MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Standar Penentuan Landing Page Dikatakan Berkualitas Baik

09 Oct  · 
1 min read
 · 
eye 4.455  
Website & Mobile Apps

redcomm

Landing page adalah salah satu penentu keberhasilan bisnis dalam menerapkan digital marketing melalui website. Ketika landing page mampu menarik perhatian audiens untuk berkunjung, maka potensi terciptanya konversi menjadi lebih besar. Nah, apa sih yang menentukan bagus tidaknya halaman landing?

Standar Landing Page yang Berkualitas

Pelaku bisnis yang memiliki website dengan landing page memang memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendatangkan leads dan mendapatkan pelanggan potensial. Namun sayangnya, hanya sebagian kecil yang mengalami hal ini. 

Penyebabnya, bisa jadi landing page di website mereka tidak menarik perhatian audiens dan kurang berkualitas. Nah, berikut ini standar penentu landing page dikatakan berkualitas:

1. Performa

Performa di sini artinya bagaimana suatu landing page mampu menjawab keinginan audiens secara teknis. Salah satunya, kecepatan loading situs dan akses ke tombol Call to Action (CTA) yang membuat audiens tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Untuk itu Anda perlu melakukan check terkait performa situs bisnis. Ada cukup banyak tools untuk mengoptimalkan landing page, seperti GTMetrix atau Google Page Speed. Pastikan juga waktu loading website bisnis Anda tidak lebih dari 5 detik.

2. Value Proposition Sesuai Selera Target Market

Selera pelanggan berkaitan dengan istilah value proposition. Bisa diartikan, value proposition adalah nilai yang Anda tawarkan kepada calon pelanggan. 

Nah, value proposition perlu Anda tampilkan dalam landing page untuk menarik perhatian target market. Bentuknya bisa berupa diskon, promo, atau panduan lain.

Contoh sederhananya, sebagai pemilik bisnis yang menjual produk kecantikan, Anda bisa mengajak pelanggan untuk hidup bahagia dan sehat. Lalu beri tips cara merawat kulit yang benar agar cantik dengan menggunakan produk Anda.

3. Tampilan Landing Page Harus Sederhana dan Bersih

Unsur visual menjadi komponen paling penting dalam tampilan suatu website bisnis, tidak terkecuali di halaman landing page. Oleh karena itu, buatlah tampilan yang sederhana dan bersih, namun tetap menarik bagi calon pelanggan. 

Selain tampilan, Anda juga perlu memperhatikan headline atau judul. Sebab, hal pertama yang audiens baca ketika masuk ke suatu website tentu judul  informasi yang memicu rasa ingin tahu mereka. 

Lalu, ada beberapa bagian penting lainnya yang juga mempengaruhi tampilan landing page, seperti kombinasi warna, ukuran, jenis font, serta gambar-gambar yang digunakan. 

Semakin sederhana tampilan landing page dengan informasi yang lengkap dan bermanfaat, akan jauh lebih menarik dibandingkan tampilan yang ramai, desain berlebihan, dan minim informasi.

4. Copywriting Jadi Kunci Penting

Tampilan landing page yang sudah menarik akan terlihat kurang bermutu kalau tidak menggunakan copywriting yang berkualitas. 

Maka pastikan semua informasi dalam bentuk tulisan atau teks harus mampu mendorong audiens melakukan tindakan sesuai yang Anda sarankan, seperti mengisi formulir pengunjung, melakukan input email dan data yang diminta, dan sebagainya. 

Sederhananya, copywriting yang menarik adalah copywriting yang mampu mendorong audiens, yang awalnya tidak ingin membeli, jadi tertarik untuk melakukan pembelian produk yang Anda tawarkan.

 5. Bangun Social Trust Melalui Ulasan / Review

Di dalam landing page sebaiknya tampilkan ulasan pelanggan untuk membangun social trust atau kepercayaan pelanggan terhadap bisnis dan produk yang Anda tawarkan.

Di era media sosial dan internet seperti saat ini, masyarakat memiliki kebiasaan membaca ulasan produk yang sudah dibuat pelanggan lain sebelum memutuskan mau membeli atau tidak. 

Online review dari pelanggan yang positif tampilkan saja di halaman landing sehingga ada lebih banyak orang yang percaya dengan bisnis Anda, bahkan mau melakukan pembelian.


Itulah 5 standar penentu landing page yang berkualitas. Terapkan saja pada landing page situs bisnis demi meningkatkan conversion rate. Lalu jika sudah, boleh juga Anda tambah pengetahuan dengan membaca artikel tentang Lead Generation: Pengertian dan Cara Kerjanya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER