Ada satu kesalahan fatal yang dilakukan dalam struktur konten website kebanyakan usaha kecil, yaitu mereka membuat blog yang berisi semua berita perusahaan.
Ada satu kesalahan fatal yang dilakukan dalam struktur konten website kebanyakan usaha kecil, yaitu mereka membuat blog yang berisi semua berita perusahaan.
Di saat yang sama, banyak pula pebisnis yang menyiapkan satu halaman web khusus sebagai katalog produk, media ajang pamer berita keberhasilan usaha, atau hanya berisi layanan bisnis yang disediakan.
Padahal, pengunjung website menginginkan jawaban atas pertanyaan dan berbagai solusi jitu yang bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.
Alih-alih hanya memamerkan layanan perusahaan, sebaiknya Anda berfokus pula pada strategi struktur konten web yang bisa menjawab berbagai pertanyaan audiens, sekaligus membuat audiens terus datang ke situs web Anda.
Cara ini tak hanya menghasilkan traffic yang lebih banyak ke website bisnis, namun juga bisa membantu situs jadi selaras dengan pembaruan terbaru Google yang lebih mengutamakan keberadaan konten berkualitas.
Struktur konten web bukan sekadar susunan menu atau desain halaman, melainkan kerangka berpikir yang memastikan setiap konten punya tujuan dan menyatu dalam perjalanan pengguna (customer journey).
Anda pasti pernah membaca hasil studi dari situs Ahrefs, kan?
Di artikel tersebut disebutkan kalau 96,55% dari seluruh konten yang ada di internet ternyata tidak mendapatkan traffic organik dari Google.
Salah satu penyebab utamanya karena konten yang tidak terstruktur dan tidak menjawab pertanyaan pengguna.
Jadi apabila saat ini Anda sedang berusaha untuk memperbaiki strategi Search Engine Optimization (SEO) untuk website, sebaiknya mulailah dari menyediakan konten yang bermanfaat, punya nilai, dan dibuat berdasarkan pengalaman atau sumber terpercaya.
Sementara kalau di situs web Anda sudah punya banyak konten, coba cek ulang dan lakukan perbaikan jika memang diperlukan.
Percayalah, pengembangan konten web yang benar, tepat, dan bermanfaat, memungkinkan semua investasi Anda, seperti uang, energi, dan waktu, bisa mendapatkan hasil yang sepadan.
Hasilnya berupa apa? Ya, tentu saja peningkatan traffic, meningkatkan pengalaman pengguna yang mengunjungi situs Anda, serta bisa memperbesar peluang terjadinya konversi dan penjualan.
Karena membuat konten berkualitas tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, maka mau tidak mau Anda harus melengkapi diri dengan berbagai tools pendukung, salah satu yang terpenting adalah tools SEO.
Penggunaan tools SEO akan membantu Anda melakukan riset topik yang sedang banyak pengguna internet cari, kata kunci yang paling sering mereka gunakan, hingga sepak terjang kompetitor untuk menarik perhatian audiens.
Cara lain yang lebih efektif untuk implementasi strategi optimasi SEO yang kuat dan tepat sasaran, Anda bisa bekerja sama melakukan optimasi website bisnis dengan tim dari digital marketing agency Jakarta.
Tim profesional di Redcomm Group sudah sangat berpengalaman dalam membantu berbagai brand untuk meningkatkan keberadaan bisnis di Google dan di kalangan masyarakat pengguna produk di Indonesia.
Namun apabila Anda tak memiliki anggarannya, ini tak jadi masalah. Anda masih punya cara lain, misalnya mempelajari dan menggunakan SEO tools gratis maupun berbayar.
Beberapa tools SEO gratis, misalnya Reddit, Quora, Google Search Console, atau gunakan Search Analytics for Sheets.
Sementara untuk tools SEO berbayar yang bisa Anda gunakan, antara lain Moz, SEMrush, Answer the Public, Ahrefs, dan masih banyak lagi.
Jika tools berbayar dinilai terlalu mahal, maka tools gratis pun sudah cukup bagus untuk dicoba.
Bagaimana cara terbaik supaya bisa melakukan pengembangan konten web?
Beberapa di antaranya, Anda dapat menggunakan sejumlah pertanyaan dan jawaban (Q&A), menggunakan struktur FAQ, menambahkan fitur interaktif seperti kolom komentar, dan sebagainya.
Simak yuk penjelasan lengkap optimasi strategi struktur konten web di bawah ini:
Alih-alih langsung mempromosikan produk atau layanan, gunakan strategi berbasis user intent. Apa pertanyaan yang sering diajukan calon pelanggan Anda? Apa pain point mereka?
Contoh: Jika Anda menjual alat kebersihan rumah tangga, audiens mungkin akan lebih sering melakukan pencarian terkait topik:
Untuk mencari tahu dan melakukan riset berbagai pertanyaan yang sering audiens ajukan, Anda bisa menggunakan tools, seperti Quora, Reddit, AnswerThePublic, Also Asked, Google People Also Ask, dll.
