Ada satu kesalahan fatal yang dilakukan dalam struktur konten web sebuah perusahaan, yaitu mereka membuat blog yang berisi semua berita perusahaan. Bahkan, ada juga yang menyiapkan halaman web khusus dengan isi hanya berupa layanan dari perusahaan saja.

 

Padahal, pengunjung website menginginkan jawaban atas pertanyaan dan berbagai solusi jitu yang bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Alih-alih hanya memamerkan layanan perusahaan, sebaiknya Anda berfokus pula pada strategi struktur konten web. Artinya, Anda perlu menyusun konten berdasarkan berbagai macam pertanyaan yang diajukan oleh para pelanggan brand Anda. 

 

Dengan memilih metode ini, bukan saja menghasilkan traffic yang lebih banyak ke website bisnis, namun juga bisa membantu situs jadi selaras dengan pembaruan terbaru Google yang lebih mengutamakan keberadaan konten berkualitas dalam suatu website.

 

Hubungan Konten Website dengan Strategi SEO

Apabila saat ini Anda sedang berusaha untuk memperbaiki strategi Search Engine Optimization (SEO) untuk website, maka sebaiknya Anda mulai membuat konten yang bermanfaat, dan dapatkan peningkatan traffic web dari pengembangan konten. 

 

Penting untuk diketahui, pengembangan konten web memungkinkan semua investasi Anda, seperti uang, energi, dan waktu, bisa mendapatkan hasil yang sepadan, berupa peningkatan traffic, meningkatkan pengalaman pengguna yang mengunjungi situs Anda, serta bisa meningkatkan konversi juga.

 

 

SEO adalah salah satu kunci yang harus Anda miliki. Saat ini, ada banyak SEO tools yang berkembang dengan signifikan, dan dapat memberikan keuntungan yang luar biasa. Ketika Anda sudah memiliki sejumlah anggaran khusus yang dialokasikan untuk investasi dalam strategi SEO yang kuat dari para profesional, itu bagus. 

 

Anda bisa bekerja sama untuk melakukan optimasi website bisnis Anda secara SEO dengan tim dari digital marketing agency Jakarta. Mereka sudah sangat berpengalaman dalam membantu berbagai brand untuk meningkatkan keberadaan bisnis di Google dan di kalangan masyarakat pengguna produk di Indonesia.

 

Namun apabila Anda tak memiliki anggarannya, ini tak jadi masalah. Anda masih punya cara lain, misalnya mempelajari dan menggunakan SEO tools gratis maupun berbayar. Beberapa tools SEO gratis, misalnya Reddit, Quora, Google Search Console, atau gunakan Search Analytics for Sheets.

 

Sementara untuk tools SEO berbayar yang bisa Anda gunakan, antara lain Moz, SEMrush, Answer the Public, Ahrefs, dan masih banyak lagi. Jika tools berbayar dinilai terlalu mahal, maka tools gratis pun sudah cukup bagus untuk dicoba.

 

Strategi Struktur Konten Web untuk Menarik Kunjungan Balik

Bagaimana cara terbaik supaya bisa melakukan pengembangan konten web? Salah satunya, Anda dapat menggunakan sejumlah pertanyaan dan jawaban (Q&A). Di bawah ini adalah taktik yang sebaiknya Anda lakukan:

 

 

  1. Gunakan Frequently Asked Question (FAQ)

Ketika Anda menggunakan skema FAQ, alangkah baiknya jika Anda menggunakan data terstruktur. Ini merupakan cara yang mudah dalam menghasilkan traffic organik, bahkan bisa menarik kunjungan balik pelanggan ke website bisnis Anda.

 

Selain itu, Anda bisa mencantumkan fitur tanya jawab di website. Dengan cara ini, Anda bisa memulai percakapan dengan target audiens yang Anda miliki. Contohnya, Anda adalah pemilik situs yang menjual produk pembersih lantai. Maka, sediakan Q&A terkait pertanyaan yang paling banyak ditanyakan pelanggan tentang produk Anda. 

 

Jika situs web Anda berupa situs komunitas, buatlah papan pesan pada forum, yang memungkinkan audiens saling berinteraksi, bertukar tanya jawab, berkomentar, atau saling berbagi informasi. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa menciptakan keterlibatan sekaligus meningkatkan interaksi pengunjung website.

 

  1. Menyertakan T&J dalam Google Profil Bisnis Anda

Ketika muncul pertanyaan mengenai merek, produk, juga layanan yang Anda tawarkan, unggahlah pertanyaan dan jawabannya di profil Anda. Jadi, pengunjung website bisa menemukan jawaban dari pertanyaan yang sedang mereka cari. Ini cara yang bagus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan setelah mengunjungi website perusahaan Anda. 

 

Di kemudian hari, ketika mereka membutuhkan jawaban atas pertanyaan atau masalah yang sedang mereka hadapi, mereka akan ingat dengan website Anda dan melakukan kunjungan lagi.

 

  1. Mengubah FAQ Jadi Konten Blog

Analisis seluruh pertanyaan yang masuk ke web bisnis Anda. Perhatikan dan catat pertanyaan yang paling sering diajukan dan membutuhkan jawaban yang detail. Nah, ini bisa Anda manfaatkan sebagai strategi struktur konten. 

 

Selanjutnya, buatlah konten berdasarkan catatan Anda tersebut, yang merupakan rangkuman dari semua pertanyaan yang paling umum, disertai dengan jawaban yang lengkap, detail, dan informatif. Lengkapi pula penggunaan gambar pendukung untuk konten SEO friendly yang Anda buat.

 

 

Dengan begini, ketika ada audiens yang membutuhkan jawaban secara detail, mereka bisa membaca secara langsung berbagai konten artikel yang Anda sediakan. Struktur konten web yang padat dan berisi, akan menjadi pillar post yang dikunjungi banyak orang setiap hari dalam jangka waktu yang lama.

 

Catatan untuk Anda, SEO pada web bisnis akan menjadi semakin baik dan bisa meningkatkan traffic, jika konten yang Anda sediakan mampu menjawab seluruh pertanyaan pelanggan secara detail. Supaya bisa lebih yakin dan pasti, apakah Anda sudah melakukan strategi SEO terbaik untuk situs yang Anda kelola, Anda perlu menggunakan tools SEO yang telah disebutkan sebelumnya. 

 

Memasukkan Q&A ke dalam konten Anda adalah cara yang sederhana yang bisa meningkatkan penelusuran organik, peningkatan traffic web dari pengembangan konten,  juga cuplikan dan berbagai elemen tambahan yang bisa menaikkan peringkat SEO konten Anda.

 

Prinsipnya, strategi struktur konten web untuk menarik kunjungan balik akan berhasil, jika Anda menerapkan caranya dengan benar. Kalau masih ragu, berdiskusilah dengan Tim Redcomm. Untuk diketahui, Redcomm adalah digital marketing agency Indonesia yang pernah mendapatkan 3x Gold Winner Independent Agency, yang sudah membantu lebih dari 500 brand. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda.