Landing pagemenjadi salah satu penentu keberhasilan suatu bisnis dalam menerapkan digital marketing melalui website. Tidak heran, jika pelaku usaha berlomba-lomba mencari tahu faktor-faktor penentu apakah landing page website-nya termasuk berkualitas baik atau tidak, mengingat landing page berfungsi untuk menarik minat pelanggan untuk melakukan konversi.

 

Standar Penentuan Landing Page Dikatakan Baik

Pelaku bisnis yang memiliki landing page memang memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan pelanggan potensial. Sayangnya, banyak di antara mereka tidak memperoleh hasil sesuai keinginan. Oleh karena itu, perhatikan beberapa standar penentu landing page dikatakan baik berikut ini. 

 

 

  1. Performa

Performa di sini bisa diartikan bagaimana suatu landing page memberikan apa yang diinginkan oleh pelanggan secara teknis. Contohnya, kecepatan terkait waktu loading yang berpengaruh pada penilaian dan ketertarikan calon pelanggan saat membuka website. Performa juga ditunjukkan dengan kecepatan saat mengakses tombol Call to Action (CTA). Ada cukup banyak tools yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja dari suatu landing page, salah satunya adalah GTMetrix dan Google Page Speed. Hal yang paling penting lagi, pastikan waktu loading tidak melebihi dari 5 detik.

 

  1. Sesuai dengan Selera Pembeli

Selera pelanggan biasanya berkaitan dengan istilah value proposition. Maksudnya, nilai yang akan Anda tawarkan kepada calon pelanggan. Hal ini berhubungan dengan penawaran yang terdapat pada landing page. Anda sebagai pemilik website harus mempertimbangkan untuk mengadakan diskon, promo, atau panduan lain.

 

Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa calon pelanggan benar-benar memahami pesan yang tersemat di dalam landing page. Contoh sederhananya, jika Anda adalah pemilik produk kecantikan, Anda bisa mengajak pelanggan untuk hidup bahagia dan sehat, lalu memberikan tips untuk merawat kulit agar cantik dengan menggunakan produk Anda.

 

 

  1. Tampilan Sederhana dan Bersih

Unsur visual menjadi komponen paling penting dalam tampilan suatu website bisnis, tidak terkecuali di halaman landing page. Buatlah tampilan yang sederhana dan bersih, namun tetap menarik bagi calon pelanggan. Headline juga perlu diperhatikan sebab menjadi penilaian utama dan memicu keingintahuan pelanggan.

 

Beberapa hal yang mempengaruhi tampilan landing page, meliputi warna, ukuran dan jenis font, serta gambar-gambar yang digunakan di dalamnya. Semakin sederhana tampilan landing page dengan lebih menonjolkan informasi yang bermanfaat, akan jauh lebih menarik daripada tampilan yang terlalu ramai, desain berlebihan, dan ternyata minim informasi. 

 

  1. CopywritingBerkualitas

Tampilan landing page yang sudah menarik akan terlihat kurang bermutu kalau tidak menggunakan copywriting yang berkualitas. Seharusnya semua informasi dalam bentuk tulisan atau teks harus mampu mendorong pelanggan untuk memiliki keinginan membeli produk yang ditawarkan, atau minimal melakukan konversi dalam bentuk lain, misalnya mengisi formulir pengunjung, melakukan input email dan data yang diminta, dan sebagainya. Sederhananya, copywriting disebut berkualitas apabila bisa membuat pengunjung, yang awalnya tidak ingin membeli, jadi tertarik untuk melakukan pemesanan dan memiliki produk yang ditawarkan. 

 

 

  1. Adanya Kepercayaan Sosial

Ulasan pelanggan sebelumnya menjadi faktor yang penting pula bagi calon pelanggan yang baru hendak melakukan pembelian. Kebanyakan dari masyarakat memang memiliki kebiasaan untuk membaca ulasan produk yang sudah dibuat oleh pelanggan sebelumnya baru memutuskan untuk melakukan pembelian atau tidak. Hal ini juga berpengaruh terhadap kualitas dari landing page. 

 

Adanya social proof atau kepercayaan dari masyarakat membuat calon pelanggan menjadi lebih yakin akan penawaran yang Anda tampilkan di halaman landing page. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila Anda memasang kolom komentar untuk pengisian review atau ulasan produk dari konsumen yang telah atau pernah melakukan pembelian sebelumnya. 

 

Itulah kelima hal yang bisa menjadi penanda bahwa suatu landing page dikatakan sudah baik dan berkualitas. Kelima tips di atas dapat Anda coba demi meningkatkan conversion ratesehingga angka penjualan bisnis bisa semakin bertambah.