MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Influencer: Arti dan Jenisnya

29 Jun  · 
2 min read
 · 
eye 3.364  
Influencer / KOL Marketing

redcomm

Seseorang bisa disebut sebagai influencer jika ia memiliki basis pengikut yang banyak. Ia juga punya kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan tindakan seperti yang ia sarankan. Cari tahu yuk apa itu influencer, jenis-jenis influencer, dan peran influencer dalam kegiatan pemasaran.

Apa Itu Influencer?

Influencer adalah individu yang memiliki basis pengikut yang besar di media sosial dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pendapat dan tindakan orang lain. 

Umumnya, influencer memiliki minat khusus dalam bidang tertentu, seperti kecantikan, fashion, makanan, teknologi, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan minatnya tersebut, influencer membuat berbagai konten yang kemudian mereka bagikan di media sosial. 

Tujuannya untuk membentuk preferensi dan membantu brand memperluas jangkauan pemasaran, bahkan bisa membantu Anda meningkatkan penjualan.

Jenis-Jenis Influencer

Selain berdasarkan minatnya, seperti food influencer, tekno influencer, lifestyle influencer, dan sebagainya, influencer juga bisa dibedakan dari jenisnya. Berikut beberapa jenis influencer yang perlu Anda tahu:

1. Selebriti

Selebriti adalah jenis influencer yang memiliki pengikut yang besar di luar media sosial. Mereka sering kali terkenal dalam bidang hiburan, olahraga, atau industri lainnya.

Kehadiran mereka di media sosial memungkinkan mereka untuk memperluas pengaruh mereka dan menjalin hubungan dengan penggemar mereka. 

Namun karena basis followers-nya sangat besar, biasanya influencer yang masuk dalam kategori selebriti kurang memiliki kedekatan yang solid dan hangat dengan followers.

2. Influencer Ahli / KOL

Influencer ahli adalah influencer yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu, bahkan bisa jadi keahliannya tersebut memang merupakan profesi / pekerjaannya di dunia nyata.

Influencer ahli ini dikenal pula dengan nama KOL atau Key Opinion Leader. Mereka menggunakan media sosial untuk berbagi informasi yang berharga dan memberikan saran kepada pengikut mereka. 

Basis pengikut mereka biasanya terdiri dari orang-orang yang mencari panduan dan nasihat yang akurat, misalnya yang berkaitan dengan keuangan, kesehatan, teknologi, kecantikan, dan sebagainya.

3. Mega Influencer

Mega influencer adalah influencer yang memiliki jumlah followers di atas 1 juta. 

Biasanya mereka berasal dari kelompok orang berpengaruh dan memiliki profesi pada bidang tertentu di dunia nyata. Misalnya, pengacara, chef, dokter, ahli gizi, dan masih banyak lagi. 

Karena profesinya itu pula, mereka mampu mempengaruhi masyarakat dengan jangkauan yang luas, baik secara nasional maupun internasional.

4. Macro Influencer

Macro influencer adalah influencer yang memiliki jumlah pengikut antara 100.000 hingga kurang dari 1 juta followers.

Besarnya jumlah pengikut tidak berarti mereka memiliki engagement yang kuat. Apalagi kebanyakan akun dari micro influencer dipegang oleh admin, tidak langsung ia pegang sendiri.

Meski begitu, jangkauan pesan promosi yang bisa Anda harapkan tetap bisa terwujud mengingat pengikutnya tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan dari negara lain. 

5. Micro Influencer

Micro influencer adalah influencer yang memiliki jumlah followers antara 10.000 hingga 100.000. 

Umumnya yang termasuk dalam kelompok micro influencer ini berasal dari masyarakat umum atau warganet yang aktif bermedia sosial sehingga memiliki pengikut yang banyak.

Jenis konten yang mereka bagikan beragam, meski ada satu dua jenis konten yang khusus merupakan keahlian mereka di dunia nyata.

Engagement-nya pun terbentuk secara organik, mengingat mereka rajin membalas komentar pengikut, bahkan berinteraksi dengan hangat. Rata-rata pengikut micro influencer lebih sedia dengan pemilik akun yang diikutinya.

Jika ingin bekerja sama dengan micro influencer, biaya yang Anda keluarkan tidak akan sebesar kalau Anda mengajak macro influencer, mega influencer, bahkan jauh lebih murah dibandingkan Anda menggunakan influencer dari kalangan selebriti.

6. Nano Influencer

Nano influencer adalah influencer yang pengikutnya hanya antara 1.000 hingga 10.000. Hampir mirip dengan micro influencer, biasanya nano influencer berasal dari masyarakat umum, mahasiswa, pegiat media sosial, atau warganet yang memiliki minat besar pada suatu bidang.

Meskipun jumlah pengikutnya kecil, kebanyakan engagement rate dari akun nano influencer lebih besar.

Ini menunjukkan kalau pengikut di akun para nano influencer lebih solid dan aktif berinteraksi. Bisa jadi karena jumlahnya tidak terlalu besar, maka antar pengikut bahkan dengan pemilik akun, mereka saling kenal sehingga saling support.

Jika berminat mengajak nano influencer bekerja sama, Anda bisa mendapatkan impact yang lumayan besar lho. 

Alasannya, pesan promosi bisa lebih sampai dan kedekatan antara pengikut dengan pemilik akun lebih berpotensi membuat pengikut mengikuti saran influencer, entah untuk mencoba produk, bahkan membeli produk. 

Hal ini karena rekomendasi seseorang yang dipercaya layaknya teman dianggap benar dan tidak akan menyesatkan.

7. Blogger

Blogger adalah influencer yang aktif dalam menulis blog. Artinya, platform yang mereka gunakan untuk membuat dan membagikan konten adalah blog.

Mereka sering kali memiliki minat khusus dalam topik tertentu, seperti makanan, perjalanan, atau gaya hidup. 

Tulisan mereka memiliki daya pikat cukup besar karena bisa lebih detail menerangkan produk (spesifikasi hingga keunggulan produk) dibandingkan caption pendek di media sosial. 

Bekerja dengan blogger juga membuat visibilitas brand meningkat, baik di halaman mesin pencari SERP maupun di media sosial. Hal ini karena setelah membuat tulisan, blogger juga membagikan tulisannya di media sosial untuk membangun social signal.


Apakah Anda seseorang yang juga ingin menjadi influencer? Jika iya, coba pelajari 7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Seperti Influencer. Sementara jika Anda pemilik bisnis, cari tahu dulu Berapa Biaya yang Harus Disiapkan untuk Kerja Sama dengan Influencer?

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC