knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Cara Promosi Produk Bagi Anda yang Baru Pertama Memulai Bisnis Online

08 Jul  · 
3 min read
 · 
eye 17.787  
Digital Marketing

Cara Promosi Produk Untuk Bisnis Online

Memulai bisnis online bisa menjadi tantangan besar, terutama bagi Anda yang baru pertama kali mencobanya. Salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis online adalah menerapkan cara promosi produk yang efektif. 

Dalam artikel ini, Redcomm Knowledge akan berbagi beberapa cara mempromosikan produk maupun jasa untuk meningkatkan visibilitas toko online Anda yang baru saja dibuka. Harapannya, Anda bisa segera mendapatkan banyak pelanggan dan angka penjualan pun meningkat. Yuk, baca artikelnya sampai selesai. 

7 Cara Promosi Produk untuk Bisnis Online yang Sukses

1. Terapkan Strategi Email Marketing

Sebagai langkah awal, Anda perlu mengumpulkan sebanyak mungkin alamat email, baik dari calon pelanggan atau email milik orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda.

Cara mengumpulkan alamat email untuk kebutuhan menerapkan strategi email marketing, antara lain:

  • Buat survei atau kuesioner, kemudian sebarkan di media sosial.
  • Mintalah jaringan pertemanan di media sosial milik Anda untuk ikut mengisi survei, termasuk menyebarkannya agar ada lebih banyak orang yang mengisi survei tersebut.
  • Buat website, kemudian buat form berlangganan atau subscribe di mana audiens perlu memasukkan alamat email untuk bisa mendapatkan konten-konten eksklusif.
  • Menyelenggarakan giveaway atau bagi-bagi sample produk dengan syarat audiens menyerahkan email marketing sebagai bukti keikutsertaan.  

Setelahnya, secara bertahap Anda bisa mengirimkan email marketing untuk memperkenalkan bisnis, produknya apa saja, dan mengajak mereka untuk mengunjungi online shop milik Anda. 

Jangan lupa, sertakan Call to Action (CTA) di dalam email ya. Anda bisa mempelajari CTA yang efektif dan bisa mendorong audiens melakukan klik pada artikel berjudul Contoh CTA yang Efektif.

Email selalu menjadi salah satu alat pemasaran paling efektif di internet. Oleh karena itu, Anda perlu secara rutin dan berkesinambungan mengumpulkan alamat email ini sekaligus membuatnya menjadi database yang tertata dengan rapi. 

Semakin rapi Anda membuat database, akan semakin memudahkan ketika Anda membutuhkannya.

2. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Cara promosi produk yang efektif untuk bisnis online adalah memaksimalkan penggunaan media sosial. Mulailah memberikan lebih banyak perhatian kepada orang-orang yang menjadi followers Anda di media sosial. 

Pastikan mereka mendapatkan tampilan image dan konten menarik, baik berupa teks, artikel, infografis, atau video, yang bisa memancing mereka untuk berinteraksi dengan Anda. 

Tips untuk memaksimalkan interaksi di media sosial:

  • Gunakan media sosial populer yang relevan dengan brand dan target audiens yang mau dijangkau.
  • Buat konten yang tak hanya menarik, tetapi harus juga informatif dan relevan dengan kebutuhan target audiens.
  • Bangun interaksi dengan pengikut, bisa membuat giveaway, polling, interaksi secara live, dan lainnya.
  • Gunakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas konten di media sosial.

Untuk meningkatkan interaksi di media sosial, Anda bisa pula menggandeng best digital agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia yang telah berpengalaman dalam membantu pebisnis pemula untuk mencapai keuntungan dan kesuksesan dalam berbisnis. 

Sistem kerja sama ini juga memungkinkan social media and digital marketing agency menghubungkan Anda dengan para influencer atau blogger. Sebab, banyak juga digital agency Jakarta yang memiliki KOL management untuk membantu promosi berbagai brand.

