3. Buat Konten Berkualitas dengan Cerita yang Menggugah
Konten visual memiliki pengaruh yang kuat di media sosial. Oleh karena itu, buatlah konten yang menarik dan estetik secara visual, namun tetap “berisi”, bermanfaat, dan relevan dengan bisnis Anda.
Agar mudah dikenali audiens, gunakan elemen desain yang konsisten dengan identitas brand sehingga terbentuk brand identity yang kuat dan brand image yang mudah diingat.
Selain adanya gambar visual, lengkapi konten Anda dengan cerita yang menggugah emosi melalui teknik storytelling. Kisahkan cerita di balik produk, mengenai ide-ide, dan bagaimana produk tersebut bisa membantu audiens menyelesaikan masalah mereka.
4. Bangun dan Optimalkan Interaksi
Tips promosi di media sosial berikutnya yang juga perlu Anda lakukan adalah membangun dan mengoptimalkan interaksi, baik interaksi antara sesama pelanggan, maupun interaksi antara pelanggan dengan bisnis Anda.
Cara paling mudah, namun sering terabaikan adalah memberi respons terhadap komentar dan pesan dari pelanggan yang masuk di media sosial Anda.
Usahakan untuk menjawab dan membalas komentar mereka dengan cepat. Ini jadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan reputasi dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.
Berikutnya, optimalkan interaksi di media sosial dengan cara mengadakan kontes, giveaway, tantangan seru, dll, kemudian ajak audiens untuk berpartisipasi.
Tak ada salahnya menyediakan hadiah dengan kriteria pemenang yang Anda tentukan agar ada lebih banyak audiens yang mau ikut berpartisipasi.
5. Posting Konten Konsisten di Waktu yang Tepat
Perilaku audiens pengguna media sosial itu berbeda-beda lho, sehingga Anda perlu mengenali kapan tepatnya mereka aktif scrolling di media sosial. Anda bisa mempelajari waktu aktif audiens di media sosial pada bagian insight yang tersedia di tiap platform.
Namun rata-rata waktu aktif pengguna, seperti yang dilansir situs Hootsuite, yaitu pagi hari antara jam 7-9 pagi, siang hari di sekitar jam makan siang. Lalu sore hari saat jam pulang kerja, dan malam hari sebelum istirahat sekitar jam 9 - 11 malam.
Setelah tahu waktu aktif audiens bermedia sosial, buatlah konten secara konsisten dan posting sesuai jadwal posting konten yang sudah Anda miliki. Memposting konten secara berkala membuat bisnis Anda bisa terus terhubung dengan audiens dan menjaga interaksi terus terjadi.