knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

6 Strategi Jitu CRO Guna Mendapatkan Lebih Banyak Leads

03 Mar  · 
2 min read
 · 
eye 4.772  
Digital Marketing

Strategi Jitu Cro Guna Mendapatkan Lebih Banyak Leads

Conversion Rate Optimization (CRO) adalah proses yang akan membuat konsumen melakukan tindakan ketika mengunjungi website dari suatu usaha atau bisnis. 

Anda sebagai pebisnis bisa mengimplementasikan strategi CRO dan SEO sekaligus demi memaksimalkan inbound marketing. Hal ini, tentu membantu menambah jumlah traffic toko online.

Namun, peran CRO tidak sama dengan SEO. Keduanya sangat berbeda, di mana SEO berfungsi untuk meningkatkan traffic website, sedangkan CRO dapat mengubah traffic menjadi konversi.

Baca artikel ini sampai selesai untuk tahu peran Conversion Rate Optimization (CRO) dalam implementasi strategi digital marketing sekaligus cara memaksimalkan CRO agar bisa membantu pebisnis mendapatkan lebih banyak leads.

Peran CRO dalam Digital Marketing

CRO adalah strategi yang perlu brand maupun pemilik bisnis lakukan agar calon pengunjung tertarik berkunjung ke website bisnis.

Karena peran CRO sangat penting dalam mengkonversi jumlah traffic menjadi leads yang efisien, mau tidak mau untuk mencapai CRO, Anda perlu mengkombinasikan berbagai elemen, seperti pengujian konten, melakukan a/b testing desain visual, dan lainnya.

Semua hal ini akan membantu mempengaruhi tingkat pengunjung yang datang, sekaligus meningkatkan kemungkinan terjadinya penjualan produk. Ini juga dapat memberikan pengaruh untuk goal conversion

Contoh penerapan CRO, misalnya pada inbound marketing. Sebelum memaksimalkan website, Anda hanya bisa meyakinkan pengunjung sebesar 5% dari banyaknya pengunjung yang mendaftar di web tersebut. 

Jika Anda sudah mengoptimasi website, maka Anda bisa menghitung conversion rate dan melihat peningkatan yang terjadi lebih kurang 7.5%. Otomatis hal ini memberi pengaruh besar pada tingkat penjualan bisnis.

Strategi dan Cara Memaksimalkan CRO yang Jitu dan Efektif

Kunci utama dari kesuksesan conversion rate optimization adalah dengan melakukan pengujian. Tanpa melakukan uji coba terlebih dahulu, Anda tidak akan tahu mana elemen yang dapat mengubah traffic website

Testing akan sangat membantu mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi pada usaha Anda. 

Terdapat beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk memaksimalkan CRO dalam inbound marketing, antara lain:

1. Melakukan Riset pada User Persona

Melakukan riset terhadap buyer persona menjadi faktor penting yang perlu Anda lakukan agar bisa mengetahui faktor-faktor apa saja yang berfungsi menarik pengunjung potensial ke website bisnis. 

Hal ini biasa dikenal dengan persona, yang merupakan sesuatu yang penting dalam CRO. Persona dapat membantu menentukan desain website dan mencari kata kunci yang tepat untuk optimasi SEO.

2. Analisis Heatmap

Heatmap adalah data statistik yang dapat memberi gambaran mengenai pengunjung website.

Nah, kalau menggunakan heatmap, Anda bisa mengamati perilaku pengunjung website dan bisa lebih memahami faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya perubahan konversi.

Pengumpulan data atau heatmapping, biasanya berdasarkan gerakan mouse, seperti klik pada link, tombol, hovering, maupun scrolling

Pemetaan heatmap memungkinkan Anda mengetahui dengan baik aktivitas yang dilakukan pengunjung website bisnis.

Selain itu, Anda jadi bisa mempertimbangkan dan menentukan strategi marketing berikutnya, A/B testing, usability testing, UI dan UX, serta melakukan update maupun perlu tidaknya mendesain ulang situs.

3. Melakukan Testing pada Landing Page

Pengertian landing page adalah halaman di mana pengunjung website bisa mengenal produk, layanan, dan brand bisnis Anda.

Di saat yang sama, landing page berperan penting untuk melakukan testing terkait gambar, foto produk, CTA, konten, dan desain halaman.

Oleh karena itu, usahakan landing page sesuai standar dan berisi informasi yang dapat menarik minat pengunjung website agar berkunjung sesering mungkin, kemudian mengambil keputusan untuk membeli produk Anda.

Prinsipnya, Anda perlu mengoptimalkan landing page untuk meningkatkan konversi.

4. Fokus pada Traffic yang Tinggi

Dengan adanya skenario traffic pengunjung di website, Anda jadi bisa memaksimalkan conversion rate optimization (CRO).

Anda sebagai pelaku bisnis akan mendapatkan informasi berkaitan dengan informasi yang sedang dicari, tombol yang akan diklik, dan produk yang ditawarkan, beserta promo-promo yang tersedia.

Selanjutnya, semua data yang berhasil dikumpulkan akan membantu Anda jadi lebih baik untuk menyediakan apa yang benar-benar pelanggan butuhkan di dalam website bisnis.

5. Penggunaan Warna yang Berbeda pada Button

Di dalam website perlu dilengkapi dengan jenis call to action (CTA) yang tepat, relevan, dan sesuai dengan target audiens. 

Nah, button yang ada pada CTA harus menggunakan warna berbeda, sehingga mudah terlihat dan ditemukan oleh pengunjung web, serta dapat memberi pengaruh yang tinggi terhadap conversion rate.

Anda bisa melakukan testing terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi button CRO. Carilah warna button yang bertolak belakang dengan warna desain pada website Anda.

6. Memprioritaskan Keuntungan dan Manfaat

Anda harus bisa menentukan keuntungan dan manfaat apa saja yang akan audiens dapatkan dari mengunjungi website Anda.

Prioritas utama ini sudah tentu akan membantu perusahaan dalam mengubah traffic menjadi sales atau leads.

Selain itu, kejelasan dari informasi atau konten yang ditampilkan di website juga perlu memprioritaskan benefit maupun manfaat yang akan didapatkan oleh pelanggan, sehingga mereka dengan senang hati akan berkunjung sesering mungkin ke web Anda.


Bagaimana? Sudahkah Anda menerapkan strategi CRO untuk mendapatkan lebih banyak leads? Jika belum, inilah waktunya Anda menerapkannya. Bahkan Anda bisa lho Mendapatkan Lebih Banyak Closing Penjualan dengan Conversion Rate Optimization.

Prinsipnya, posisikan diri Anda dulu sebagai pengguna website, untuk memastikan bagaimana website bisa berjalan dengan baik, sekaligus bisa memenuhi kebutuhan target audiens.

Berdiskusi mengenai CRO untuk mendapatkan lebih banyak leads juga bisa Anda lakukan dengan tim internet marketing strategy dari top digital agency maupun digital marketing agency Indonesia seperti tim Redcomm. Hubungi kami segera di Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER