Untuk membuat website sebenarnya tidak sesulit yang selama ini dibayangkan. Dalam beberapa tahun terakhir, platform CMS berkembang begitu pesat sebagai solusi bagi siapa pun yang ingin membuat website dengan mudah dan cepat. Anda hanya cukup tahu tentang pilihan CMS website yang cocok untuk membangun bisnis.

 

Ada banyak macam CMS yang tersedia secara gratis dengan segudang fitur menarik. Anda tinggal memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan untuk membangun website bisnis yang bagus, tanpa memerlukan kemampuan programming maupun coding.

 

Pengertian CMS adalah sebuah sistem perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur, mengubah, dan membuat konten pada sebuah website. CMS atau Content Management System sering menjadi pilihan karena lebih efisien dan efektif saat proses pembuatan website. Keamanannya lebih terjamin dibandingkan merancang website sendiri dengan melakukan coding manual.

 

Macam CMS yang Digunakan untuk Membuat Website

Ada banyak jenis CMS yang sampai saat ini masih digunakan untuk berbagai keperluan promosi digital,  seperti untuk membuat toko online, blog, company profile, web app, hingga landing page. Berikut ini beberapa CMS terbaik yang paling banyak digunakan.

 

 

  1. WordPress

WordPress menjadi salah satu CMS yang paling populer. Saat ini, penggunanya sudah mencapai angka lebih dari 40 juta user. Banyak sektor yang menggunakan WordPress untuk membangun website, seperti website untuk lembaga pemerintah, perusahaan, hingga perorangan.

 

Hal ini tak lepas karena penggunaan WordPress sangat mudah. Anda hanya perlu beberapa langkah saja untuk menginstal WordPress ke hosting yang digunakan. Tetapi sebelumnya, Anda perlu juga menentukan nama domain, sewa hosting di mana, dan sebagainya.

 

Kehebatan WordPress didukung oleh banyaknya developer yang mengembangkan plugin maupun theme. Sehingga sangat fleksibel untuk membuat berbagai jenis website sesuai kebutuhan. WordPress menjadi CMS untuk website bisnis yang user friendly dan mudah digunakan bahkan oleh pebisnis pemula.

 

  1. Joomla

Macam CMS selanjutnya, yakni Joomla. Anda pasti pernah mendengar nama Joomla ini, mengingat namanya tersebut sama terkenalnya dengan WordPress. Joomla merupakan perangkat lunak CMS yang bersifat open source. Salah satu kelebihannya, ada pada kemudahan pengeditan konten. Selain itu, Anda juga lebih mudah mengelola, mengubah, menambah, dan menghapus berbagai konten yang ada pada website.

 

Website bisnis yang dibangun menggunakan Joomla hasilnya sangat bagus. Dengan dukungan Joomla templates bisa memudahkan Anda membuat website sesuai kebutuhan. Joomla bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bosan dengan antarmuka WordPress untuk mendapatkan pengalaman baru.

 

 

  1. Drupal

Dirilis sejak tahun 2001, Drupal masih tetap eksis sampai sekarang. CMS yang satu ini sangat ramah untuk pemula, karena adanya kemudahan yang sudah bisa dirasakan sejak proses penginstalan hingga pembuatan konten website. Drupal menawarkan kustomisasi yang mudah, sehingga membantu Anda dalam mengembangkan sebuah website.

 

Agar kostumisasinya maksimal, Anda sebaiknya memiliki kemampuan programming yang baik karena CMS ini termasuk yang membutuhkan penanganan lebih banyak. Meski begitu, Drupal memiliki keunggulan untuk mengelola website multibahasa, manajemen pengguna, hingga keamanan website yang baik.

 

  1. Magento

Mungkin Anda masih asing dengan CMS yang banyak digunakan untuk membangun toko online ini. Macam-macam CMS toko online memang ada banyak, namun Magento lebih banyak menjadi pilihan dibandingkan pesaingnya. Berbagai fitur yang berkaitan dengan toko online, seperti penyortiran produk, perbesar gambar, pilihan metode pembayaran bisa ditambahkan pada CMS ini.

 

Ada 2 versi Magento yang bisa Anda pilih, edisi komunitas berbasis open source yang bisa digunakan gratis atau menggunakan versi berbayar. 

 

Kelebihan dan manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Magento, CMS ini memungkinkan Anda mengelola banyak situs atau toko online dari satu panel. Hal ini karena di dalamnya telah dilengkapi dengan berbagai fitur, mulai dari marketing tools, site management, analytics, multiple store, bahkan virtual mall.

 

 

  1. Dotclear

Meski tidak sepopuler Wordpress maupun Drupal, Dotclear rupanya bisa menjadi andalan untuk mengelola website. Dotclear adalah CMS berbasis open source yang memungkinkan siapa pun memanfaatkannya sebagai blog maupun website. CMS Dotclear dikembangkan pertama kali oleh Olivier Meunier pada tahun 2001.

 

Menggunakan Dotclear akan memungkinkan Anda menuliskan postingan atau konten, baik dalam teks biasa, menggunakan sintaksis Wiki, bahkan dalam bentuk HTML. Dotclear bisa menjadi pilihan jika Anda ingin membuat website yang sederhana dan cepat.

 

Selain CMS di atas, masih ada banyak macam-macam CMS yang tersedia sampai saat ini. CMS akan sangat membantu dalam mengelola sebuah website, sehingga sangat disarankan untuk menggunakannya. Gunakan yang paling familiar agar tidak banyak kendala dalam pengelolaannya.

 

Jika masih bingung CMS mana yang lebih baik dan sesuai untuk bisnis Anda, langsung saja kontak RedComm Indonesia. Sebagai digital agency terbaik di Jakarta dan di Indonesia, RedComm berpengalaman dalam membantu lebih dari 500++ brand dalam pembuatan, membangun, dan mengembangkan website bisnis. Selain itu, RedComm juga memiliki tim profesional dalam bidang internet marketing service, creative advertising, data driven marketing, digital marketing strategist, jasa digital marketing agency Jakarta, dan sebagainya.