Di era digital 4.0, yang sebentar lagi akan beralih ke era 5.0, teknologi melaju sedemikian cepat dan menuntut setiap orang ikut melakukan perubahan. Salah satu perubahan yang tampak signifikan dan berdampak adalah perubahan dalam melakukan promosi dan penjualan. 

 

Saat ini pola dan metode promosi yang dianggap paling sesuai dengan budaya digital adalah menerapkan strategi digital marketing. Salah satu komponen yang bisa menjadi penentu keberhasilan penerapan digital marketing tadi, adanya berbagai profesi pendukung, seperti content creator.

 

Pengertian dan Manfaat Keberadaan Content Creator

Pada Redcomm Knowledge sebenarnya sudah ada bahasan mengenai manfaat bekerja sama dengan konten kreator. Di sana juga telah dijelaskan secara detail pengertian content creator dan manfaatnya. Tak ada salahnya, Anda membaca artikel tersebut terlebih dahulu, baru lanjut membaca artikel ini.

 

Content creator adalah orang-orang yang memiliki kemampuan kreatif dalam membuat berbagai konten digital, dengan bentuk bisa berupa artikel evergreen, artikel SEO, foto, caption di media sosial, tweet untuk Twitter, video, microblog, dan sebagainya.

 

 

Mengingat besarnya manfaat yang akan Anda dapatkan jika bekerja sama dengan mereka, maka tak ada salahnya Anda mulai memikirkan dan mempertimbangkannya. Namun sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan konten kreator, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai panduan bekerja sama dengan content creator. Tujuannya, supaya Anda tidak salah pilih dan digital marketing campaign yang Anda jalankan bisa sukses.

 

Tips Memilih Content Creator untuk Promosi Efektif dan Tepat Sasaran

Pada artikel kali ini, Anda akan mendapatkan insight yang lebih dalam terkait hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan saat mau bekerja sama dengan content creator. Jika kebanyakan brand hanya berfokus pada jumlah followers saja, hasilnya tidak akan maksimal, mengingat ada value atau nilai-nilai yang berbeda pada setiap content creator. Nilai tersebut yang harus Anda temukan dan sesuaikan dengan brand identity dan brand of voice bisnis Anda. Beberapa tips memilih content creator yang mungkin bisa jadi pertimbangan Anda, antara lain:

 

 

  1. Sesuaikan Value yang Dimiliki Content Creator dengan Brand

Penting bagi Anda sebagai pemilik brand untuk mengetahui value yang dipegang content creator. Kesamaan value akan memudahkan proses diskusi atau negosiasi, briefing, dan pembuatan konten yang sesuai dengan target market. Selain itu, penyampaian konten kepada audience akan terasa lebih alami.

 

  1. Lihat Performa Akun Media Sosialnya

Performa akun media sosial merupakan salah satu faktor yang sangat penting dipertimbangan dalam memilih content creator. Seperti content creator Instagram, jumlah pengikut yang dimiliki tentu memiliki beberapa perbedaan. Misal pada sebuah akun dengan follower minimal 10K yang sudah bisa melakukan swipe up

 

Namun sebaiknya jangan terpaku hanya pada satu faktor, seperti jumlah followers. Banyak juga content creator yang benar-benar otentik dengan hasil profesional meski jumlah follower belum banyak.

 

Salah satu hal yang dapat dijadikan indikator tentang performa akun media sosial milik para content creator adalah nilai ER atau engagement rate. Semakin tinggi nilai ER, maka semakin baik pula performa akun tersebut. Hal ini karena nilai ER mencerminkan nilai interaksi pemilik akun dengan pengikutnya. Selain nilai ER, Anda bisa mempertimbangkan dari insight lain, misalnya impression, like, dan jumlah komentar.

 

  1. Penilaian Kualitas dari Portofolio

Penilaian kualitas dan cara kerja konten kreator juga bisa Anda lihat dari portofolio mereka. Maka sebelum mengajak content creator tertentu untuk bekerja sama, coba minta dulu portofolio mereka sehingga Anda bisa melihat secara lengkap hasil kerja yang pernah mereka lakukan.

 

Pilihan lain supaya Anda tidak salah memilih content creator untuk diajak bekerja sama, dalam hal ini juga berlaku saat Anda ingin memilih influencer yang tepat, bekerja sama saja dengan digital agency terbaik, atau menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta terpercaya. Mereka lebih berpengalaman dalam memilih content creator sekaligus menyiapkan media buying, media planning, serta social media campaign yang paling sesuai dengan bisnis Anda. 

 

Meskipun bekerja sama dengan agensi digital, Anda tetap perlu meminta portofolio, baik portofolio agensi maupun content creator yang akan diajak bekerja sama. Selain itu, siapkan budget dan KPI apa yang ingin Anda capai. 

 

Redcomm Indonesia adalah salah satu digital agency Indonesia yang bisa Anda ajak bekerja sama. Digital agency ini berhasil meraih penghargaan Gold untuk kategori Indonesia Digital Agency Of The Year 2020. Penghargaan ini adalah penghargaan Gold ke-3 yang diterima Redcomm dalam tiga tahun berturut-turut pada tahun 2018 dan 2019 meraih Gold untuk kategori Indonesia Independent Agency of the Year

 

Tidak hanya membawa satu penghargaan, Redcomm Indonesia juga meraih Silver untuk kategori Independent Agency of the Year. Beberapa brand yang saat ini ditangani oleh Redcomm di antaranya adalah Samsung, Frestea, XL Home, Mayora, OLX, Rexona, Astra, Biore dan masih banyak lagi.

 

 

  1. Perhatikan Cara Content Creator Berinteraksi dengan Followers

Manner adalah salah satu hal penting yang perlu digali saat sebuah brand melakukan kerja sama dengan content creator. Anda dapat menilai sikap mereka ketika berinteraksi dengan followers. Dari sini akan terlihat apakah mereka bisa menjadi tim yang akan membantu Anda meningkatkan branding bisnis atau tidak.

 

Demikian tips memilih content creator untuk mempromosikan bisnis Anda dengan lebih efektif dan tepat sasaran. Semoga bermanfaat.