Salah satu perubahan yang tak bisa dipungkiri di era digital saat ini adalah perubahan perilaku pelanggan yang lebih sering berbelanja online ketimbang offline.
Salah satu perubahan yang tak bisa dipungkiri di era digital saat ini adalah perubahan perilaku pelanggan yang lebih sering berbelanja online ketimbang offline.
Otomatis perubahan tersebut memberi dampak bagi pebisnis untuk melakukan hal yang sama ketika menjalankan aktivitas promosi dan pemasaran.
Saat ini pola dan metode promosi yang dianggap paling sesuai dengan budaya digital adalah menerapkan strategi digital marketing.
Nah, supaya promosi online yang Anda lakukan lebih efektif dan tepat sasaran, Anda bisa bekerja sama dengan content creator.
Apa manfaat bekerja sama dengan kreator konten? Lalu, bagaimana cara memilih content creator yang tepat? Simak ulasannya di artikel ini.
Pada Redcomm Knowledge sebenarnya sudah ada bahasan mengenai manfaat bekerja sama dengan konten kreator. Maka tak ada salahnya, Anda membaca artikel tersebut terlebih dahulu, baru lanjut membaca artikel ini.
Content creator adalah orang-orang yang memiliki kemampuan kreatif dalam membuat berbagai konten digital.
Bentuk konten yang mereka buat untuk membantu mempromosikan bisnis Anda bisa berupa artikel evergreen, artikel SEO, foto, caption di media sosial, tweet untuk Twitter, video, carousel Instagram, dan sebagainya.
Manfaat bekerja sama dengan content creator untuk mempromosikan bisnis, yaitu:
Mengingat besarnya manfaat yang akan Anda dapatkan jika bekerja sama dengan content creator, maka tak ada salahnya Anda mulai memikirkan dan mempertimbangkannya.
Namun sebelum memutuskan bekerja sama dengan mereka, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang panduan bekerja sama dengan content creator.
Tujuannya, supaya Anda tidak salah pilih dan digital marketing campaign yang Anda jalankan bisa sukses.
Jika kebanyakan brand hanya berfokus pada jumlah followers, maka hasilnya tidak akan maksimal, mengingat ada value atau nilai-nilai yang berbeda pada setiap content creator.
Nilai tersebut yang harus Anda temukan dan sesuaikan dengan brand identity dan brand of voice bisnis Anda.
Nah, berikut ini beberapa tips memilih content creator untuk mempromosikan bisnis untuk hasil yang lebih maksimal:
Penting bagi Anda sebagai pemilik brand untuk mengetahui value yang content creator anut dan pegang.
Kesamaan value memudahkan proses diskusi atau negosiasi, briefing, dan pembuatan konten yang sesuai dengan target market.
Selain itu, penyampaian konten kepada audience akan terasa lebih alami.
Performa akun media sosial merupakan salah satu faktor yang sangat penting dipertimbangan dalam memilih content creator.
Jika mau bekerja sama dengan kreator Instagram, jangan hanya melihat jumlah followers saja, tetapi lihat juga interaksi lainnya. Misalnya dari like, comment, interaksi dan percakapan yang terjadi, serta lainnya.
Cara lain, coba gunakan indikator lain seperti nilai ER atau engagement rate. Semakin tinggi nilai ER, semakin baik pula performa akun tersebut.
Hal ini karena nilai ER mencerminkan nilai interaksi pemilik akun dengan pengikutnya. Selain nilai ER, Anda bisa mempertimbangkan dari insight lain, misalnya impression, like, dan jumlah komentar.
Penilaian kualitas dan cara kerja konten kreator juga bisa Anda lihat dari portofolio mereka. Maka sebelum mengajak content creator bekerja sama, coba minta dulu portofolio mereka sehingga Anda bisa melihat secara lengkap hasil kerja yang pernah mereka lakukan.
Pilihan lain supaya Anda tidak salah memilih content creator, termasuk jika mau memilih influencer yang tepat, bekerja sama saja dengan digital agency terbaik, atau menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta terpercaya.
Mereka lebih berpengalaman dalam memilih content creator sekaligus menyiapkan media buying, media planning, serta social media campaign yang paling sesuai dengan bisnis Anda.
Meskipun bekerja sama dengan agensi digital, Anda tetap perlu meminta portofolio, baik portofolio agensi maupun content creator yang akan diajak bekerja sama. Selain itu, siapkan budget dan KPI apa yang ingin Anda capai.
Manner adalah salah satu hal penting yang perlu digali saat brand Anda ingin melakukan kerja sama dengan content creator.
Anda dapat menilai sikap mereka ketika berinteraksi dengan followers. Dari sini akan terlihat apakah mereka bisa menjadi tim yang akan membantu Anda meningkatkan branding bisnis atau tidak.
Redcomm Indonesia adalah salah satu digital agency Indonesia yang bisa Anda ajak bekerja sama. Digital marketing agency Indonesia ini berhasil meraih penghargaan Gold untuk kategori Indonesia Digital Agency Of The Year 2020.
Penghargaan ini adalah penghargaan Gold ke-3 yang diterima Redcomm dalam tiga tahun berturut-turut pada tahun 2018 dan 2019 meraih Gold untuk kategori Indonesia Independent Agency of the Year.
Tidak hanya membawa satu penghargaan, Redcomm Indonesia juga meraih Silver untuk kategori Independent Agency of the Year.
Beberapa brand yang saat ini ditangani oleh Redcomm di antaranya adalah Samsung, Frestea, XL Home, Mayora, OLX, Rexona, Astra, Biore dan masih banyak lagi.
Lalu pada tahun 2023, Redcomm Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai Digital Agency of the Year yang ke-6x dalam 6 tahun berturut-turut sejak tahun 2018.
Nah, dengan pengalaman dari Redcomm Indonesia, seharusnya Anda tak ragu lagi bekerja sama dengan mereka untuk menemukan content creator yang tepat. Tentunya agar digital campaign yang Anda selenggarakan bisa sukses besar. Ini lho Alasan Brand Perlu Bekerja Sama dengan Kreator.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC