Seperti yang sudah Anda tahu bahwa Google adalah segalanya. Ya, pernyataan ini memang benar adanya, mengingat Google masih menjadi mesin pencari teratas dan paling mendominasi. Tak heran, masyarakat dunia maupun di Indonesia lebih sering menggunakan mesin pencari Google untuk berbagai kebutuhan informasi maupun bisnis. Bahkan mungkin banyak di antara Anda yang beranggapan bahwa Google adalah salah satu-satunya mesin pencarian yang ada.

 

Padahal selain Google, masih ada search engine lain yang juga sering digunakan sebagai mesin pencari informasi. Pada artikel kali ini, Redcomm knowledge akan mengajak Anda untuk mencari tahu daftar mesin pencari yang ada di dunia selain Google. 

 

Kenapa hal ini penting? Karena bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu di internet, baik sebagai pengusaha, profesional, digital marketer, bahkan profesi lain yang mengandalkan keberadaan internet dan mesin pencari, semua jenis search engine bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis sekaligus penerapan strategi digital marketing

 

Inilah Beberapa Daftar Mesin Pencari selain Google

Banyak pilihan mesin pencari yang dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Dengan memahami cara kerja mesin pencari, Anda dapat memanfaatkan search engine untuk penerapan strategi digital marketing yang lebih baik. Berikut ini ada 5 daftar dari mesin pencarian, selain Google, yang memiliki banyak manfaat bagi usaha Anda.

 

 

  1. Yandex

Yandex punya banyak fitur yang dapat Anda gunakan sebagai mesin pencari pengganti layanan Google. Pada awal berdirinya, Yandex berkomitmen untuk membantu penggunanya dalam menjalankan bisnis. Salah satu keunikan dari layanan Yandex adalah tidak hanya bisa digunakan sebagai mesin pencari saja, melainkan juga dapat menampilkan berbagai jenis layanan, seperti layanan dalam bentuk gambar, video, penerjemahan, email, hingga layanan App Metrica. Dengan hadirnya berbagai layanan ini, Yandex juga dapat disetarakan dengan Google analytics.

 

  1. Bing 

Bing dengan alamatnya di www.bing.com adalah produk berteknologi baru yang merupakan besutan dari Microsoft. Teknologi PowerSet yang digunakan, diklaim mampu memberikan hasil informasi dari mesin pencari yang jauh lebih akurat. 

 

Kelebihan dari Bing, mesin pencari ini memiliki kelompok pencarian berdasar 4 kategori, antara lain pencarian halaman situs maupun website, gambar, informasi berita, hingga mencari siapa dan apa yang paling banyak ingin diketahui pengguna. 

 

Bing juga menghadirkan fitur Bing Place for Business yang dapat dijadikan alternatif pengganti Google My Business. Manfaat fitur ini untuk mempermudah Anda mempromosikan bisnis.

 

  1. Baidu

Selanjutnya, ada mesin pencari Baidu yang bisa dibilang paling populer dan terkemuka di China. Meski penggunaannya hanya populer di negara China, namun Baidu mampu bersaing di pasar global. Layanan ini sukses meraih pangsa pasar global yang sangat besar dan terus mengalami pertumbuhan.

 

Jika Anda adalah pebisnis yang melebarkan sayap bisnis ke wilayah China, maka penting bagi Anda untuk mempelajari cara kerja mesin pencari bernama Baidu. Dengan mengetahui cara kerjanya, Anda bisa menerapkan strategi digital marketing dan menetapkan target market yang lebih spesifik.

 

  1. Dogpile

Layanan Dogpile menampilkan kombinasi dari mesin pencarian populer seperti Yahoo!, Google, Yandex, hingga MSN. Manfaat Dogpile bagi bisnis adalah klaim yang mampu menampilkan hasil pencarian lebih akurat. Tidak ada salahnya, sesekali Anda mencoba mesin pencari ini untuk tahu bagaimana konten-konten yang Anda buat terbaca di berbagai mesin pencari, termasuk pada Dogpile. Tujuannya, semakin mudah situs bisnis Anda ditemukan di berbagai mesin pencari, semakin luas pula jangkauan bisnis Anda.

 

 

  1. Yahoo! 

Yahoo! menawarkan layanan informasi yang kredibel, termasuk dengan hadirnya Yahoo! Answers. Layanan ini juga menyajikan banyak informasi yang lebih tertarget dan spesifik. Terdapat pula layanan Yahoo! Finance yang memiliki manfaat dalam menghadirkan sumber terbaru informasi ekonomi maupun bisnis.

 

Daftar mesin pencari di atas, tentu saja memiliki keunggulan dan juga kekurangan masing-masing. Untuk layanan bisnis, pilih yang sekiranya sesuai dengan layanan yang Anda butuhkan, sehingga tujuan bisnis dapat tercapai dengan lebih mudah. 

 

Alasan Penting Anda Perlu Tahu Cara Kerja Mesin Pencari

Search engine atau mesin pencari apa pun memiliki tools dan perangkat spesifik yang mereka buat sendiri untuk mengumpulkan data, kata, image, atau informasi apa pun dari internet. Seluruh data tersebut nantinya mereka gunakan untuk melakukan pengkategorian, mana konten yang relevan dengan keyword atau query yang diinput pengguna internet di kolom pencarian, dan itulah yang nantinya akan dimunculkan. Itulah sebabnya, Anda perlu pula melengkapi pengetahuan Anda mengenai cara riset keyword.

 

 

Hal berikutnya, penting bagi Anda untuk memahami cara kerja setiap mesin pencari, kemudian menyesuaikannya dengan berbagai teknis yang perlu dilakukan, seperti penerapan teknik SEO, SEO on page dan SEO off page, dan sebagainya, sehingga penerapan digital marketing yang Anda lakukan bisa lebih maksimal. 

 

Mempelajari mesin pencari juga akan memudahkan setiap konten yang Anda buat, baik di website, media sosial, maupun platform digital lainnya, untuk bisa ditelusuri oleh robot dari mesin pencari. Jangan lupa, pastikan setting robot txt di website bisnis Anda sudah benar. Hal ini karena robot txt juga dibutuhkan dalam proses crawling yang mereka lakukan untuk menemukan website maupun konten-konten yang berkualitas. 

 

Kemudian, website maupun struktur konten yang berkualitas tadi akan bisa mendapatkan pengindeksan untuk menemukan posisi di mesin pencari. Pada Google, dikenal dengan page rank Google. Nah, penentuan peringkat menjadi hal yang sangat krusial, mengingat ada jutaan konten baru setiap hari yang membanjiri mesin pencari. Anda tentu membutuhkan upaya khusus agar konten milik Anda bisa bersaing dengan jutaan konten tersebut dan bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna internet.