knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Panduan Bagi Brand Saat Mau Bekerja Sama dengan Content Creator

21 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 11.291  
Influencer / KOL Management

Panduan Bagi Brand Saat Mau Bekerja Sama Dengan Content Creator

Sebagai pemilik brand, apakah Anda tertarik bekerja sama dengan content creator untuk memaksimalkan konten produk Anda? 

Jika ya, pelajari panduan kerja sama dalam artikel ini, untuk meminimalkan kerugian yang mungkin Anda alami.

Panduan Praktis Bekerja Sama dengan Content Creator

Memiliki brand ternama adalah impian semua pebisnis. Namun bagaimana cara mewujudkannya? 

Salah satu cara yang bisa Anda coba yaitu, berkolaborasi dengan para content creator. Sebelum melakukannya, Anda harus mengetahui beberapa panduan di bawah ini.

1. Menyesuaikan Penggunaan Platform dengan Ciri Khas Brand

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan persiapan dengan menentukan platform mana yang mau digunakan.

Apakah hendak menggunakan Instagram, Facebook, Twitter atau YouTube? Sebelum memutuskan, lakukan riset dan amati perkembangannya.

Pilih salah satu media sosial yang paling banyak mendapatkan perhatian pelanggan dan sesuai dengan ciri khas brand Anda. 

Beberapa perusahaan terkadang memiliki banyak sosial media, namun fokus pada satu atau dua jenis saja sebagai pilihan utama. 

2. Memilih Konten Kreator

Setelah mengetahui platform yang dipilih, segera lakukan pencarian content creator. Agar lebih mudah, Anda bisa bekerja sama dengan salah satu digital agency Jakarta.

Digital agensi akan membantu menyesuaikan konten kreator yang cocok bekerja sama dengan brand Anda. 

Umumnya, para konten kreator memiliki keahlian tersendiri, seperti ahli dalam pembuatan postingan, gambar, maupun logat berbicara.

Saat melakukan seleksi, sesuaikan dengan kebutuhan brand atau produk yang ingin dipasarkan.

Anda juga bisa melihat portofolio mereka, sehingga dapat memperhitungkan bagaimana kinerjanya. Dengan begitu, kedua belah pihak akan saling diuntungkan.

3. Menginformasikan Konten Sesuai Keinginan

Panduan ketiga bagi brand saat bekerja sama dengan content creator adalah menginformasikan konten sesuai keinginan. Tujuannya, agar tidak terjadi kesalahan komunikasi.

Anda tidak mau kan, jadwal posting konten terganggu karena konten kreator membuang waktu dengan bekerja dua kali untuk revisi konten?

Anda dapat memberikan detail informasi, seperti isi dan pesan yang harus ada di dalam video, motion graphic, infografis, atau foto di suatu konten.

Kemudian, infokan pula ciri khas postingan yang akan dibuat. Dengan begitu, mereka bisa menghasilkan karya terbaik dengan maksimal.

4. Menyediakan Contoh Referensi Konten

Ketika meminta konten kreator membuat video atau postingan gambar, lebih baik jika menyediakan contoh atau referensinya.

Tujuannya, agar konten yang dihasilkan lebih berkualitas dan mampu mengajak pelanggan membeli produk yang Anda tawarkan.

Hal ini bisa dilakukan dengan meminta mereka melihat postingan-postingan terdahulu. 

Referensi akan mengurangi resiko terjadinya kesalahan persepsi dalam menginterprestasikan informasi konten yang Anda berikan.

Jangan khawatir, contoh referensi hanya akan menjadi ide awal atau inspirasi saja. Biasanya konten kreator akan membuat konten sesuai brief yang diberikan dengan ciri khas dan keunikan karya mereka.

5. Membayar Jasa Konten Kreator

Ketika bekerja sama dengan konten kreator, banyak hal yang perlu dilakukan agar kerja sama berjalan maksimal.

Salah satunya, membayar jasa content creator tepat waktu sesuai kesepakatan. Tarifnya sangat bervariasi dengan berbagai pilihan konsep yang Anda inginkan.

Harga pembuatan postingan Instagram dalam bentuk video tentu lebih mahal dibandingkan ilustrasi atau gambar. 

Jika memungkinkan, coba cari tahu juga apakah ada diskon atau potongan harga jika bekerja sama dalam jangka panjang.

6. Memanfaatkan Situs Online Creative Network

Selain melalui pencarian mandiri, Anda bisa menemukan konten kreator terbaik di situs online. Di sana, ada beberapa rekomendasi terbaik tentang orang kreatif sesuai bidang masing-masing.

Namun, pastikan situs tersebut mencantumkan portofolio masing-masing konten kreator agar Anda tak salah pilih.

Cara lain mendapatkan content creator, Anda bisa menghubungi digital branding agency tepercaya yang sudah berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan digital berbagai brand.

7. Mengatur Jadwal dan Tenggat Waktu dengan Jelas

Terakhir, Anda harus menetapkan jadwal dan tenggat waktu yang jelas. Pastikan content creator mengetahui kapan konten harus diselesaikan dan dipublikasikan.

Komunikasi yang baik mengenai timeline akan membantu mencegah keterlambatan dan memastikan proyek berjalan sesuai rencana.

Selain itu, jadwal yang teratur juga memungkinkan content creator mengatur waktu dengan baik dan memberikan hasil optimal.

Itulah panduan bagi brand saat bekerja sama dengan content creator. Lengkapi pengetahuan Anda dengan tips Memilih Content Creator untuk Promosi Efektif dan Tepat Sasaran. Apabila ingin meningkatkan keuntungan bisnis Anda, jangan ragu menggunakannya sekarang juga.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER