Brief atau arahan perlu dibuat sedetail mungkin saat Anda melakukan kerjasama dengan influencer Instagram. Hal ini terkait dengan kesuksesan digital campaign yang Anda lakukan. Oleh karena itu, Redcomm Knowledge akan membagikan panduan membuat brief saat kerjasama dengan influencer Instagram.

 

Alasan Pentingnya Memberi Brief yang Tepat

Memberi arahan atau brief kepada influencer bertujuan agar para influencer memahami dengan baik tujuan diselenggarakannya digital campaign, mulai dari pesan apa yang ingin disampaikan, produk apa yang akan dipromosikan dan kenapa perlu dipromosikan, dan sebagainya. Semakin detail Anda memberi arahan, maka harapan mencapai target yang ditetapkan dari digital campaign ini akan bisa dicapai dengan mudah. 

 

 

Berikut ini adalah daftar periksa yang butuh perhatian Anda:

 

  • Header dengan detail merek dan judul kampanye. 
  • Detail digital campaign strategy yang dilakukan harus pula memuat spesifikasi target market dan pesan apa yang ingin disampaikan kepada target market tersebut. 
  • Guidelines postingan yang meliputi, jumlah konten yang harus dibuat, scope of work (SOW), dan tagar (hashtag) apa yang mau digunakan. 
  • Detail kontrak (hak dan kewajiban) serta timeline campaign

 

Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan penting berikut:

 

Panduan Membuat BriefSaat Kerja Sama dengan Influencer Instagram

  1. Header atau Tajuk Brief

Pada bagian header atau tajuk briefing, Anda perlu membuat panduan selengkap dan sejelas mungkin, meliputi apa dan siapa perusahaan Anda, merek atau brand yang diusung (dalam hal ini jika yang menjadi penghubung adalah digital agency maka perlu disebutkan nama digital agency dan perusahaan yang diwakili). 

 

Kemudian masih di bagian tajuk brief, perlu pula disebutkan judul digital campaign yang mau diselenggarakan, tanggal pelaksanaan, jangka waktu kampanye. 

 

 

  1. Detail Kampanye

Pada detail kampanye, harus lengkap penjelasan mengenai konsep dan tujuan diselenggarakannya social media campaign di Instagram ini beserta detail kampanye secara singkat sehingga para influencer yang diajak bekerja paham dengan baik, siapa rekan kerjasama mereka. Anda perlu juga menjabarkan jenis konten seperti apa yang Anda ingin para influencer tampilkan di Instagram mereka sehingga mereka bisa mewakili merek usaha Anda dengan baik. 

 

Jika masih ada informasi penting lainnya terkait pesan yang ingin disampaikan kepada audiens atau followers para influencer, jelaskan semuanya pada bagian detail kampanye digital ini. Semakin detail Anda memberi arahan, semakin bisa membantu influencer bekerja dengan baik dan mewujudkan target yang Anda tetapkan. 

 

  1. Guideline Posting

Guideline atau panduan posting perlu dibuat lengkap sebagai cara untuk mengarahkan influencer agar bisa membuat konten yang kreatif, namun tetap berdasarkan konten yang bisa mewakili brand Anda, link target menuju website / postingan di akun Instagram perusahaan, jumlah dan waktu posting. 

 

Penting pula menetapkan jumlah impresi dan keterlibatan yang harus mereka dapatkan dari followers. Ingatkan dengan baik bahwa sebagai influencer, mereka memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kewajiban atas postingan bersponsor yang Anda berikan. Jangan membatasi kreativitas influencer terlalu berlebihan. Pada dasarnya, influencer memiliki kelebihan unik dan tahu pasti bagaimana membuat postingan yang menarik bagi para pengikutnya. Untuk itu, beri mereka kebebasan pula dalam berkreasi. 

 

 

  1. Detail Kontrak dan Timeline Campaign

Pada bagian terakhir dari panduan membuat brief bagi influencer yang bekerja sama dengan Anda, perlu pula dimasukkan detail kontrak yang menjelaskan mengenai kewajiban dan hak yang akan didapatkan influencer. Sertakan tenggat waktu konfirmasi dan tenggat waktu pengumpulan laporan hasil kerja. Hal paling utama, minta mereka memberi persetujuan atas kontrak yang Anda berikan, baik dalam bentuk tanda tangan dan lain sebagainya. 

 

Semoga panduan membuat brief saat kerjasama dengan influencer Instagram bisa mensukseskan digital marketing campaign dan social media marketing yang Anda lakukan.