Mengapa lead generation penting? Lead generation adalah pondasi dari penerapan strategi digital marketing dan penciptaan konversi yang sukses. Tanpa adanya leads, bisnis sulit tumbuh.
Mengapa lead generation penting? Lead generation adalah pondasi dari penerapan strategi digital marketing dan penciptaan konversi yang sukses. Tanpa adanya leads, bisnis sulit tumbuh.
Kenapa bisa? Sebab, kalau bisnis Anda tak memiliki pelanggan potensial, lalu siapa yang akan membeli produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan? Untuk itu, cari tahu secara lengkap apa itu lead generation, proses, dan cara kerjanya di artikel ini, yuk.
Leads adalah pelanggan potensial yang telah menunjukkan minat terhadap produk atau layanan bisnis, seperti telah mengisi formulir, berlangganan newsletter, dan sebagainya.
Sementara lead generation adalah proses mengumpulkan informasi kontak dari individu atau perusahaan yang berpotensi menjadi pelanggan. Informasi ini dapat berupa nama, alamat email, nomor telepon, bahkan alamat fisik.
Proses dimulai dengan mengumpulkan data leads. Caranya bisa melalui menyediakan formulir kontak di situs web dan ada Call to Action (CTA) yang mengajak audiens untuk mengisi formulir tersebut.
Beberapa cara mendapatkan leads juga bisa Anda pelajari dari dua artikel berikut:
Cara lain, Anda bisa mengadakan survei pelanggan, kontes online, atau sediakan white paper dan e-book yang bisa audiens unduh. Namun sebelum melakukan pengunduhan, audiens harus memasukkan beberapa data terlebih dahulu, seperti nama, email, nomor Whatsapp, misalnya.
Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan data dan informasi kontak yang berkualitas, relevan, serta akurat, untuk nantinya digunakan dalam penerapan strategi remarketing atau retargeting.
Tidak semua leads yang Anda dapatkan merupakan pelanggan potensial. Itu sebabnya, Anda perlu melakukan seleksi dan sortir data leads terlebih dahulu sebelum menggunakannya.
Cara melakukan seleksi dan analisis data leads, antara lain:
Setelah mengidentifikasi leads potensial, selanjutnya Anda perlu mulai membangun hubungan dan berinteraksi dengan mereka.
Anda bisa menggunakan panggilan telepon, menerapkan strategi email marketing, atau membangun interaksi yang aktif di media sosial. Tujuannya untuk mempertahankan minat dan memandu mereka menuju tahap pembelian.
Tujuan akhir dari lead generation adalah mengubah leads menjadi konversi. Artinya, Anda harus mendorong audiens melakukan tindakan pembelian atau tindakan lain yang Anda inginkan.
Untuk mencapai hal ini, Anda perlu menyediakan informasi yang relevan dan berguna, detail serta spesifikasi produk yang lengkap, menawarkan insentif, dan memastikan pengalaman pelanggan yang positif.
Jika semua sudah dilakukan, tugas Anda belum selesai lho. Anda perlu melakukan evaluasi dan analisis secara berkala untuk tahu strategi lead generation yang diterapkan tersebut sudah berhasil atau tidak.
Hasil analisis dan evaluasi ini nantinya bisa Anda gunakan untuk meningkatkan efektivitas strategi lead generation di masa mendatang, melakukan perbaikan dan penyesuaian, atau merancang strategi baru yang lebih baik.
Anda sudah tahu cara kerja lead generation pada ulasan di atas. Lalu prosesnya bagaimana? Nah, proses lead generation melibatkan langkah-langkah yang terkoordinasi dengan baik untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Dimulai dari menargetkan pelanggan yang tepat, meningkatkan awareness atau kesadaran pelanggan terhadap bisnis, mengumpulkan informasi prospek pelanggan potensial yang berharga, hingga membangun loyalitas merek bisnis yang pada akhirnya dapat meningkatkan konversi dan loyalitas pelanggan.
Proses lead generation ini merupakan siklus berulang yang perlu Anda lakukan. Proses ini juga akan menghasilkan goals yang sesuai harapan kalau Anda memiliki pemahaman yang baik tentang audiens target dan strategi yang relevan.
Ada berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan data leads.
Tempatkan formulir kontak pada landing page situs web bisnis yang Anda miliki. Buat desain yang menarik, agar calon pelanggan tertarik untuk mengisi formulir kontak tersebut. Data-data yang masuk melalui formulir kontak, selanjutnya dapat dioptimalkan untuk konversi.
Apakah bisnis Anda sudah memiliki media sosial? Jika sudah, maka media sosial tak hanya berguna untuk memperkenalkan bisnis dan membangun kesadaran merek saja. Tetapi juga bermanfaat untuk mengumpulkan leads dengan membuat penawaran menarik, promosi, kuis hingga kompetisi.
Email marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan email sebagai alat untuk mengirim pesan-pesan pemasaran.
Kirimkan email dengan tawaran khusus kepada pelanggan yang sudah ada atau potensial untuk mengumpulkan lebih banyak leads.
Optimalkan situs web bisnis dengan teknik SEO. Tujuan utama dari SEO adalah membuat situs web lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan yang mencari informasi, produk, atau layanan tertentu melalui mesin pencari. Imbangi juga dengan konten berkualitas yang menarik perhatian calon pelanggan.
Terakhir, Anda bisa menyelenggarakan acara offline atau webinar untuk menarik leads dan membangun hubungan secara langsung dengan pelanggan.
Lead generation adalah elemen kunci dalam strategi pemasaran digital yang sukses. Dengan memahami pengertian, cara kerja, cara mendapatkan leads, dan prosesnya, Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan banyak pelanggan. Lalu, apa sih pentingnya lead generation? Cek di sini, yuk: Manfaat dan Tujuan Lead Generation.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC