Program afiliasi fokus pada meningkatkan penjualan lewat kerjasama berkelanjutan di mana afiliasi dapat komisi dari penjualan pakai link atau kode khusus.
Program afiliasi fokus pada meningkatkan penjualan lewat kerjasama berkelanjutan di mana afiliasi dapat komisi dari penjualan pakai link atau kode khusus.
Influencer affiliate seringkali lebih efektif untuk e-commerce ketimbang affiliate program biasa karena bisa ngasilin pendapatan langsung dan eksposur lebih tinggi lewat kerjasama dengan influencer.
Influencer jadi lebih semangat bikin konten berkualitas dan menghasilkan penjualan untuk kamu karena mereka dibayar berdasarkan setiap penjualan yang mereka bawa.
Penasaran gimana cara memulainya? Yuk, kita bahas bersama!
Program afiliasi cocok untuk toko online berbagai ukuran, tapi paling mantap buat brand yang udah punya hubungan sama influencer potensial dan fokus pada peningkatan pendapatan.
Kamu perlu cek:
Setiap kreator memiliki nada unik, jenis konten, target audiens, dan reputasi. Jadi penting banget memilih yang sesuai sama brand kamu.
Tapi, untuk program awal, kamu perlu mengundang banyak orang buat ikut kampanye, dan kamu bisa sesuaikan strategi berdasarkan respons dari kreator-kreator.
Dalam tiga bulan pertama, targetkan 75 hingga 100 micro dan mid-tier influencer serta pelanggan berpengaruh pakai pencarian manual atau beberapa tools tertentu.
Untuk brand yang lebih kecil dan punya waktu terbatas, mulailah dengan sekitar 15 hingga 20 kreator yang punya basis penggemar yang sama.
Kalau ada calon pelanggan yang follow beberapa influencer yang kamu pilih, mereka akan melihat merekmu berkali-kali selama kampanye dan lebih mungkin terlibat.
Ada tiga jenis influencer yang cocok untuk merek e-commerce: pelanggan, nano, micro, dan macro influencer.
Cara menemukan mereka:
Penawaran kamu harus ada tiga bagian: penawaran produk awal, komisi, dan akses eksklusif.
Karena kamu ingin influencer suka dengan merekmu, kasih mereka produk gratis itu langkah bagus untuk mulai hubungan dan lihat siapa yang beneran cinta sama produk kamu.
Saat kamu mengirim produk gratis, ekspektasinya selalu fokus ke membangun hubungan dan seringkali bisa jadi pondasi yang sempurna untuk menumbuhkan hubungan afiliasi.
Selanjutnya, rancang struktur komisi yang kompetitif dan bisa berkelanjutan. Berikan komisi 10% hingga 30% per penjualan untuk influencer, tapi angka akhirnya akan bergantung pada tiga faktor:
Periksa struktur komisi kamu secara berkala untuk memastikan selalu kompetitif dan sesuai dengan tujuanmu.
Terakhir, untuk membangun komunitas yang aktif, kasih akses eksklusif ke komunitas, acara, dan tempat atau kegiatan lain yang mungkin menarik bagi afiliasi kamu.
Beberapa influencer affiliate campaign meminta influencer untuk membuat sejumlah postingan untuk dapat komisi.
Ini yang disebut kampanye dengan jangka waktu tertentu. Misalnya, kamu bisa bilang ke kreator kalau kamu akan kirim produk senilai 3 juta rupiah dan rate komisi 15% setiap penjualan, asal mereka membuat dua Instagram Story.
Kalau kampanye tidak ada persyaratan konten, itu kesepakatan tanpa jangka waktu. Paling cocok untuk macro influencer, karena pengikut mereka banyak, jadi tidak perlu post banyak untuk bikin buzz.
Kasih persyaratan konten yang fleksibel. Sebagai contoh, daripada minta dua in-feed Instagram Post dan dua Instagram Story, kamu bisa bilang, "Kami suka kalau kamu masukin kami ke dalam tiga hingga lima post Instagram setiap bulan."
Dengan begitu, kamu kasih fleksibilitas ke kreator sambil tetap bisa mengukuhkan tanggung jawab mereka.
Baik kamu pilih kampanye dengan jangka waktu atau tanpa jangka waktu, pastikan komunikasi terus terbuka dan kasih panduan merek yang menawarkan saran-saran berguna dan panduan yang jelas buat bikin konten. Panduan merek kamu harus mencakup:
Ada beberapa platform dan jenis posting yang performa lebih baik. Jadi, kasih ide konten dan platform yang sudah terbukti efektif untuk merekmu.
Sebagai contoh, ini beberapa jenis konten yang sangat bagus untuk merek e-commerce:
Ingat, afiliasi kamu itu bagian dari merekmu, pengikut mereka melihat kamu lewat mereka. Bantu mereka bikin konten yang benar-benar merepresentasikan nilai merekmu.
Pantau terus apa yang berhasil, agar kamu bisa aplikasikan ke seluruh program. Ada tiga indikator sukses utama:
Rekap terus performa program kamu pakai Spreadsheet atau platform analitik. Catet influencer top agar dapat menanyakan strategi mereka untuk dibagi ke influencer lainnya.
Nah, itu dia 5 langkah mudah menjalankan influencer affiliate campaign. Sebelum kamu siap bekerjasama dengan mereka, ketahuilah Panduan Membuat Brief Saat Kerja Sama dengan Influencer.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC