketing.
Banyak pilihan mesin pencari yang dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Dengan catatan Anda sudah memahami dengan baik cara kerja mesin pencari.
Tujuannya tentu saja supaya Anda dapat memanfaatkan search engine untuk penerapan strategi digital marketing yang lebih baik.
Berikut ini ada 5 daftar dari mesin pencari, selain Google, yang memiliki banyak manfaat bagi usaha Anda.
Yandex punya banyak fitur yang dapat Anda gunakan sebagai mesin pencari pengganti layanan Google.
Pada awal berdirinya, Yandex berkomitmen untuk membantu penggunanya dalam menjalankan bisnis.
Salah satu keunikan dari layanan Yandex adalah tidak hanya bisa digunakan sebagai mesin pencari saja, melainkan juga dapat menampilkan berbagai jenis layanan, seperti layanan dalam bentuk gambar, video, penerjemahan, email, hingga layanan App Metrica.
Dengan hadirnya berbagai layanan ini, Yandex juga dapat disetarakan dengan Google.
Bing dengan alamatnya di www.bing.com adalah produk berteknologi baru yang merupakan besutan dari Microsoft.
Teknologi PowerSet yang digunakan, diklaim mampu memberikan hasil informasi dari mesin pencari yang jauh lebih akurat.
Kelebihan dari Bing, mesin pencari ini memiliki kelompok pencarian berdasarkan 4 kategori, antara lain pencarian halaman situs maupun website, gambar, informasi berita, hingga mencari siapa dan apa yang paling banyak ingin diketahui pengguna.
Bing juga menghadirkan fitur Bing Place for Business yang dapat menjadi alternatif pengganti Google My Business. Manfaat fitur ini untuk mempermudah Anda mempromosikan bisnis.
Selanjutnya, ada mesin pencari Baidu yang bisa dibilang paling populer dan terkemuka di China. Meski penggunaannya hanya populer di negara China, namun Baidu mampu bersaing di pasar global.
Layanan ini sukses meraih pangsa pasar global yang sangat besar dan terus mengalami pertumbuhan.
Jika Anda adalah pebisnis yang melebarkan sayap bisnis ke wilayah China, maka penting bagi Anda mempelajari cara kerja mesin pencari bernama Baidu.
Dengan mengetahui cara kerjanya, Anda bisa menerapkan strategi digital marketing dan menetapkan target market yang lebih spesifik.
Dogpile adalah layanan mesin pencari yang menampilkan kombinasi dari beberapa mesin pencari populer, seperti Yahoo!, Google, Yandex, hingga MSN. Mesin pencari bernama Dogpile ini diklaim mampu menampilkan hasil pencarian lebih akurat.
Maka tidak ada salahnya, sesekali Anda mencoba mesin pencari ini untuk tahu bagaimana konten-konten yang Anda buat terbaca di berbagai mesin pencari, termasuk di Dogpile.
Tujuannya, semakin mudah situs bisnis Anda ditemukan di berbagai mesin pencari, semakin luas pula jangkauan bisnis dan pemasaran digital yang Anda lakukan.
Yahoo! menawarkan layanan informasi yang kredibel, termasuk dengan hadirnya Yahoo! Answers. Layanan ini juga menyajikan banyak informasi yang lebih tertarget dan spesifik.
Terdapat pula layanan Yahoo! Finance yang memiliki manfaat dalam menghadirkan sumber terbaru informasi ekonomi maupun bisnis.
Daftar mesin pencari di atas, tentu saja memiliki keunggulan dan juga kekurangan masing-masing. Untuk layanan bisnis, pilih yang sekiranya sesuai dengan layanan yang Anda butuhkan, sehingga tujuan bisnis dapat tercapai dengan lebih mudah.
Search engine atau mesin pencari apa pun memiliki tools dan perangkat spesifik yang mereka buat sendiri untuk mengumpulkan data, kata, image, maupun informasi dari internet.
Seluruh data tersebut nantinya mereka gunakan untuk melakukan pengkategorian, mana konten yang relevan dengan keyword atau query yang diinput pengguna internet di kolom pencarian, dan itulah yang nantinya akan dimunculkan.
Itulah sebabnya, Anda perlu pula melengkapi pengetahuan tentang cara riset keyword.
Hal berikutnya, memahami cara kerja masing-masing mesin pencari memungkinkan Anda menyesuaikannya dengan strategi digital marketing yang mau Anda terapkan. Termasuk ketika Anda perlu menerapkan Tips Optimasi SEO untuk Konten Website.
Ini nantinya membantu memudahkan setiap konten tampil di halaman hasil pencarian. Jangan lupa, pastikan setting robots.txt di website bisnis Anda sudah benar. Hal ini karena robots.txt berguna dalam proses crawling maupun indexing.
Kemudian, website maupun struktur konten yang berkualitas tadi akan bisa mendapatkan pengindeksan untuk mendapatkan posisi di mesin pencari.
Pada Google dikenal dengan page rank Google. Nah, penentuan peringkat menjadi hal yang sangat krusial, mengingat ada jutaan konten baru setiap hari yang membanjiri mesin pencari.
Anda tentu membutuhkan upaya khusus agar konten milik Anda bisa bersaing dengan jutaan konten tersebut dan bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna internet.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC