Panduan bagi brand saat mau bekerja sama dengan content creatorini sangat penting untuk diperhatikan, sebab bisa meminimalkan kerugian yang mungkin Anda alami. Dengan menggunakan jasa content creator, tampilan produk yang Anda miliki akan tampak lebih cantik lagi.

 

Panduan Bagi Brand Saat Bekerja Sama dengan Content Creator

Memiliki brand ternama adalah impian semua pebisnis. Hal ini bisa diwujudkan secara mudah dengan bekerja sama dan berkolaborasi dengan para konten kreator. Sebelum melakukannya, Anda harus mengetahui beberapa panduan di bawah ini.

 

 

  1. Menyesuaikan Penggunaan Platform dengan Ciri Khas Brand

Salah satu hal yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan persiapan terlebih dahulu. Anda harus menentukan platform mana yang mau digunakan. Apakah hendak menggunakan Instagram, Facebook, Twitter atau Youtube? Sebelum memutuskan mau menggunakan media sosial yang mana, lakukan sedikit riset dan amati perkembangannya.

 

Jika terlihat ada salah satu media sosial yang paling banyak mendapatkan perhatian dari pelanggan dan platform media sosial tersebut sesuai dengan ciri khas brand usaha Anda, maka Anda bisa memilihnya. Beberapa perusahaan terkadang memiliki banyak sosial media, namun memfokuskan pada satu atau dua jenis saja sebagai pilihan utama. 

 

  1. Memilih Konten Kreator

Setelah mengetahui platform mana yang dipilih, segera lakukan pencarian content creator. Untuk lebih mudah dalam proses pencarian konten kreator ini, Anda bisa bekerja sama dengan salah satu digital agency Jakarta. Digital agensi akan membantu menyesuaikan konten kreator seperti apa yang cocok untuk bekerja sama dengan brand Anda. 

 

Umumnya, para konten kreator memiliki keahlian tersendiri, baik ahli dalam pembuatan postingan, gambar, ataupun dalam logat berbicara. Saat melakukan pemilihan ini, sesuaikan juga dengan kebutuhan brand atau masing-masing produk yang ingin dipasarkan. Anda juga bisa melihat portofolio mereka sehingga dapat memperhitungkan bagaimana kinerja mereka. Dengan begitu, kedua belah pihak akan saling diuntungkan.

 

 

  1. Menginformasikan Konten Sesuai Keinginan

Salah satu panduan bagi brand saat mau bekerja sama dengan content creator adalah menginformasikan konten sesuai keinginan. Apabila tidak melakukannya, dikhawatirkan dapat terjadi kesalahan komunikasi sehingga konten kreator terpaksa bekerja dua kali dan ini sungguh menjadi pemborosan waktu. Akibatnya, jadwal posting konten Anda pun bisa terganggu. 

 

Anda dapat memberikan detail informasi, seperti bagaimana isi dan pesan yang harus ada di dalam video, motion graphic, infografis, atau foto di sebuah konten. Kemudian, infokan pula ciri khas postingan yang akan dibuat. Dengan begitu, mereka bisa memaksimalkan peran mereka untuk menghasilkan karya terbaik.

 

  1. Menyediakan Contoh Referensi Konten

Ketika meminta pihak konten kreator untuk membuat video atau postingan gambar, akan lebih baik jika menyediakan contoh atau referensinya. Hal ini bisa dilakukan dengan meminta mereka melihat postingan-postingan terdahulu. 

 

Adanya referensi akan membuat pihak creator bisa mengurangi resiko terjadinya kesalahan persepsi dalam menginterprestasikan informasi konten yang Anda berikan. Jangan khawatir, contoh referensi itu hanya dijadikan ide awal atau inspirasi saja, karena biasanya konten kreator akan membuat konten sesuai brief yang diberikan dengan ciri khas dan keunikan karya mereka. Tujuannya, agar konten yang dihasilkan jadi lebih berkualitas dan mampu mengajak pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

 

  1. Membayar Jasa Konten Kreator

Ketika bekerja sama dengan konten kreator, ada banyak hal yang perlu dilakukan agar kerja sama berjalan maksimal. Salah satunya adalah membayar jasa content creator tepat waktu sesuai kesepakatan. Untuk tarifnya sendiri, memang sangat bervariasi dengan berbagai pilihan konsep yang Anda inginkan.

 

Harga pembuatan postingan Instagram dalam bentuk video tentu tarifnya lebih mahal dibandingkan dengan membayar ilustrasi atau gambar saja. Pastikan pula, apakah ada diskon atau potongan harga jika bekerja sama dalam jangka panjang. 

 

 

  1. Memanfaatkan Situs Online Creative Network

Selain melakukan pencarian secara mandiri, Anda juga bisa menemukan konten kreator terbaik di situs online. Di sana, ada beberapa rekomendasi terbaik tentang orang kreatif sesuai bidang masing-masing. Namun, pastikan pada situs tersebut mencantumkan portofolio dari masing-masing konten kreator agar Anda tak sampai salah pilih. Cara lain untuk mendapatkan content creator, Anda bisa menghubungi digital branding agency terpercaya yang sudah berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan digital berbagai brand. 

 

Itulah panduan bagi brand saat mau bekerja sama dengan content creator. Apabila menginginkan banyak keuntungan pada usaha Anda, jangan ragu menggunakannya sekarang juga.