Kerja sama dengan para ahli di media sosial dan digital marketing seperti mereka akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan promosi produk secara online

3. Buat Website

Website menjadi media yang efektif untuk mempromosikan produk secara online karena bisa bekerja selama 24/7 tanpa henti.

Artinya, selama 24 jam penuh setiap hari, brand dan berbagai produk yang Anda tawarkan bisa calon konsumen temukan ketika mereka berselancar di internet.

Nah, agar situs web bisnis mampu menjangkau pasar yang lebih luas, lakukan beberapa hal berikut:

  • Buat konten powerful yang konsisten berkaitan dengan bisnis, produk, dan jenis konten lain yang bisa menjadi sumber informasi bagi audiens.
  • Tingkatkan terus performa website bisnis, mulai dari loading speed situs, navigasi yang mudah dipahami, dan memanfaatkan landing page yang memuat produk bisnis.
  • Pastikan website responsif di semua perangkat. Artinya, website bisnis Anda bisa diakses dengan mudah, apapun perangkat yang audiens gunakan. Baik di desktop, smartphone, maupun tablet.

4. Terapkan Teknik SEO untuk Situs Bisnis Online

Optimasi SEO on page sangat penting untuk meningkatkan peringkat website bisnis di mesin pencari. Gunakan keyword yang relevan dalam judul, meta description, dan konten artikel. Pastikan juga untuk membuat URL yang SEO friendly dan menambahkan alt text pada gambar.

Penerapan teknik SEO juga memungkinkan Anda melakukan promosi secara online dengan lebih baik. Anda bisa mengoptimalkan situs bisnis online dengan teknik SEO sehingga menempati peringkat teratas di mesin pencarian.

5. Berpartisipasi di Acara dan Diskusi Online

Seiring meningkatnya acara dan diskusi online yang sudah sangat banyak saat ini, maka Anda punya peluang untuk meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness. 

Anda bisa berpartisipasi aktif di berbagai acara dan diskusi online dan mulailah mengenalkan produk dan brand bisnis Anda kepada komunitas dan target audiens.

Manfaatkan keahlian Anda dengan berpartisipasi dalam webinar atau konferensi virtual untuk menyampaikan cerita, berbagi tips dan pengetahuan, lalu selipkan informasi mengenai bisnis online yang Anda jalankan. 

6. Pasang Iklan Berbayar

Untuk jangkauan promosi dan pemasaran yang lebih luas, Anda juga bisa mulai memasang iklan berbayar, baik beriklan di media sosial maupun menggunakan iklan Google Ads.

Beriklan di Google Ads memungkinkan Anda untuk menargetkan calon pelanggan berdasarkan kata kunci yang mereka cari. Pilih kata kunci yang tepat dan relevan dengan produk Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.

Saat beriklan, jangan lupa melakukan monitoring dan analisis kinerja kampanyenya ya. Beberapa metrik penting yang perlu Anda analisis, yaitu CTR, CPC, dan konversi.

Analisis metrik digital campaign akan membantu Anda melihat mana campaign yang bekerja dan yang tidak. Optimalkan kampanye Anda berdasarkan data yang Anda peroleh.

7. Buat Penawaran Khusus

Untuk membuat promosi produk Anda semakin menarik, buatlah penawaran khusus, misalnya dengan menawarkan voucher diskon menggunakan kode promo.

Penggunaan kode promo akan memudahkan Anda melacak efektivitas promosi sekaligus memantau berapa banyak calon pelanggan yang menggunakan kode promo tersebut.

Promosikan penawaran khusus ini di berbagai platform media sosial yang Anda gunakan, termasuk di website dan email marketing. Semakin banyak orang ikut promo ini, peluang terjadinya konversi juga makin besar.


Selain 7 cara promosi produk untuk bisnis online di atas, sebenarnya masih banyak cara lain untuk membuat bisnis online Anda berkembang pesat. Ikuti terus berbagai artikel menarik di Redcomm Knowledge atau di Red Insight untuk tren terbaru. Selain itu, Anda juga lho menerapkan Cara Promosi Produk di Media Sosial untuk Mendominasi Pasar.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER