knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
9 Cara Jitu Menda...

9 Cara Jitu Mendapatkan Leads Anti Gagal

12 Oct  · 
3 min read
 · 
eye 10.074  
CRM Strategy

Cara Jitu Mendapatkan Leads Anti Gagal

Leads adalah sejumlah orang yang tertarik pada satu atau lebih produk dengan memberikan data diri secara sukarela kepada Anda sebagai pemilik usaha. 

Sedangkan, lead generation adalah strategi pemasaran dan periklanan yang Anda terapkan dengan tujuan membangkitkan rasa ingin tahu terhadap produk yang ditawarkan demi mendapatkan lebih banyak konsumen.

Tapi hati-hati lho, karena saat ini ada yang namanya leads palsu. Jadi, orang tersebut akan memberikan data diri secara sukarela. Lalu saat Anda melakukan follow up, baru ketahuan kalau data diri mereka itu fiktif atau palsu.

Nah, agar tidak terjebak dalam hal ini, Anda perlu menerapkan cara jitu mendapatkan leads anti gagal yang akan diulas lengkap dalam artikel di bawah ini.

9 Kiat Mendapatkan Leads yang Terbukti Efektif

1. Cari Leads dengan Bantuan Digital Agency Jakarta

Dengan bantuan digital agency Jakarta, Anda bisa mendapatkan data calon pelanggan secara lebih spesifik. 

Namun sebelumnya, Anda perlu tahu secara spesifik tujuan Anda mendapatkan calon pelanggan tersebut. 

Apakah untuk membangun brand awareness agar bisnis makin terkenal, atau peningkatan konversi dalam bentuk transaksi pembelian. 

Salah satu best digital agency yang juga merupakan digital marketing agency Indonesia, yaitu Redcomm, siap membantu Anda mendapatkan leads berkualitas sesuai target pasar. Anda cukup menghubungi tim Redcomm melalui Kontak Redcomm.

2. Kupon Diskon

Setiap orang pasti menyukai diskon atau potongan harga. Nah, Anda bisa memanfaatkan strategi pemberian kupon diskon ini untuk mendapatkan lead yang lebih banyak. 

Kendati awalnya orang hanya ingin mendapatkan diskon, tetapi begitu mereka mulai melakukan transaksi pembelian, biasanya akan ada tambahan produk lain yang juga mereka beli. 

Oleh karena itu, membagikan kupon diskon kepada pelanggan potensial untuk memancing lebih banyak pembelian merupakan strategi pemasaran yang sudah banyak terbukti ampuh. 

3. Mengadakan Demo Produk

Pernah menghadiri acara demo masak? Coba Anda perhatikan, acara demo masak itu tidak melulu hanya memberitahu audiens cara memasak sesuatu, melainkan juga memberitahu peralatan memasak yang digunakan.

Kadang brand peralatan dapur, seperti lemari pendingin, menggunakan acara demo memasak untuk mempromosikan produk mereka dan mendapatkan lebih banyak leads potensial. 

Cara lain, lakukan demo produk. Kemudian buat promo, siapa pun yang melakukan pembelian selama acara akan mendapatkan gratis satu produk. 

Dengan strategi seperti ini, Anda bisa mendapatkan lead anti gagal. Apalagi selama acara, pelanggan bisa secara langsung melihat dan membuktikan kualitas produk yang Anda tawarkan.

4. Sistem Giveaway Demi Leads Lebih Banyak

Giveaway merupakan trik yang sedang trend saat ini. Jadi, Anda tinggal menyediakan hadiah gratis yang akan Anda bagikan kepada orang yang memenuhi syarat yang telah ditentukan, tanpa orang itu perlu melakukan pembelian. 

Sudah cukup banyak brand melakukan sistem giveaway untuk mendatangkan leads lebih banyak, baik di media televisi, radio, maupun di media sosial.

Alasannya tentu saja karena sistem giveaway memberi dampak yang sangat bagus untuk membuat banyak orang tertarik dengan produk maupun brand Anda. 

5. Adakan Event atau Pameran

Mengadakan pameran akan cepat menggaet leads atau calon konsumen karena adanya keharusan melakukan pendaftaran atau registrasi. 

Artinya, Anda bisa meminta kepada setiap pengunjung yang datang ke pameran untuk mengisi formulir pendaftaran atau buku tamu. 

Nah, semua data pelanggan yang masuk bisa Anda simpan dan nantinya bisa Anda gunakan saat mau melakukan promosi lanjutan, baik melalui pengiriman email marketing, pesan ke media sosial, dan sebagainya. 

Bahkan Anda jadi bisa Menetapkan Benchmark Digital Marketing Menggunakan Data Sendiri jika sudah punya banyak data pelanggan.

Nilai lebih lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika punya banyak data pelanggan, Anda bisa bertukar leads dengan relasi, rekan, bahkan kompetitor. 

Simbiosis mutualisme akan banyak terjadi daripada Anda menerapkan sistem door to door menawarkan produk.

6. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

Tanpa perlu dijelaskan lagi, sebenarnya Anda telah tahu bahwa aplikasi media sosial saat ini sangat digandrungi hampir semua lapisan masyarakat. 

Anda bisa masuk ke grup atau komunitas yang relevan dengan dengan produk Anda untuk bisa mendapatkan leads. Sebagai contoh, Anda memiliki rumah untuk disewakan, Anda bisa bergabung ke grup sewa kota A atau jual beli rumah dan tanah.

Nantinya, setiap Anda melakukan postingan mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka informasi mengenai produk tersebut bisa menjangkau lebih banyak orang yang memiliki minat yang sama.

7. Sediakan Layanan Chat di Website

Pengalaman pribadi seseorang ketika butuh informasi, maka ia akan mencari halaman atau kolom chatting

Kolom ini umumnya dijaga oleh admin atau customer service yang bertugas 24 jam selama 7 hari penuh untuk melayani pelanggan.

Atau gunakan saja chatbot yang lebih canggih dan bisa melayani konsumen, kapan pun konsumen membutuhkan bantuan. Jadi ketika konsumen mengklik kolom chat untuk mengajukan pertanyaan, maka chatbot akan memberi jawaban segera. 

Selain itu, pastinya konsumen memberikan data email atau nomor telepon terlebih dahulu sebagai data awal yang nantinya bisa Anda gunakan untuk penerapan strategi marketing lanjutan untuk follow up

8. Isi Konten Informatif

Membaca seputar komponen produk akan menambah nilai leads menjadi semakin tinggi. Anda cukup isi website dengan artikel yang bermutu atau video pendukung, sehingga konsumen tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. 

9. Follow Up dengan CRM

Customer Relationship Management atau CRM memungkinkan Anda melacak interaksi dengan leads secara efektif. 

Follow up yang tepat waktu dan personalisasi pesan berdasarkan data CRM dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan banyak leads potensial, bahkan bisa sekalian meningkatkan konversi.


Itulah 9 cara jitu mendapatkan leads anti gagal. Apakah cara di atas juga berlaku untuk bisnis UMKM yang baru mulai? Tentu saja bisa diterapkan. Bagus lagi kalau Anda juga menerapkan Lead Generation untuk Bisnis UMKM.

SUBSCRIBE NOW

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER