Siapa sebenarnya Key Opinion Leader (KOL) dan kenapa Anda sebagai pemilik usaha memerlukan mereka? Apakah KOL ini sama dengan influencer? Beberapa waktu belakangan, memang ramai perdebatan menyangkut perbedaan antara Key Opinian Leader (KOL) dan influencer. Banyak yang beranggapan keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu berperan penting dalam digital marketing strategy. Ini ada benarnya. Sebagian besar KOL berperan pula sebagai influencer, begitu pun sebaliknya.

 

Meskipun memiliki peran yang sama, sebenarnya tetap ada perbedaan dari KOL dan influencer. Untuk lebih memahaminya, Redcomm Knowledge akan mencoba membagi penjelasannya menjadi beberapa artikel. Oke, sekarang mari kita simak dulu mengenai Key Opinion Leader (KOL) lebih detail.

 

 

Siapa Key Opinion Leader (KOL)?

Key Opinion Leader (KOL) adalah seseorang yang memiliki keahlian tertentu, baik secara pengetahuan maupun kemampuan, yang pendapatnya didengarkan dengan baik oleh masyarakat luas. Bisa pula dikatakan bahwa KOL adalah orang yang dipercaya dan dihormati banyak orang karena pengetahuannya yang secara mendalam pada bidang tertentu sehingga meningkatkan kepercayaan banyak orang terhadap dirinya. Contohnya, seorang dokter gigi menyebutkan bahwa produk perawatan gigi tertentu bagus untuk menjaga kesehatan gigi. Maka, mau tidak mau Anda tentu akan lebih percaya dengan rekomendasi dokter gigi tersebut dibandingkan kalau orang lain yang mengatakannya, kan?

 

Kenapa Anda Memerlukan Key Opinion Leader (KOL) untuk Membantu Anda Melakukan Promosi?

Key Opinion Leader (KOL) berbeda dengan influencer karena otentisitas atau keaslian mereka di dunia nyata. Ketika mereka mengatakan suatu produk baik sesuai dengan pengetahuan, pengalaman, dan profesi mereka, maka akan banyak orang lebih mempercayai rekomendasikan yang KOL berikan.

 

Jika dibuatkan daftarnya, maka ada beberapa hal yang membuat keberadaan KOL akan sangat membantu Anda dalam mempromosikan brand atau produk Anda, antara lain:

 

 

  1. Profesi dan Pengalaman yang Khusus

KOL merupakan orang yang memiliki profesi, pengetahuan, dan pengalaman yang khusus terkait suatu bidang, malah bisa dikatakan mereka memiliki keahlian di bidang tersebut. Biasanya, Key Opinion Leader (KOL) yang sebenarnya hanya akan berkolaborasi dan bekerja sama dengan merek ataupun produk yang relevan dengan profesi dan pengalaman khusus mereka saja. Mereka logis dan memberikan konten yang masuk akal (terpercaya) karena secara keahlian mereka pun menyebutkan bahwa brand atau produk tersebut memang bisa dipercaya.

 

  1. Memiliki Keahlian yang Nyata dan Terbukti

Karena memiliki keahlian yang nyata dan terbukti, maka KOL akan jauh lebih baik dalam membuat konten yang mendeskripsikan secara jelas suatu produk ataupun brand. Biasanya, konten tersebut akan disertai dengan pendapat pribadi berdasarkan keahlian ataupun pengalaman yang mereka miliki. Untuk lebih jelasnya, mari kita analisis dari situasi di sekitar kita. Contoh kasusnya, ada dua jenis iklan kecap yang disebut berkualitas dan bisa membuat masakan jadi lebih enak.

 

Iklan pertama direkomendasikan oleh chef yang namanya sudah begitu terkenal di masyarakat, bahkan ia memang benar-benar berprofesi sebagai seorang chef. Iklan kedua direkomendasikan oleh seorang artis atau selebgram, yang diketahui profesinya sebagai artis. Dari kedua iklan tersebut, mana yang lebih Anda percayai?

 

 

  1. Dapat Meningkatkan Kredibilitas Brand Karena Lebih Dipercaya Masyarakat

Dari pembahasan dua poin di atas, bisa kita lihat bahwa ketika ada suatu brand atau produk yang direkomendasikan oleh seseorang yang memang berprofesi di bidang tersebut, atau memang memiliki keahlian dan pengetahuan yang relevan dengan produk yang direkomendasikan, tentu rekomendasi tersebut akan jauh lebih bisa dipercaya.

 

Kepercayaan masyarakat terhadap sosok yang memberikan rekomendasi dengan tepat dan sesuai dengan keahliannya biasanya jauh lebih tinggi. Ketika Anda sebagai pemilik brand mengajaknya bekerja sama untuk mempromosikan produk atau brand Anda, maka bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda.

 

Setelah Anda mengetahui siapa dan kenapa Anda perlu bekerja sama dengan Key Opinion Leader (KOL), maka selanjutnya tinggal Anda yang memutuskan. Agar bisa menemukan KOL yang tepat dan sesuai untuk diajak kerja sama, Anda bisa pula meminta bantuan kepada KOL Management, Social Media Management, atau bekerja sama dengan salah satu best digital agency Jakarta.