Nah, kalau Anda sudah tahu apa yang audiens cara seperti ini, tinggal jawab pertanyaan yang relevan dengan bisnis dan produk Anda dalam bentuk konten blog. Pastikan konten tersebut dapat membantu audiens menyelesaikan permasalahan mereka.
Ketika menggunakan skema FAQ, alangkah baiknya jika Anda juga menggunakan data terstruktur.
Ini merupakan cara yang mudah dalam menghasilkan traffic organik, bahkan bisa menarik kunjungan balik pelanggan ke website bisnis Anda.
Selain memang efektif untuk SEO dan meningkatkan kenyamanan audiens, penggunaan struktur FAQ memungkinkan halaman web Anda muncul sebagai rich snippet di SERP, dan akhirnya ikut meningkatkan Click Through Rate (CTR) secara signifikan.
Implementasi pada website, Anda tinggal pasang fitur tanya jawab di website. Dengan cara ini, Anda bisa memulai percakapan dengan target audiens yang Anda miliki.
Atau kalau situs web bisnis berupa situs komunitas, buatlah papan pesan pada forum, yang memungkinkan audiens saling berinteraksi, bertukar tanya jawab, berkomentar, atau saling berbagi informasi.
Tak hanya meningkatkan traffic, ini cara efektif untuk menciptakan keterlibatan sekaligus meningkatkan interaksi pengunjung website.
Tips menyusun FAQ:
Ketika muncul pertanyaan mengenai merek, produk, juga layanan yang Anda tawarkan, unggahlah pertanyaan dan jawabannya di profil Anda.
Jadi, pengunjung website bisa menemukan jawaban dari pertanyaan yang sedang mereka cari. Ini cara yang bagus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan setelah mengunjungi website perusahaan Anda.
Di kemudian hari, ketika mereka membutuhkan jawaban atas pertanyaan atau masalah yang sedang mereka hadapi, mereka akan ingat dengan website Anda dan melakukan kunjungan lagi.
Analisis seluruh pertanyaan yang masuk ke web bisnis Anda. Perhatikan dan catat pertanyaan yang paling sering diajukan dan membutuhkan jawaban yang detail.
Nah, ini bisa Anda manfaatkan sebagai strategi struktur konten. Selanjutnya, buatlah konten berdasarkan catatan Anda tersebut.
Pastikan konten yang Anda buat merupakan rangkuman dari semua pertanyaan yang paling umum, disertai dengan jawaban yang lengkap, detail, dan informatif.
Lengkapi pula penggunaan gambar pendukung untuk konten SEO friendly yang Anda buat.
Dengan begini, ketika ada audiens yang membutuhkan jawaban secara detail, mereka bisa membaca secara langsung berbagai konten artikel yang Anda sediakan.
Struktur konten web yang padat dan berisi, akan menjadi pillar post yang dikunjungi banyak orang setiap hari dalam jangka waktu yang lama.
Catatan untuk Anda, SEO pada web bisnis akan menjadi semakin baik dan bisa meningkatkan traffic, jika konten yang Anda sediakan mampu menjawab seluruh pertanyaan pelanggan secara detail.
Supaya bisa lebih yakin dan pasti, apakah Anda sudah melakukan strategi SEO terbaik untuk situs yang Anda kelola, Anda perlu menggunakan tools SEO yang telah disebutkan sebelumnya.
Banyak pemilik bisnis melupakan fitur ini. Padahal fitur ini sudah ada di Google Business Profile yang memungkinkan Anda menambahkan pertanyaan dan jawaban terkait layanan/produk.
Ada banyak manfaat menggunakan fitur Q&A di GMB, antara lain:
Ingat, Google menyukai halaman dengan banyak interaksi. Tambahkan pertanyaan yang sering muncul dan jawab secara profesional. Ini bisa membuat listing Anda tampil lebih tinggi di Google Maps & local search.
Memasukkan Q&A ke dalam konten adalah cara sederhana yang bisa meningkatkan penelusuran organik, peningkatan traffic web dari pengembangan konten, juga cuplikan dan berbagai elemen tambahan yang dapat menaikkan peringkat SEO konten Anda.
Prinsipnya, strategi struktur konten web untuk menarik kunjungan balik akan berhasil, jika Anda menerapkan caranya dengan benar.
Kalau masih ragu, berdiskusilah dengan Tim Redcomm dengan menghubungi Kontak Redcomm.
Untuk diketahui, Redcomm adalah digital marketing agency Indonesia yang pernah mendapatkan penghargaan 3x Gold Winner Independent Agency.
Selain itu, Redcomm Group juga memegang gelar 7x selama 7 tahun berturut-turut sejak 2018 sebagai Digital Agency of the Year, yang sudah membantu lebih dari 500 brand mencapai sukses di dunia digital. Tim Redcomm tentunya akan sangat senang membantu Anda.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC